Comscore Tracker

Xabi Alonso Dirumorkan Menjadi Asisten Pelatih Manchester City

Saat ini, Alonso sedang melatih tim kedua Real Sociedad

Mantan pemain Real Madrid, Xabi Alonso, dikabarkan menjadi asisten pelatih Manchester City, yang tak lain adalah asisten dari Pep Guardiola. Saat ini, Alonso sedang melatih tim kedua Real Sociedad. Bagaimana awal ceritanya?

1. Alonso akan diduetkan dengan mantan pelatih Liverpool sebagai asisten pelatih Manchester City

Xabi Alonso Dirumorkan Menjadi Asisten Pelatih Manchester Citytwitter.com/SuperbiaProeIia

Dilansir Sportsmole, Xabi Alonso menjadi nama yang diincar oleh Manchester City sebagai asisten pelatih dari Pep Guardiola. Sebelumnya, ada nama mantan pelatih Liverpool, Rodolfo Borrell, yang sudah terlebih dahulu bergabung sebagai asisten pelatih Manchester City. Borrell telah berada di Manchester City sejak tahun 2014 lalu setelah menjabat sebagai Direktur Teknik hingga pada akhirnya menjadi asisten pelatih sementara pada Desember 2019 lalu.

Jika nantinya Alonso bergabung, keduanya akan berada di staf kepelatihan Manchester City pada musim berikutnya.

2. Baik Pep Guardiola maupun Xabi Alonso pernah berduel di El Clasico bahkan satu tim di Bayern Munich

Xabi Alonso Dirumorkan Menjadi Asisten Pelatih Manchester Citytwitter.com/soccertal

Pep Guardiola dan Xabi Alonso pernah berduel satu sama lain ketika Guardiola melatih Barcelona dan Alonso masih menjadi pemain Real Madrid di pertandingan El Clasico. Duel tersebut terjadi selama 3 musim yakni sejak musim 2009/2010 hingga 2011/2012. Keduanya bertemu kembali saat berada dalam satu tim, yakni di Bayern Munich dan Guardiola ditunjuk sebagai pelatih Bayern Munich berikutnya di mana Alonso berada di klub yang sama saat itu sejak musim 2013/2014.

Keduanya berhasil membawa beberapa gelar domestik seperti 3 gelar Bundesliga, 2 gelar DFB Pokal, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelar FIFA Club World Cup.

Baca Juga: Xabi Alonso Prediksi Liverpool Kalahkan Barcelona, Ini alasannya

3. Guardiola telah ditinggalkan Arteta sejak Desember 2019 lalu

Xabi Alonso Dirumorkan Menjadi Asisten Pelatih Manchester Citytwitter.com/EddieLongbridge

Pada akhir Desember 2019 lalu, Mikel Arteta ditunjuk sebagai pelatih Arsenal menggantikan posisi Unai Emery yang telah dipecat sebelumnya. Padahal, Arteta digadang-gadang sebagai penerus Pep Guardiola andai hengkang dari Manchester City. Keberhasilan membawa Manchester City menjuarai Premier League musim 2018/2019 lalu menjadi salah satu bukti bahwa Arteta layak memimpin Arsenal saat ini.

Bersama Arsenal, Arteta berhasil membawa Arsenal hanya mengalami 2 kali kekalahan dari 15 pertandingan terakhir di seluruh kompetisi resmi. 

4. Selama berkarier sebagai pemain profesional, Xabi Alonso pernah berkompetisi di Premier League

Xabi Alonso Dirumorkan Menjadi Asisten Pelatih Manchester Citytwitter.com/premierleague

Kompetisi Premier League bukanlah hal yang asing bagi Xabi Alonso, karena sebelumnya saat masih aktif sebagai pemain profesional pernah bermain untuk Liverpool. Alonso bermain untuk Liverpool selama 6 musim sejak 2004/2005 hingga 2008/2009. Selama di Liverpool, Alonso berhasil meraih beberapa gelar seperti 1 gelar FA Cup, 1 gelar Community Shield, 1 gelar UEFA Champions League, dan 1 gelar UEFA Super Cup.

Secara statistik, Alonso telah tampil sebanyak 210 kali dengan 19 gol yang dicetak di seluruh kompetisi resmi selama berseragam Liverpool saat itu.

5. Pengalaman melatih Xabi Alonso saat ini

Xabi Alonso Dirumorkan Menjadi Asisten Pelatih Manchester Citytwitter.com/Union_Futbolera

Sejak memutuskan pensiun sebagai pemain sepakbola pada tahun 2017 lalu, Alonso tertarik menjadi pelatih dan Real Sociedad U-14 menjadi klub pertama yang dilatih Alonso pada tahun 2018. Setahun kemudian, Alonso dipercaya melatih tim kedua Real Sociedad atau Real Sociedad B hingga saat ini. Menjadi asisten pelatih Manchester City bisa jadi merupakan modal awal bagi Alonso untuk melatih klub-klub besar Eropa ke depannya.

Akankah Alonso menerima tawaran sebagai asisten pelatih Manchester City?

Baca Juga: Setelah Manchester United, Kini Manchester City Menginginkan Kane

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya