Andreas Cunha Ditunjuk Pimpin Laga Prancis vs Belgia, Ini Profilnya

#WorldCup2018 Menorehkan catatan penting di Piala Dunia

Wasit asal Uruguay, Andres Cunha, resmi ditunjuk sebagai wasit yang memimpin pertandingan antara Prancis vs Belgia. Sebelum memimpin pertandingan ini, Cunha ternyata pernah menorehkan catatan bersejarah di Piala Dunia 2018. Berikut profil lengkap mengenai Andres Cunha?

1. Cunha memulai karier sebagai wasit di usia emas

Andreas Cunha Ditunjuk Pimpin Laga Prancis vs Belgia, Ini Profilnyatwitter.com/ZeeNews

Dilansir dari Soccerway.com, Andres Cunha memulai kariernya sebagai wasit profesional di usia emas, yakni saat berusia 34 tahun. Tergolong telat untuk mengawali kariernya sebagai wasit, namun justru di balik itulah karier Cunha semakin cemerlang. Mengawali karier sebagai wasit pada tahun 2010 lalu dengan memimpin pertandingan-pertandingan di kompetisi Liga Uruguay, tak butuh waktu lama tepatnya di tahun 2013, Cunha berhasil mendapatkan lisensi FIFA sehingga bisa diberikan kesempatan memimpin berbagai pertandingan internasional hingga saat ini.

2. Menjadi wasit pertama yang memutuskan penalti lewat teknologi VAR

Andreas Cunha Ditunjuk Pimpin Laga Prancis vs Belgia, Ini Profilnyatwitter.com/StarTimesUganda

Dilansir dari Standard.co.uk, Cunha menjadi wasit pertama yang memberikan penalti melalui teknologi VAR yang baru pertama kali digunakan di Piala Dunia 2018. Ketika itu, Cunha memberikan penalti kepada Prancis yang berujung pada gol Antoine Griezmann pada saat itu. Tak hanya itu, ini menjadi pertandingan ke-5 yang melibatkan Cunha selama di Piala Dunia 2018, dimana 3 pertandingan sebagai wasit pertandingan (Prancis vs Australia, Iran vs Spanyol, dan Prancis vs Belgia) serta 2 pertandingan sebagai fourth official (Belgia vs Tunisia dan Meksiko vs Swedia).

3. Sebanyak 6 kartu kuning sudah dikeluarkan oleh Cunha selama Piala Dunia 2018

Andreas Cunha Ditunjuk Pimpin Laga Prancis vs Belgia, Ini Profilnyatwitter.com/infosportplus

Cunha telah mengeluarkan 6 kartu kuning selama menjadi wasit pemimpin pertandingan di Piala Dunia 2018. Pada pertandingan Prancis vs Australia, Cunha mengeluarkan 4 kartu kuning yang ditujukan kepada Corentin Tolisson (Prancis), Aziz Behich, Joshua Risdon, dan Matthew Leckie (Australia). Serta di pertandingan Iran vs Spanyol, Cunha telah mengeluarkan 2 kartu kuning yang semuanya ditujukan kepada pemain Iran, yakni Omid Ebrahimi dan Vahid Amiri.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya