Posting Foto, Andres Iniesta Dapat Kritikan Keras dari Para Netizen

Foto tersebut menunjukkan Iniesta berpose bersama keluarga

Setelah lama tak ada kabarnya, mantan pemain Barcelona, Andres Iniesta, baru-baru ini mendapatkan kritikan keras dari para netizen. Pasalnya, foto yang menampilkan Iniesta bersama istri dan anak-anaknya ini dinilai menampilkan 2 orang berwajah hitam dan menuai kecaman. Bagaimana awal ceritanya?

1. Foto tersebut telah diunggah pada hari Minggu kemarin waktu setempat

Posting Foto, Andres Iniesta Dapat Kritikan Keras dari Para Netizentwitter.com/andresiniesta8

Dilansir dari CNN, pemain yang kini bermain di klub Jepang, Vissel Kobe, ini telah mendapatkan berbagai kritik pedas di media sosial setelah mengunggah foto dirinya berpose bersama keluarganya dengan dua orang wajah berkulit hitam. Iniesta sendiri tidak berada posisi di sebelah 2 orang berwajah hitam tersebut, akan tetapi duduk di depan sekelompok orang yang berkulit putih dalam perayaan Hari Tiga Raja di Spanyol, yang juga dikenal dengan perayaan Epifania.

Seperti yang diketahui, tradisi meriah bagi umat Kristen di Spanyol ini memperingati kunjungan orang-orang bijaksana seperti Melchior, Caspar, dan Balthazar, yang masing-masing mewakili Eropa, Arab, dan Afrika, kepada bayi Yesus yang baru lahir. Parade ini sendiri diadakan di beberapa kota dan desa di seluruh negeri dan peran Balthazar sendiri sering dimainkan oleh seorang pria berkulit putih dengan wajah hitam. 

Pemain berusia 34 tahun ini mengunggah foto tersebut pada hari Minggu, 6 Januari 2019, waktu setempat dengan mendapatkan tanggapan 24.529 menyukai dan 2.976 retweet.

2. Beberapa publik figur menyayangkan tindakan Iniesta ini

Posting Foto, Andres Iniesta Dapat Kritikan Keras dari Para Netizentwitter.com/English_AS

Dikenal sebagai sosok pemain bertalenta, tentu banyak publik yang menyanjungnya. Namun, kali ini postingan tersebut justru membuat beberapa publik figur menyayangkan tindakan Iniesta ini. Seperti seorang DJ asal Inggris, Nick Bright, tidak menyangka sebelumnya terhadap Iniesta.

"Saya tidak percaya pada tahun 2019, orang-orang terkenal masih melakukan atau ada di sekitar orang-orang melakukan "blackface" dan diunggah di Twitter, di mana teman-teman anda Iniesta? Tidak ada yang mengatakan "Andres, saya tidak berpikir ini adalah satu-satunya teman"," ungkap pernyataan Nick Bright seperti yang dikutip dari CNN.

Begitu juga dengan seorang jurnalis dan penulis bernama Musa Okwonga kecewa dengan apa yang dilakukan Iniesta saat mengambil foto dengan momen ini. "Saya suka Iniesta seperti beberapa publik figur lainnya, apalagi atlet. Dia tampaknya sangat rendah hati dan teman satu tim.

"Saya hanya ingin tahu bagaimana Anda dapat berbagi ruang ganti dan begitu banyak piala dengan Eric Abidal dan Dani Alves dan masih tidak menyadari ini tidak keren. Sangat mengecewakan," ungkap pernyataan Musa Okwonga yang dikutip dari CNN.

Sebelumnya tindakan serupa juga pernah dilakukan oleh pemain Atletico Madrid, Antoine Griezmann, pada bulan Desember 2017 dengan memposting gambar dirinya di media sosial dengan wajah hitam. Pada saat itu juga, setelah mendapatkan kecaman keras, Griezmann akhirnya meminta maaf karena ia melakukannya sebagai bagian dari kostum pesta NBA saat itu.

Baca Juga: David Villa Reuni dengan Andres Iniesta di Vissel Kobe

3. Penampilan Iniesta sejak bergabung bersama Vissel Kobe

Posting Foto, Andres Iniesta Dapat Kritikan Keras dari Para Netizentwitter.com/andresiniesta8

Sejak kepindahannya ke Jepang, nama Andres Iniesta sudah jarang terdengar. Kini, bermain di Vissel Kobe yang bergabung pada awal Juli 2018 usai Piala Dunia 2018 lalu, Iniesta tampil sebanyak 15 kali dengan 3 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi. Di klub tersebut, Iniesta tak sendiri di sana dan ditemani oleh mantan pemain timnas Jerman, Lukas Podolski, yang terlebih dahulu bermain di sana sejak awal tahun 2017 lalu.

Menanggapi berbagai kritikan dari para netizen, Iniesta masih belum melakukannya hingga saat ini ataupun mengucapkan permintaan maafnya atas postingan tersebut.

Baca Juga: Surat Terbuka Andres Iniesta Pasca Spanyol Tersingkir dari Piala Dunia

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya