6 Tuan Rumah Ini Berhasil Capai Perempat Final Piala Dunia

#WorldCup2018 Rusia pun juga masuk!

Ajang Piala Dunia selalu membuat kisah menarik di setiap edisinya. Khususnya sebagai tuan rumah yang dituntut oleh para pendukungnya sendiri untuk meraih pencapaian tertinggi, bahkan ada yang berhasil keluar sebagai juara.

Di babak perempat final, ada beberapa negara yang berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia. Berikut penjelasannya.

1. Italia (Piala Dunia 1990)

6 Tuan Rumah Ini Berhasil Capai Perempat Final Piala Duniafourfourtwo.com

Dilansir dari BBC, Italia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 1990. Namun, penunjukkannya ini justru membuat Italia berhasil melaju ke babak perempat final dan sekaligus meraih status juara ketiga Piala Dunia 1990.

Kalah di babak semifinal, Italia berhasil meraih kemenangan pada perebutan juara ketiga setelah mengalahkan Inggris dengan skor akhir 2-1. Nama-nama pemain Italia yang tampil saat itu seperti Paolo Maldini, Roberto Baggio, Franco Baresi, Salvatore Schillaci, dan masih banyak lagi nama-nama beken pada saat itu.

2. Prancis (Piala Dunia 1998)

6 Tuan Rumah Ini Berhasil Capai Perempat Final Piala Duniafifa.com

Prancis yang menyandang status tuan rumah Piala Dunia 1998 berhasil mengejutkan sepak bola dunia. Berhasil mencapai babak perempat final setelah mengalahkan Paraguay di babak 16 besar, Prancis justru keluar sebagai juara Piala Dunia 1998 setelah menang atas juara bertahan saat itu, Brasil dengan skor akhir 3-0.

Zinedine Zidane menjadi aktor dari kemenangannya dengan raihan 2 gol serta Emmanuel Petit menyumbangkan 1 gol terakhir untuk Prancis. Ini menjadi titel pertama Piala Dunia selama sejarah sepak bola mereka.

3. Korea Selatan (Piala Dunia 2002)

6 Tuan Rumah Ini Berhasil Capai Perempat Final Piala Duniavice.com

Seperti yang diketahui, Piala Dunia 2002 merupakan Piala Dunia pertama yang memakai format 2 negara sebagai tuan rumah, dimana Jepang dan Korea Selatan yang bertindak sebagai tuan rumah. Salah satu diantaranya, Korea Selatan, berhasil secara mengejutkan melaju ke babak perempat final setelah mengalahkan Italia lewat golden goal Ahn Jung Hwan.

Di babak perempat final, Korea Selatan kembali membuat kejutan dengan menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti sebelum akhirnya dikalahkan oleh Jerman di babak semifinal dan Turki di babak perebutan juara ketiga. Sampai saat ini, Korea Selatan menjadi wakil Asia dengan pencapaian terbaik di turnamen akbar Piala Dunia.

4. Jerman (Piala Dunia 2006)

6 Tuan Rumah Ini Berhasil Capai Perempat Final Piala Duniaredpilltimes.com

Tuan rumah Piala Dunia 2006, Jerman, berhasil membuktikan diri sebagai tuan rumah yang mencapai prestasi terbaik. Setelah berhasil mencapai babak perempat final, Jerman meraih juara ketiga setelah mengalahkan Portugal dengan skor akhir 3-1. Sebagian pemain Jerman di Piala Dunia 2006 merupakan para pemain yang tampil di final Piala Dunia 2002.

5. Brasil (Piala Dunia 2014)

6 Tuan Rumah Ini Berhasil Capai Perempat Final Piala Duniazimbio.com

Tuan rumah berikutnya yang berhasil mencapai perempat final adalah Brasil di Piala Dunia 2014. Bermain di depan publiknya sendiri tentu membuat Brasil harus meraih gelar juara ketika itu.

Berhasil mencapai perempat final setelah mengalahkan Cile di babak 16 besar dan sukses lolos ke semifinal, Brasil justru harus menanggung malu setelah dikalahkan Jerman dengan skor yang sangat telak 1-7. Kekalahan ini justru mencatatkan sejarah buruk mereka di sepakbola Brasil dan terpaksa melakoni pertandingan perebutan juara ketiga.

Di babak itu juga, Brasil kembali mengalami kekalahan dan Belanda yang sukses merebut juara ketiga mengalahkan Brasil dengan skor akhir 3-0. Dengan demikian, Brasil hanya meraih juara keempat pada turnamen ini.

6. Rusia (Piala Dunia 2018)

6 Tuan Rumah Ini Berhasil Capai Perempat Final Piala Duniafifa.com

Rusia menjadi tuan rumah berikutnya setelah berhasil mencapai babak perempat final Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya. Mengalahkan Spanyol di babak 16 besar beberapa hari lalu menjadikan Rusia tidak dianggap remeh lagi.

Itulah beberapa negara tuan rumah yang tercatat berhasil masuk ke babak perempat final Piala Dunia. Adakah tim favoritmu?

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya