3 Tim Afrika yang Pernah Meraih Hasil Terbaik di Piala Dunia

Yang paling fenomenal saat edisi Piala Dunia 2002

Piala Dunia 2018 sebentar lagi akan dimulai. Biasanya, tim-tim dari Amerika Selatan dan Eropa begitu mendominasi turnamen terbesar sepak bola di dunia ini. Akan tetapi, tim-tim dari benua Afrika justru sempat membuat kejutan besar dengan mencapai babak perempat final.

Kira-kira tim mana saja yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

1. Kamerun (Piala Dunia 1990)

3 Tim Afrika yang Pernah Meraih Hasil Terbaik di Piala Duniatwitter.com/golazoargentino

Dilansir dari Fifa.com, Kamerun telah membuat kejutan besar setelah berhasil mencapai babak perempat final Piala Dunia 1990. Di ajang ini, Kamerun berhasil mengalahkan juara Piala Dunia 1986, Argentina, pada pertandingan pembuka dan keluar sebagai juara Grup B.

Petualangan Kamerun justru harus terhenti oleh Inggris yang berhasil mengalahkannya di babak perempatfinal dengan skor akhir 3-2. Meski demikian, Kamerun berhasil menjadi sebagai timnas asal benua Afrika pertama yang mampu mencapai babak perempat final Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2018, sayangnya Kamerun absen karena gagal lolos dari babak kualifikasi.

2. Senegal (Piala Dunia 2002)

3 Tim Afrika yang Pernah Meraih Hasil Terbaik di Piala Duniatwitter.com/WeLoveBettingUK

Senegal yang pada saat itu berstatus sebagai tim debutan ini tampil sangat meyakinkan di Piala Dunia 2002. Sama seperti Kamerun di Piala Dunia 1990, Senegal sukses mengalahkan juara Piala Dunia 1998, Prancis, dengan skor 1-0 di partai pembuka Piala Dunia 2002.

Dengan kemenangan ini, Senegal berhasil menempati posisi runner up Grup A dan berhak melaju ke babak berikutnya. Sayangnya, Senegal harus tersingkir di Piala Dunia di babak perempat final setelah kalah dari Turki dengan skor akhir 0-1.

Di Piala Dunia 2018, Senegal juga tampil pada ajang ini.

3. Ghana (Piala Dunia 2010)

3 Tim Afrika yang Pernah Meraih Hasil Terbaik di Piala Duniatwitter.com/betcoza

Pada ajang Piala Dunia 2010, Ghana sukses berhasil mencapai babak perempat final. Ghana sukses lolos dari fase grup setelah menempati posisi runner-up Grup D. Sebenarnya, Ghana hampir saja lolos ke babak semifinal setelah insiden handsball oleh pemain timnas Uruguay, Luis Suarez, yang membuatnya di kartu merah.

Insiden ini bukanlah handsball biasa. Sebab pemain timnas Ghana, Stephen Appiah, seharusnya bisa mencetak gol, akan tetapi sengaja Suarez menepis bola tersebut. Setelah insiden itu, Gyan yang sebagai eksekutor penalti justru gagal mencetak gol dan tersingkir lewat babak adu penalti.

Di Piala Dunia 2018, Ghana harus absen setelah gagal lolos dari babak kualifikasi.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya