Demi Olimpiade 2020, Mohamed Salah Lewatkan Tur Pra-Musim Liverpool

Ini menjadi ajang Olimpiade kedua bagi Mohamed Salah

Pemain Liverpool, Mohamed Salah, dikabarkan akan melewatkan tur pra-musim bersama Liverpool menjelang musim 2020/2021 demi ajang Olimpiade 2020. Ini menjadi ajang Olimpiade kedua bagi Mohamed Salah sepanjang kariernya. Bagaimana awal ceritanya?

1. Mohamed Salah menjadi pemain senior di timnas U-23 Mesir

Demi Olimpiade 2020, Mohamed Salah Lewatkan Tur Pra-Musim Liverpooleurosport.co.uk

Dilansir dari goal.com, Mohamed Salah menjadi salah satu pemain yang bakal masuk ke dalam skuad timnas Mesir U-23 di ajang Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang. Mohamed Salah bakal menjadi salah satu pemain senior yang berada di skuad tersebut. Pelatih timnas Mesir U-23, Shawky Gharib, mengungkapkan bahwa Salah merupakan satu-satunya pemain senior yang disetujui karena Salah merupakan salah satu pemain top dunia saat ini.

Ia juga mengakui belum membicarakannya kepada Salah sampai saat ini, tetapi dengan keikutsertaan Salah di skuad timnas Mesir U-23 menambah sedikit kepercayaan diri serta akan membutuhkan sedikit usaha darinya.

2. Pelatih Liverpool menilai ajang Olimpiade merupakan "hal yang indah"

Demi Olimpiade 2020, Mohamed Salah Lewatkan Tur Pra-Musim Liverpoolhitc.com

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menilai ajang Olimpiade merupakan hal yang indah sekaligus menilai tidak terlalu keren jika Salah tampil di Olimpiade. Dengan demikian, Klopp untuk sementara kehilangan Salah di mana Liverpool sedang menjalani pra-musim menjelang musim 2020/2021. Tak sampai di situ saja, jika timnas Mesir berhasil melanjutkan hingga babak final, bukan tak mungkin Salah akan melewatkan pertandingan perdana Premier League musim depan.

Baca Juga: Duet Salah dan Mane Kembali Mengantarkan Liverpool Menang

3. Setiap timnas yang tampil di Olimpiade diperbolehkan membawa 3 pemain senior

Demi Olimpiade 2020, Mohamed Salah Lewatkan Tur Pra-Musim Liverpoollonelyplanet.com

Seperti yang diketahui, dalam ajang Olimpiade, ada sebuah aturan di mana setiap timnas yang tampil di ajang tersebut berhak membawa setidaknya maksimal 3 pemain senior dari 23 pemain yang dibawa. Seperti pada ajang Olimpiade 2012 lalu, timnas Britania Raya yang bertindak sebagai tuan rumah memanggil Ryan Giggs, yang ketika itu sudah menginjak usia 38 tahun, tampil di ajang pesta olahraga terbesar di dunia itu

Untuk saat ini, timnas Mesir U-23 masih belum memastikan 2 nama pemain senior selain Mohamed Salah yang tampil di Tokyo.

4. Kiprah Mohamed Salah saat tampil di Olimpiade 2012

Demi Olimpiade 2020, Mohamed Salah Lewatkan Tur Pra-Musim Liverpoolzimbio.com

Mohamed Salah sebelumnya pernah tampil di ajang Olimpiade, tepatnya pada tahun 2012 lalu. Ketika itu, Mohamed Salah masih menginjak usia 20 tahun dan merupakan salah satu pemain andalan timnas Mesir U-23. Di Olimpiade 2012, timnas Mesir U-23 tersingkir di babak perempatfinal setelah takluk dari timnas Jepang U-23 dengan skor akhir 0-3. 

Di Olimpiade 2020, Mohamed Salah berpeluang untuk mencetak prestasi terbaiknya bersama timnas Mesir U-23 dengan meraih medali. 

5. Perjalanan timnas Mesir U-23 di babak kualifikasi Olimpiade 2020

Demi Olimpiade 2020, Mohamed Salah Lewatkan Tur Pra-Musim Liverpoolcairoscene.com

Perjalanan timnas Mesir U-23 di babak kualifikasi Olimpiade 2020 dimulai saat tampil di turnamen Africa U-23 Cup of Nations dengan berada di Grup A. Bertindak sebagai tuan rumah, timnas Mesir sukses menjadi juara Grup A dengan raihan poin sempurna. Setelahnya, timnas Mesir U-23 memastikan diri lolos ke Olimpiade 2020 usai mengalahkan timnas Afrika Selatan U-23 dengan skor akhir 3-0 di babak semifinal.

Tak sampai di babak semifinal, timnas Mesir U-23 berhasil keluar sebagai juara Africa U-23 Cup of Nations 2019 usai mengalahkan timnas Pantai Gading U-23 dengan skor akhir 2-1. Perjalanan timnas Mesir U-23 di babak kualifikasi Olimpiade dari babak awal hingga juara berhasil diraih dengan hasil yang sempurna tanpa mengalami kekalahan satu pun di satu pertandingan.

Semoga dengan kehadiran Mohamed Salah di timnas Mesir U-23 berhasil menciptakan sejarah baru dengan meraih pencapaian tertinggi di Olimpiade.

Baca Juga: 10 Potret Keren dan Kece Bintang Liverpool, Mohamed Salah

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya