Inilah 5 Pertandingan Terakhir Superclasico di Piala Libertadores

Kedua klub besar ini punya sejarah rivalitas tinggi

Pertandingan kedua klub Argentina antara River Plate dengan Boca Juniors atau yang biasa dikenal dengan pertandingan Superclasico ini merupakan salah satu pertandingan rivalitas sepakbola atmosfir tertinggi di sepak bola dunia. Jika dibandingkan dengan pertandingan antara Real Madrid vs Barcelona (Spanyol) dan Glasgow Celtic vs Glasgow Rangers (Skotlandia), seakan-akan kedua pertandingan ini tidak ada apa-apanya dibandingkan Superclasico.

Kedua kelompok suporter dengan rivalitas tinggi hingga menimbulkan jatuhnya korban ini membuat pertandingan kedua klub tersebut tidak boleh dilewatkan begitu saja. Ternyata pertandingan Superclasico sudah beberapa kali digelar di ajang Piala Libertadores. Berikut 5 pertandingan terakhir Superclasico di ajang tersebut.

1. Leg I Semifinal: Boca Juniors vs River Plate 1-0 (2004)

Inilah 5 Pertandingan Terakhir Superclasico di Piala Libertadoresrionegro.com.ar

Dilansir dari Worldfootball.net, Boca Juniors pada saat itu menjadi tuan rumah di leg pertama semifinal Piala Libertadores musim 2004. Ketika itu, Boca Juniors berhasil menang tipis 1-0 atas River Plate lewat gol tunggal Rolando Schiavi di menit ke-28. Dengan hasil kemenangan ini, Boca Juniors memiliki peluang untuk menang di leg kedua semifinal Piala Libertadores 2004.

2. Leg II Semifinal: River Plate vs Boca Juniors 2-1 (2004)

Inilah 5 Pertandingan Terakhir Superclasico di Piala Libertadoressuperdeportivo.elonce.com

Pada leg kedua semifinal Piala Libertadores 2004, River Plate berhasil menang atas Boca Juniors dengan skor akhir 2-1, akan tetapi Boca Juniors keluar sebagai juara setelah menang adu penalti dengan skor 5-4 dan berhak melaju ke final Piala Libertadores 2004. Gol-gol dari River Plate sendiri dicetak oleh Lucho Gonzalez di menit ke-61 dan Cristian Nasuti di menit ke-90, sedangkan gol Boca Juniors dicetak oleh Carlos Tevez di menit ke-89.

Babak adu penalti, pemain Boca Juniors, Javier Villarreal, berhasil menjadi penyelamat Boca Juniors setelah pemain River Plate, Maxi Lopez, gagal mencetak gol sehingga skor berakhir 5-4 untuk Boca Juniors.

Baca Juga: Bus Boca Junior Diteror, Laga Final Copa Libertadores Ditunda

3. Leg I Babak 16 Besar: River Plate vs Boca Juniors 1-0 (2015)

Inilah 5 Pertandingan Terakhir Superclasico di Piala Libertadoresworldfootball.net

Setelah lama tak bertemu di Piala Libertadores, pertandingan Superclasico kembali digelar di ajang ini di babak 16 besar. Pada saat itu, River Plate menang 1-0 atas Boca Juniors lewat gol tunggal Carlos Sanchez lewat titik penalti di menit ke-82. Dengan hasil ini, Boca Juniors mempunyai kesempatan untuk menang di leg kedua karena bermain di markas sendiri.

4. Leg II Babak 16 Besar: Boca Juniors vs River Plate 0-3 (WO)

Inilah 5 Pertandingan Terakhir Superclasico di Piala Libertadoresworldfootball.net

Pertandingan leg kedua babak 16 besar Piala Libertadores musim 2015 ini yang seharusnya digelar tiba-tiba memutuskan River Plate menang WO atas Boca Juniors. Ketika itu, beberapa pendukung Boca Juniors dengan sengaja menyemprot gas air mata kepada 4 pemain River Plate.

Dengan kejadian ini, pihak panitia pertandingan membatalkan pertandingan ini sehingga River Plate berhak menang WO atas Boca Juniors. Usai kejadian ini, Boca Juniors didenda sebesar 200 ribu dolar AS saat itu. Hasil ini membuat River Plate melenggang mulus ke babak perempat final.

5. Leg I Final: Boca Juniors vs River Plate 2-2 (2018)

Inilah 5 Pertandingan Terakhir Superclasico di Piala Libertadoresweltfussball.de

Final Piala Libertadores musim 2018 leg pertama telah digelar 2 minggu lalu. Hasilnya, Boca Juniors ditahan imbang 2-2 oleh River Plate. Gol-gol dari Boca Juniors dicetak oleh Ramon Abila di menit ke-34 dan Dario Benedetto di menit ke-45, sedangkan gol-gol dari River Plate dicetak oleh Lucas Pratto di menit ke-35 dan gol bunuh diri Carlos Izquierdoz di menit ke-81.

Dengan hasil ini, River Plate memiliki peluang besar untuk menang karena bertanding di markas sendiri pada leg kedua. Sayangnya, pertandingan yang seharusnya digelar pada hari Minggu ini waktu setempat ditunda karena adanya insiden suporter terhadap pemain. Belum diketahui kapan leg kedua akan digelar.

Baca Juga: Pemain Ini Bolos Sekolah Demi Bertanding di Copa Libertadores

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya