Perancis Jadi Unggulan, Australia Andalkan Pengalaman van Maarwijk

#WorldCup2018 Prancis diprediksi tampil percaya diri

Timnas Prancis akan melakoni pertandingan pertama menghadapi timnas Australia di Piala Dunia 2018 Grup C, hari ini (16/6/2018). Pertandingan ini berlangsung beberapa jam lagi dan akan dimainkan di stadion Kazan Arena, Kazan, Rusia. Bagaimana preview pertandingan jelang pertandingan ini?

1. Mbappe kemungkinan akan diturunkan menghadapi Australia

Perancis Jadi Unggulan, Australia Andalkan Pengalaman van Maarwijktwitter.com/equipedefrance

Dilansir dari Foxsportsasia.com, Prancis kemungkinan akan diperkuat dengan seluruh pemain terbaiknya pada pertandingan ini, termasuk Kylian Mbappe.

Padahal sebelumnya Mbappe sempat meninggalkan latihan lebih awal setelah menerima tekel keras dari Adil Rami. Namun, pada hari kemarin Mbappe akhirnya bisa pulih dengan cepat.

Tak hanya Mbappe, Antoine Griezmann yang berada di lini depan juga kemungkinan diturunkan pada pertandingan ini, dan lini tengah yang diisi oleh Paul Pogba, N'Golo Kante, dan Ousmane Dembele semakin memperkuat permainan Perancis.

2. Pengalaman van Maarwijk di timnas Belanda bisa menjadi harapan bagi Australia

Perancis Jadi Unggulan, Australia Andalkan Pengalaman van Maarwijktwitter.com/Socceroos

Pengalaman Maarwijk di Piala Dunia sangat diperlukan bagi Australia untuk menghadapi turnamen besar ini. Ketika Maarwijk berhasil membawa Belanda mencapai babak final Piala Dunia 2010 meski hanya runner up, bukan tak mungkin Australia bisa dibuat pencapaian serupa seperti yang dilakukan Belanda tahun 2010 lalu.

Meraih hasil 2 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah beberapa minggu menjelang Piala Dunia 2018 menjadi ajang pembuktian bahwa Australia tidak bisa diremehkan, meskipun lawan-lawannya yang dihadapi adalah tim-tim Eropa.

Pada pertandingan uji coba, Australia dikalahkan oleh Norwegia dengan skor 4-1, disusul saat ditahan imbang oleh Kolombia 0-0, dan menang 2 kali secara beruntun atas Republik Ceko dengan skor 4-0 dan Hungaria dengan skor 2-1.

Maarwijk mengakui permainan Australia kini semakin berani di atas lapangan dan mencoba lebih banyak menyerang serta disiplin di lini pertahanan.

"Banyak hal yang telah berubah. Para pemainnya sama dan tentu saja tim yang memainkan pertandingan. Tetapi kami tidak akan melihat Australia melakukan umpan bola ke atas lapangan. Mereka sekarang mencoba bermain di lapangan, dan mereka lebih berpikiran menyerang dan lebih disiplin. Ia juga mengubah pertahanan, menggunakan empat di belakang, bukan tiga dalam pertahanan, atau bahkan lima, seperti biasanya. Mereka terorganisasi dengan baik," ungkap van Maarwijk, seperti yang dikutip dari Foxsportsasia.com.

Untuk masalah pemain yang diturunkan, kemungkinan pemain veteran Australia, Aaron Mooy, akan diturunkan pada pertandingan ini serta pemain termuda lainnya di turnamen ini, Daniel Arzani, diperkirakan akan menjadi pemain pengganti pada pertandingan ini.

3. Masalah ranking, Prancis sangat unggul jauh atas Australia

Perancis Jadi Unggulan, Australia Andalkan Pengalaman van Maarwijktwitter.com/equipedefrance

Dilansir dari Fifa.com, rangking FIFA Perancis sangat unggul jauh dibandingkan dengan Australia. Pasalnya, Prancis saat ini menempati rangking 7 FIFA. Sedangkan Australia sendiri hanya menempati rangking 36.

Akan tetapi, ranking yang diperoleh Australia terasa spesial. Karena ini merupakan peringkat terbaik yang diraih di kawasan sepak bola Asia saat ini. Jika dilihat dari peringkat, Prancis jauh diunggulkan untuk menang pada pertandingan kali ini.

Sebaliknya, jika Prancis lengah, bukan tak mungkin Australia membuat kejutan besar dengan menumbangkan runner up Piala Eropa 2016 di pertandingan perdana.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani
  • Indra Zakaria
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya