Suka Keluarkan Kartu, Wasit Ini Akan Memimpin Laga Jerman Vs Swedia

#WorldCup2018 Para pemain harus hati-hati nih

Wasit asal Polandia, Szymon Marciniak, dipercaya memimpin pertandingan Piala Dunia 2018, yang mempertemukan antara Jerman menghadapi Swedia malam ini (23/6/2018). Wasit ini juga dikenal sangat tegas dalam memimpin pertandingan.

Seperti apa kiprah Marciniak sebagai wasit? Berikut profil mengenai Marciniak selengkapnya.

1. Memulai profesi sebagai wasit sejak 2009

Suka Keluarkan Kartu, Wasit Ini Akan Memimpin Laga Jerman Vs Swediatwitter.com/daro_spw

Dilansir dari Soccerway.com, Marciniak memulai profesinya sebagai wasit sepakbola sejak tahun 2009. Penampilan debut Marciniak sebagai wasit yakni saat memimpin pertandingan Piala Polandia yang mempertemukan antara Arka Gdynia menghadapi Jagiellonia Bialystok.

Sejak saat itu juga, Marciniak selalu dipercaya memimpin pertandingan di kompetisi domestik Polandia, baik dari level kasta tertinggi dan kasta kedua Liga Polandia maupun Piala Polandia.

2. Beberapa kali memimpin pertandingan di kompetisi Eropa

Suka Keluarkan Kartu, Wasit Ini Akan Memimpin Laga Jerman Vs Swediatwitter.com/referee_fan

Sejak musim 2010/2011, Marciniak memulai debutnya tampil di kompetisi antarklub Eropa, tepatnya pada pertandingan antara Beroe Stara Zagora (Bulgaria) menghadapi Rapid Wien (Austria) di kualifikasi Liga Eropa 2010/2011, namun pada saat itu sebagai fourth official.

Dan akhirnya, Marciniak benar-benar melakukan debut sebagai wasit memimpin pertandingan di kompetisi tersebut terjadi pada pertandingan antara AZ Alkmaar (Belanda) menghadapi Jablonec (Republik Ceko) di musim 2011/2012 kualifikasi Liga Eropa, serta debut sebagai wasit di Liga Champions Eropa saat memimpin pertandingan antara Ventspils (Latvia) menghadapi Molde (Norwegia) pada babak kualifikasi di musim 2012/2013.

3. Memimpin pertandingan internasional untuk pertama kalinya sejak tahun

Suka Keluarkan Kartu, Wasit Ini Akan Memimpin Laga Jerman Vs Swediatwitter.com/sons_icefire

Marciniak akhirnya dipercaya memimpin pertandingan internasional untuk pertama kalinya yang terjadi saat ditunjuk sebagai salah satu wasit di ajang Piala Eropa U-17 pada tahun 2011 lalu, dengan debutnya memimpin pertandingan antara Perancis U-17 menghadapi Belarusia U-17.

Berbagai turnamen yang pernah diikuti oleh Marciniak selama sebagai wasit internasional di antaranya Piala Eropa U-17 2011, Piala Eropa U-21 2015, Piala Eropa 2016, Piala Dunia U-20 2017, dan Piala Dunia 2018.

Pada ajang Piala Dunia 2018, Marciniak untuk pertama kalinya memimpin pertandingan di ajang ini dengan pertandingan Argentina vs Islandia, di mana pada kala itu untuk pertama kalinya tidak mengeluarkan kartu kepada para pemain dari kedua tim ini selama pertandingan sejak terakhir kali pada November 2017.

Wasit asal Polandia ini dikenal sangat tegas dan hampir setiap pertandingannya selalu mengeluarkan kartu untuk para pemain yang melanggar. Rata-rata Marciniak setidaknya mengeluarkan sebanyak 2-3 kartu (Baik itu kartu kuning maupun merah) di setiap pertandingannya.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya