Hampir Habis Kontrak, Petr Cech Ngebet Tetap Bertahan di Arsenal

Di musim ini, Cech menjadi kiper kedua Arsenal di tiap laga

Kiper Arsenal, Petr Cech, ingin tetap bertahan di Arsenal meski belum ada yang menawarkan perpanjangan kontrak di klub asal London tersebut. Seperti yang diketahui, di musim 2018/2019, Cech menjadi kiper kedua Arsenal setelah kedatangan Bernd Leno pada awal musim ini. Bagaimana awal ceritanya?

1. Jika belum diberikan perpanjangan kontrak, Cech akan dilepas gratis pada akhir musim ini

Hampir Habis Kontrak, Petr Cech Ngebet Tetap Bertahan di Arsenaltwitter.com/Cleansheet

Dilansir dari Goal.com, kiper berusia 36 tahun ini akan menjadi pemain gratis pada bursa transfer musim panas mendatang jika sampai saat ini belum ditawarkan perpanjangan kontrak bersama Arsenal. Namun, kiper asal Republik Ceko ini mengaku ingin tetap bertahan di Arsenal dan dia tidak tertekan meski belum menerima tawaran tersebut hingga saat ini. Meski pembicaraan belum dimulai, pelatih Arsenal, Unai Emery, mempercayakan Bernd Leno sebagai kiper utama Arsenal.

Awalnya, Cech dimainkan sebagai kiper utama Arsenal sejak awal musim ini. Namun, karena cedera hamstring yang dialaminya saat menghadapi Watford pada tanggal 29 September 2018, Cech tampak kesulitan sekali menembus posisi kiper utama Arsenal dan Bernd Leno sendiri tampil semakin baik dalam mengawal gawang klubnya hingga saat ini. 

Ia berharap bisa dipercaya lagi menjadi kiper utama Arsenal dalam ajang Liga Inggris. "Saya tidak ingin merasa kasihan pada diri saya sendiri karena saya harus menunggu kesempatan untuk bermain di Liga lagi setelah cedera. Itu sangat disayangkan, tetapi itulah caranya terkadang dalam sepakbola.

"Saya sangat senang dengan cara saya bermain dan cara saya tampil sehingga mendapatkan cedera adalah saat yang sial bagi saya tetapi itu tergantung juga pada rekan anda. Jika dia mempertahankan tempatnya, maka kamu harus duduk dan menunggu. Saya terus bekerja setiap hari, saya siap untuk setiap pertandingan dan jika manajer memutuskan untuk bermain saya maka saya siap untuk menunjukkan kepadanya saya bisa," ungkap pernyataan Petr Cech seperti yang dikutip dari Standard.co.uk.

Baca Juga: Petr Cech Catatkan Rekor Baru Saat Gagalkan Penalti Pemain Watford

2. Sebelumnya, Unai Emery belum merasa yakin jika Cech bisa bertahan di Arsenal

Hampir Habis Kontrak, Petr Cech Ngebet Tetap Bertahan di Arsenaltwitter.com/SkySportsPL

Beberapa hari lalu, Unai Emery merasa tidak yakin jika Petr Cech bisa bertahan di Arsenal hingga bursa transfer musim dingin berakhir. Emery sendiri mengaku tidak tahu masa depan Cech bersama Arsenal. "Dia memulai musim ini dengan sangat baik, perilaku yang sangat baik, komitmen dan juga kinerja.

"Dan kemudian ketika dia mengalami cedera, dia memulihkan posisinya di bangku cadangan. Saya sangat senang dengannya. Kami akan berbicara di masa depan dengan pemain, tetapi saat ini saya ingin fokusnya sama di setiap latihan dan pertandingan," ungkap pernyataan Unai Emery seperti yang dikutip dari Sky Sports.

Meski didaulat sebagai kiper kedua usai penyembuhan dari cedera, Emery mengatakan Cech menghargai keputusan tersebut. "Dia menghormati keputusan kita. Komitmennya tidak berubah dengan situasi barunya.

"Aku bahagia karena kupikir kita memerlukannya. Petr memiliki pengalaman yang sangat besar. Perilakunya dengan situasinya sangat baik," ungkap pernyataan tambahan Unai Emery yang dikutip dari Sky Sports.

3. Penampilan Cech di beberapa pertandingan awal musim ini

Hampir Habis Kontrak, Petr Cech Ngebet Tetap Bertahan di Arsenaltwitter.com/SunSport

Tampil sebagai kiper utama di awal musim 2018/2019, Cech sempat merasakan 2 kekalahan beruntun di awal Liga Inggris 2018/2019 setelah kalah dari Manchester City dengan skor akhir 0-2 (12 Agustus 2018) dan kalah dari Chelsea 2-3 (18 Agustus 2018). Namun, Cech bangkit mengamankan gawang Arsenal hingga pertandingan menghadapi Watford pada tanggal 29 September 2018 yang dimana Cech mengalami cedera hamstring.

Dengan demikian, total penampilan Cech untuk sementara ini yakni 12 kali di seluruh pertandingan resmi. Kabarnya, Cech sudah diturunkan sebagai kiper utama pada pertandingan menghadapi Blackpool dalam ajang Piala Inggris yang berakhir dengan skor 3-0. Hasil ini membuat Cech tampil clean sheet atau tanpa kebobolan sama sekali di satu pertandingan.

Baca Juga: Transfer Denis Suarez ke Arsenal yang Terganjal Banyak Hal

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya