Diincar Chelsea dan Liverpool, Sander Berge Gabung Sheffield United 

Klub promosi tersebut memecahkan rekor transfer mereka

Menjadi incaran Chelsea dan Liverpool, pemain asal Norwegia, Sander Berge, memutuskan bergabung dengan Sheffield United menjelang penutupan bursa transfer musim dingin ini. Tak hanya itu saja, Sheffield United berhasil memecahkan rekor transfer mereka senilai 20 juta poundsterling atau setara dengan Rp357,2 miliar. Bagaimana awal ceritanya?

1. Berge dikontrak oleh Sheffield United hingga akhir musim 2023/2024

Diincar Chelsea dan Liverpool, Sander Berge Gabung Sheffield United thestar.co.uk

Dilansir dari goal.com, Sheffield United resmi mengikat Sander Berge dengan kontrak hingga akhir musim 2023/2024 setelah didatangkan dari klub sebelumnya, Genk. Pelatih Sheffield United, Chris Wilder, menyebut keberhasilan mendatangkan Berge tak terlepas dari dukungan para petinggi klub yang ingin mendatangkan pemain berkualitas sekelas Berge. Tak hanya itu, Berge sendiri sebelumnya pernah bermain di kompetisi antar klub Eropa, terutama kompetisi UEFA Champions League bersama Genk.

2. Sheffield United memantau Berge sejak beberapa bulan lalu

Diincar Chelsea dan Liverpool, Sander Berge Gabung Sheffield United facebook.com/sheffieldunited

Sheffield United diketahui telah memantau permainan pemain asal Norwegia ini sejak beberapa bulan lalu. Menurut Chris Wilder, Berge dinilai pemain yang bisa meningkatkan kualitas tim dan ia merasa senang jika Berge mau bermain bersama Sheffield United dalam beberapa tahun ke depan. Setelah bergabung, Sheffield United memberikan nomor punggung 32 sebagai jersey barunya.

Baca Juga: Sergio Aguero Bawa Manchester City Menang Atas Sheffield United

3. Sebelumnya, Liverpool dan Chelsea berusaha mendatangkan Berge jelang pembukaan bursa transfer musim dingin

Diincar Chelsea dan Liverpool, Sander Berge Gabung Sheffield United beinsports.com

Dua klub besar Inggris, Chelsea dan Liverpool, sebelumnya tertarik mendatangkan Berge menjelang pembukaan bursa transfer musim dingin. Saat itu, Chelsea berpeluang besar mendapatkan Berge dengan alasan memiliki hubungan kuat dengan Genk, di mana berhasil mendatangkan pemain dari akademi mereka, seperti Kevin de Bruyne dan Thibaut Courtois.

Sedangkan untuk Liverpool sendiri sebelumnya sudah memantau Berge secara langsung saat Liverpool menghadapi Genk di ajang UEFA Champions League musim ini. Penampilan Berge saat menghadapi Liverpool membuat pihak Liverpool tertarik mendatangkan Berge ke Anfield di busa transfer musim dingin. Sayangnya, rencana kedua klub ini harus kandas setelah Sheffield United berhasil mendapatkan jasa Berge.

4. Masih berusia 21 tahun, Berge beberapa kali dipanggil oleh timnas senior Norwegia

Diincar Chelsea dan Liverpool, Sander Berge Gabung Sheffield United nettavisen.no

Meski baru berusia 21 tahun, Berge sudah beberapa kali dipanggil oleh timnas senior Norwegia di berbagai pertandingan internasional resmi. Tercatat, Berge sudah tampil untuk timnas Norwegia sebanyak 20 kali dengan 1 gol yang dicetaknya di seluruh pertandingan resmi. Satu-satunya gol yang dicetak oleh Berge terjadi pada saat Norwegia berhasil mengalahkan Malta di ajang Euro 2020 Qualifier dengan skor akhir 2-0 pada bulan September 2019 lalu.

Ketika itu, Sander Berge berhasil mencetak gol pertama untuk Norwegia pada menit ke-33. Berge sendiri bersama timnas Nowergia berpeluang membawa negaranya lolos ke Euro 2020 melalui babak play-off.

5. Beberapa klub yang pernah dibela Berge sepanjang kariernya

Diincar Chelsea dan Liverpool, Sander Berge Gabung Sheffield United skysports.com

Seperti yang diketahui, Berge memulai karier profesionalnya saat masih berusia 17 tahun. Beberapa klub yang pernah dibela oleh Berge seperti Valeranga (Norwegia) dan Genk (Belgia). Pada musim ini, Berge telah tampil sebanyak 31 kali dengan 4 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi.

Seperti yang diketahui, Sheffield United masih berpeluang lolos ke kompetisi antar klub Eropa, seperti ajang UEFA Europa League atau UEFA Champions League musim depan. Bahkan, Berge dikabarkan akan melangsungkan debutnya pada akhir pekan ini dengan menghadapi Crystal Palace pada tanggal 1 Februari 2020 di ajang Premier League.

Akankah Berge berhasil membawa Sheffield United melaju ke kompetisi antar klub Eropa? Hasil tersebut bisa dilihat di klasemen akhir musim ini.

Baca Juga: Manchester City Menang Tipis Atas Sheffield, Ini 5 Fakta Menariknya!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya