Takluk dari RB Leipzig 0-1, Peluang Tottenham Lolos Semakin Berat

Pertandingan ini berlangsung di markas Tottenham Hotspur

Sebuah kejutan terjadi di pertandingan babak 16 besar UEFA Champions League antara wakil Inggris, Tottenham Hotspur, menghadapi wakil Jerman, RB Leipzig, yang berakhir dengan kemenangan RB Leipzig dengan skor akhir 1-0. Pertandingan ini sendiri berlangsung di stadion Tottenham Hotspur Stadium. Bagaimana proses jalannya laga?

1. Tottenham Hotspur kesulitan menembus wilayah pertahanan RB Leipzig

Takluk dari RB Leipzig 0-1, Peluang Tottenham Lolos Semakin Berattottenhamhotspur.com/

Dilansir dari The Guardian, bermain di markas sendiri ternyata membuat Tottenham Hotspur kesulitan menembus wilayah pertahanan RB Leipzig. Tanpa diperkuat Son Heung-Min yang mengalami cedera, otomatis lini depan diandalkan oleh Lucas Moura dan Dele Alli. Alhasil, peluang-peluang yang diciptakan Tottenham Hotspur justru gagal dikonversikan menjadi gol.

Sebaliknya, RB Leipzig justru selalu menggempur pertahanan Tottenham Hotspur di babak pertama. Kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris, tampil memukau dan merepotkan para pemain depan RB Leipzig sehingga skor imbang 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

2. Gol Timo Werner melalui titik penalti membawa RB Leipzig unggul di leg pertama

Takluk dari RB Leipzig 0-1, Peluang Tottenham Lolos Semakin Berattwitter.com/ChampionsLeague

Pada babak kedua, RB Leipzig terus melakukan serangan demi serangan untuk menciptakan keunggulan terlebih dahulu. Pelanggaran yang dilakukan pemain Tottenham Hotspur, Ben Davies, terhadap pemain RB Leipzig, Konrad Laimer, di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih untuk RB Leipzig. Timo Werner yang ditunjuk sebagai penendang sukses melakukan tugasnya dengan sempurna pada menit ke-56 sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan RB Leipzig.

Usai gol tersebut, Tottenham Hotspur melakukan 2 pergantian pemain demi menyamakan kedudukan. Sayangnya, cara yang dilakukan Tottenham Hotspur gagal meningkatkan serangan hingga menjelang pertandingan berakhir. Skor tetap bertahan 1-0 untuk RB Leipzig hingga babak kedua berakhir dan hasil ini membuat peluang Tottenham Hotspur lolos ke babak perempat final semakin berat.

Baca Juga: Krisis Striker, Tottenham Hotspur Tak Berdaya Hadapi RB Leipzig di UCL

3. RB Leipzig berpeluang menciptakan sejarah besar

Takluk dari RB Leipzig 0-1, Peluang Tottenham Lolos Semakin Berattwitter.com/DieRotenBullen

Tak ada yang menyangka RB Leipzig bisa mengalahkan Tottenham Hotspur pada leg pertama babak 16 besar dan itu terjadi di markas lawan. Peluang RB Leipzig lolos ke perempat final semakin terbuka lebar karena leg kedua akan berlangsung di markas RB Leipzig, Red Bull Arena, pada tanggal 10 Maret 2020 ini. Hanya dengan skor imbang atau menang tipis mampu mengantarkan RB Leipzig menciptakan sejarah baru di ajang UEFA Champions League.

4. Ini adalah kekalahan ketiga Tottenham Hotspur di ajang UEFA Champions League musim ini

Takluk dari RB Leipzig 0-1, Peluang Tottenham Lolos Semakin Berattottenhamhotspur.com

Kekalahan Tottenham Hotspur di pertandingan ini merupakan kekalahan ketiga di ajang UEFA Champions League musim ini. Sebelumnya, kekalahan tersebut terjadi saat bertemu dengan Bayern Munich pada tanggal 1 Oktober 2019 dengan skor akhir 2-7 dan kembali kalah dari Bayern Munich pada tanggal 11 Desember 2019 dengan skor akhir 1-3. Uniknya, seluruh kekalahan yang dialami Tottenham Hotspur berasal dari klub Jerman.

Tampaknya, klub Jerman menjadi momok yang menakutkan bagi Tottenham Hotspur pada musim ini. Di leg kedua, untuk bisa lolos ke perempat final, Tottenham Hotspur setidaknya harus menang 2-0 atau setidaknya unggul dengan margin 2 gol di markas RB Leipzig.

5. Laga berikutnya bagi kedua tim

Takluk dari RB Leipzig 0-1, Peluang Tottenham Lolos Semakin Berattwitter.com/DieRotenBullen

RB Leipzig akan menghadapi laga berikutnya di ajang Bundesliga 2019/2020 dengan menghadapi Schalke 04 pada tanggal 22 Februari 2020, sedangkan Tottenham Hotspur dijadwalkan menghadapi laga berat dengan bertemu Chelsea pada tanggal yang sama di ajang Premier League 2019/2020. Kedua tim juga sama-sama berpeluang lolos ke UEFA Champions League musim depan setelah sama-sama berada di posisi 4 besar klasemen sementara masing-masing kompetisi domestik.

Akankah Tottenham Hotspur mampu membalikkan keadaan sekaligus lolos ke perempat final atau RB Leipzig yang berhasil menciptakan sejarah klub?

Baca Juga: Jalani Laga Big Match, Bayern Munich Ditahan Imbang RB Leipzig 0-0

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya