Debutan Pertama Panama Lawan Belgia, 3 Fakta ini Menarik Untuk Disimak

#WorldCup2018 Panama jangan diremehkan

Pertemuan antara Belgia vs Panama yang akan digelar pada hari ini (18/6/2018) menjadi pertandingan yang menarik. Pasalnya, Panama datang ke Rusia berstatus sebagai debutan di ajang Piala Dunia selain Islandia.

Tampil di ajang Piala Dunia bagi mereka merupakan prestasi sepak bola terbaik sepanjang sejarah mereka. Berikut fakta-fakta menarik menjelang pertandingan Belgia vs Panama.

1. Belgia datang ke Rusia berstatus sebagai tim tak terkalahkan di kualifikasi Piala Dunia 2018

Debutan Pertama Panama Lawan Belgia, 3 Fakta ini Menarik Untuk Disimakfifa.com

Dilansir dari BBC, Belgia datang ke Rusia berstatus sebagai tim tak terkalahkan di kualifikasi Piala Dunia 2018 bersama Inggris, Jerman, dan Spanyol. Dilansir dari Soccerway.com, Belgia memperoleh rekor kemenangan 9 kali menang, 1 kali seri, dan tidak pernah mengalami kekalahan dari 10 pertandingan kualifikasi.

Hasil seri didapat saat Belgia menghadapi Yunani pada Maret 2017 lalu. Belgia tergabung di Grup H bersama Bosnia Herzegovina, Yunani, Siprus, Estonia, dan Gibraltar.

2. Gabriel Torres dan Roman Torres menjadi top skor Panama di babak kualifikasi Piala Dunia 2018

Debutan Pertama Panama Lawan Belgia, 3 Fakta ini Menarik Untuk Disimakfifa.com

Kedua pemain Panama, Gabriel Torres dan Roman Torres, menjadi top skorer timnas Panama di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan torehan 2 gol. Meskipun sedikit, solidnya Panama untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018 dengan menyingkirkan Amerika Serikat, Trinidad & Tobago, serta Honduras patut diacungi jempol.

Bahkan menjelang pertandingan-pertandingan terakhir saja, Panama hampir saja dipastikan tidak lolos setelah kalah poin dari Honduras dan Amerika Serikat.

3. Belgia hanya alami satu kali kekalahan di pertandingan pembuka

Debutan Pertama Panama Lawan Belgia, 3 Fakta ini Menarik Untuk Disimaktwitter.com/ThomMills

Fakta yang satu ini menjadi keuntungan bagi Belgia, karena Belgia hanya mengalami 1 kali kekalahan di pertandingan pembuka Piala Dunia dari 13 kali tampil di sana. Satu-satunya kekalahan terjadi pada saat menjalani pertandingan pembuka Piala Dunia 1986 saat bertemu Meksiko dimana kalah dengan skor akhir 1-2.

4. Pelatih Panama menjadi pelatih keempat yang memimpin tiga negara berbeda di Piala Dunia

Debutan Pertama Panama Lawan Belgia, 3 Fakta ini Menarik Untuk Disimaktwitter.com/Sachk0

Pelatih Panama, Hernan Dario Gomez, menjadi pelatih keempat yang melatih tiga negara berbeda di ajang Piala Dunia, dilansir dari Soccerway.com. Ajang ini sudah tak asing lagi bagi pelatih asal Kolombia karena ia pernah melatih Kolombia di Piala Dunia 1998, dan Ekuador di Piala Dunia 2002.

Datang ke Panama sebagai pelatih pada tahun 2014, Hernan Dario Gomez berhasil mewujudkan seluruh mimpi penggemar sepak bola Panama setelah berhasil membawa lolos ke Piala Dunia 2018.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya