Menang Telak atas Tottenham, RB Leipzig Unggul dengan Agregat 4-0

Tottenham masih melanjutkan rekor tak pernah menang

Wakil Jerman, RB Leipzig, berhasil melaju ke babak perempat final UEFA Champions League 2019/2020 setelah mengalahkan wakil Inggris, Tottenham Hotspur, dengan skor akhir 3-0 sekaligus agregat 4-0. Dengan demikian, Tottenham Hotspur masih melanjutkan rekor tak pernah menang dalam 6 pertandingan terakhir. Bagaimana jalannya pertandingan?

1. Marcel Sabitzer berhasil menyarangkan 2 gol di babak pertama

Menang Telak atas Tottenham, RB Leipzig Unggul dengan Agregat 4-0twitter.com/ChampionsLeague

Dilansir dari goal.com, RB Leipzig memiliki peluang besar untuk bisa lolos ke babak perempat final setelah berhasil unggul 1-0 di leg pertama. Bermain di depan publik sendiri, RB Leipzig berhasil unggul terlebih dahulu melalui Marcel Sabitzer pada menit ke-10 setelah memperoleh assist dari Timo Werner sehingga skor menjadi 1-0 untuk keunggulan RB Leipzig atas Tottenham Hotspur. Tak lama kemudian, Marcel Sabitzer kembali mencetak gol keduanya di pertandingan ini setelah meneruskan assist dari Angelino pada menit ke-21 dan skor berubah menjadi 2-0 untuk RB Leipzig.

Setelah gol tersebut, Tottenham Hotspur mulai mencoba melakukan berbagai serangan ke gawang RB Leipzig. Usaha tersebut justru berakhir dengan gagal mengonversikan menjadi gol dan skor tetap bertahan 2-0 untuk RB Leipzig atas Tottenham Hotspur.

2. Anak asuhan Jose Mourinho berusaha mengejar ketertinggalan sepanjang babak kedua

Menang Telak atas Tottenham, RB Leipzig Unggul dengan Agregat 4-0uefa.com

Di babak kedua, Tottenham Hotspur yang sudah tertinggal 3 gol secara agregat berusaha untuk bisa mengejar ketertinggalan. Memainkan Giovani Lo Celso dan Ryan Sessegnon di lini depan rupanya Tottenham masih gagal menciptakan gol di pertandingan ini. Di saat anak asuhan Jose Mourinho berusaha mencetak gol, RB Leipzig justru kembali menambah keunggulan melalui Emil Forsberg pada menit ke-87 sehingga skor berubah menjadi 3-0 untuk RB Leipzig.

Wasit akhirnya meniup peluit menandakan berakhirnya babak kedua sehingga skor agregat menjadi 4-0 untuk kemenangan RB Leipzig atas Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Tottenham Hotspur Ditekuk Leipzig, Mourinho Pastikan Ada Pembalasan 

3. RB Leipzig akhirnya merasakan perempat final UEFA Champions League untuk pertama kalinya

Menang Telak atas Tottenham, RB Leipzig Unggul dengan Agregat 4-0uefa.com

Setelah tampil di musim kedua pada ajang UEFA Champions League, RB Leipzig akhirnya merasakan perempat final yang pertama di mana pada musim pertama, tepatnya di musim 2017/2018, harus terhenti di babak fase grup saat itu. Kini, RB Leipzig tampil dengan kekuatan baru dan tentunya bisa mengancam klub-klub unggulan Eropa saat ini, sebut saja Real Madrid, Liverpool, dan Barcelona.

Sebelumnya, pencapaian terbaik RB Leipzig di kompetisi antar klub Eropa yakni pada saat mencapai perempat final UEFA Europa League di musim yang sama. Ketika itu, RB Leipzig dikalahkan oleh wakil Prancis, Marseille, dengan skor agregat 3-5. 

4. Beberapa catatan menarik tentang RB Leipzig vs Tottenham Hotspur

Menang Telak atas Tottenham, RB Leipzig Unggul dengan Agregat 4-0uefa.com

Beberapa catatan menarik yang perlu diketahui usai pertandingan RB Leipzig vs Tottenham Hotspur.

  • Ini adalah pencapaian rekor tak pernah menang terbanyak secara beruntun yang dialami oleh Jose Mourinho selama kariernya sebagai seorang pelatih dengan perolehan 2 kali seri dan 4 kali kalah dari 6 pertandingan terakhirnya.
  • Tottenham Hotspur telah merasakan kekalahan agregat lebih dari 4 gol sebanyak 3 kali di babak sistem gugur kompetisi antar klub Eropa. Pertama kali terjadi pada musim 2010/2011 saat Tottenham Hotspur kalah agregat 0-5 dari Real Madrid di babak perempatfina UEFA Champions League saat itu. Kekalahan kedua terjadi di mana Tottenham Hotspur kalah agregat 1-5 dari Borussia Dortmund pada ajang UEFA Europa League 2015/2016.
  • Julian Nagelsmann menjadi pelatih termuda sepanjang sejarah UEFA Champions League yang berhasil mencapai babak perempat final dengan usianya saat ini 32 hari 231 hari.

5. Pertandingan selanjutnya untuk kedua tim ini

Menang Telak atas Tottenham, RB Leipzig Unggul dengan Agregat 4-0uefa.com

Setelah kemenangan ini, RB Leipzig kembali bertanding pada lanjutan Bundesliga 2019/2020 dengan bertemu Freiburg pada tanggal 14 Maret 2020, sedangkan Tottenham Hotspur dijadwalkan menghadapi lawan berat, Manchester United, pada tanggal 15 Maret 2020 dalam lanjutan Premier League 2019/2020. 

Apakah RB Leipzig terus melanjutkan kemenangan di pertandingan berikutnya?

Baca Juga: Krisis Striker, Tottenham Hotspur Tak Berdaya Hadapi RB Leipzig di UCL

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya