Tak Lolos Liga Champions, Mancini Mundur Dari Zenit St Petersburg

Akankah menjadi pelatih timnas Italia berikutnya?

Pelatih asal Italia, Roberto Mancini, resmi menyatakan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Zenit St Petersburg, usai gagal membawanya lolos ke Liga Champions Eropa musim depan. Namun, mundurnya ia dari Zenit St Petersburg ini, justru beriringan dengan Mancini jadi kandidat kuat calon pelatih timnas Italia berikutnya. Benarkah demikian?

1. Rentetan hasil imbang memengaruhi hasil akhir Zenit

Tak Lolos Liga Champions, Mancini Mundur Dari Zenit St Petersburgtwitter.com/1milyonhaber

Dilansir dari Espnfc.com, Zenit sendiri saat ini menempati posisi ke-5 klasemen sementara. Mancini sendiri baru saja menjalani pertandingan terakhirnya bersama Zenit setelah menang atas klub terdegradasi, SKA-Khabarovsk, dengan skor yang sangat telak 6-0.

Kemenangan telak ini menjadi kemenangan spesial bagi Mancini yang memutuskan mundur dari jabatannya, setelah gagal membawa Zenit lolos ke Liga Champions Eropa musim depan.

Dengan demikian, Mancini bertanggung jawab atas kegagalan membawa Zenit lolos ke kompetisi tertinggi di Eropa ini dan sepakat mundur dari jabatannya. Sebelum dimulainya pertandingan, pihak klub memberikan pernyataan resmi terkait ini.

"Zenit dan Roberto Mancini sepakat untuk mengakhiri kontrak manajer lebih awal. Kontrak akan diakhiri dengan kesepakatan bersama tanpa adanya kompensasi yang harus dibayar. Pihak klub berharap Roberto Mancini yang terbaik pada masa depannya serta berterima kasih atas dedikasinya di St Petersburg," ungkap pihak klub saat memberikan pernyataan secara resmi, yang dikutip dari Espnfc.com.

2. Kabar Mancini yang tertarik melatih timnas Italia

Tak Lolos Liga Champions, Mancini Mundur Dari Zenit St Petersburgtwitter.com/UlimwenguSoka

Roberto Mancini masuk dalam kandidat terkuat pelatih timnas Italia berikutnya. Saat ini, pelatih timnas Italia dijabat oleh pelatih interim, Luigi Di Biagio. Dengan mundurnya Mancini semakin menguatkan sinyal bahwa ia tertarik untuk melatih timnas Italia.

Beberapa waktu lalu, Mancini sempat mengadakan pembicaraan dengan pihak federasi sepak bola Italia, FIGC. Akan tetapi, sampai saat ini Mancini belum memberikan komentar terkait ini.

3. Mancini bergabung bersama Zenit sejak awal musim 2017/2018

Tak Lolos Liga Champions, Mancini Mundur Dari Zenit St Petersburgtwitter.com/Baba_Spor

Dilansir dari Soccerbase.com, Mancini datang ke Zenit St Petersburg pada awal musim 2017/2018 menggantikan pelatih sebelumnya, Mircea Lucescu, yang dipecat setelah gagal masuk Liga Champions Eropa musim 2017/2018.

Dengan kedatangan Mancini sendiri diharapkan mampu memperbaiki serta membawa Zenit menjadi juara Liga Rusia musim ini. Namun apa daya, dari rentetan hasil imbang yang diraih ini sendiri justru membuat Zenit terus berada di posisi 5 sejak beberapa pekan terakhir ini.

Selain di Liga Rusia, prestasi Zenit di musim ini tidak terlalu membaik. Pada kompetisi Piala Rusia sendiri Zenit harus berakhir di babak 32 besar. Sedangkan kompetisi Liga Eropa justru harus terhenti di babak 16 besar.

Rentetan hasil minor inilah yang membuat Mancini berpikir ulang untuk memperpanjang kontraknya bersama Zenit. Rekor kemenangan Mancini sendiri diperoleh selama melatih Zenit. Yakni 22 kali menang, 13 kali seri, dan 9 kali kalah dari 43 pertandingan di seluruh kompetisi resmi hingga saat ini.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya