Golnya Berhasil Singkirkan Arsenal, Inilah 5 Fakta Youssef El Arabi

Kini, pemain tersebut telah menginjak usia 33 tahun

Youssef El-Arabi mendadak menjadi pahlawan bagi Olympiakos setelah golnya berhasil menyingkirkan Arsenal lebih cepat di babak 32 besar UEFA Europa League. Pemain asal Maroko ini telah menginjak usianya yang ke-33 tahun. Berikut 5 fakta menarik tentang Youssef El-Arabi.

1. Memulai karier sepak bola bersama Caen

Golnya Berhasil Singkirkan Arsenal, Inilah 5 Fakta Youssef El Arabifacebook.com/pages/category/Athlete/youssef-el-arabi-110269242389832

El-Arabi memulai karier sepak bolanya bersama klub Prancis, Caen, pada musim 2008/2009, saat berusia 21 tahun, usia yang terbilang telat bagi seorang pesepakbola untuk memulai karier sepak bola. Bersama Caen, El-Arabi sebelumnya bermain di tim junior selama 1 tahun sebelum akhirnya dipromosikan ke tim senior Caen pada tahun 2008 lalu. Ketika itu, El-Arabi hanya bermain sebanyak 3 kali dan 0 gol di seluruh kompetisi resmi pada musim 2008/2009.

2. El-Arabi pernah bermain untuk 2 klub Asia

Golnya Berhasil Singkirkan Arsenal, Inilah 5 Fakta Youssef El Arabitwitter.com/elarabiyoussef

Sebelum membela Olympiakos, El-Arabi ternyata pernah bermain untuk 2 klub Asia, yakni Al-Hilal (Arab Saudi) dan Al-Duhail (Qatar). Total selama 4 tahun El-Arabi mencicipi kompetisi sepakbola Asia bersama 2 klub tersebut dan pernah tampil di ajang AFC Champions League. Hanya bertahan selama 1 musim di Al-Hilal, El-Arabi justru tampil semakin mengganas saat membela Al-Duhail.

Bermain sebanyak 88 kali dengan 102 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi saat membela Al-Duhail menjadi bukti bahwa El-Arabi masih menjadi salah satu striker terbaik yang pernah ada di Maroko. Hal inilah yang membuat Olympiakos tertarik mendatangkannya pada awal musim 2019/2020

Baca Juga: Menang atas Olympiakos, Peluang Arsenal Lolos Semakin Terbuka Lebar

3. Menjadi andalan timnas Maroko di berbagai pertandingan

Golnya Berhasil Singkirkan Arsenal, Inilah 5 Fakta Youssef El Arabitwitter.com/julienbrunbein

Sejak tahun 2010, El-Arabi untuk pertama kalinya dipanggil oleh timnas Maroko dan debutnya terjadi ketika menghadapi Central African Republic pada ajang Africa Cup of Nations 2012 Qualifiers dan pada debutnya itu harus berakhir imbang 0-0 saat itu. Setidaknya, El-Arabi tampil di ajang sekelas Africa Cup of Nations sebanyak 3 kali, yakni pada edisi 2012, 2013, dan 2017 bersama timnas Maroko.

Uniknya, saat Piala Dunia 2018 lalu, El-Arabi justru tidak masuk ke dalam 23 skuad yang dibawa ke Rusia meski sedang berada dalam performa terbaiknya bersama Al-Duhail.

4. Musim ini merupakan musim debut El-Arabi tampil di kompetisi antar klub Eropa

Golnya Berhasil Singkirkan Arsenal, Inilah 5 Fakta Youssef El Arabitwitter.com/EuropaLeague

Sebuah hal yang menarik dari El-Arabi adalah pernah bermain di dua kompetisi antar klub Eropa sekaligus di musim debutnya bersama Olympiakos. Tak hanya itu saja, ini adalah pengalaman pertama bagi El-Arabi bermain di kompetisi tersebut. Setelah gagal membawa Olympiakos lolos dari fase grup UEFA Champions League 2019/2020, El-Arabi kian menunjukkan kelasnya di kompetisi UEFA Europa League 2019/2020.

Bak tampil sebagai pahlawan, gol pertama di kompetisi UEFA Europa League justru membawa Olympiakos langsung melangkah ke babak 16 besar ajang tersebut dengan menyingkirkan salah satu unggulan, Arsenal. Saat masih berkompetisi di UEFA Champions League, El-Arabi setidaknya telah tampil sebanyak 9 pertandingan (dari babak kualifikasi) dan 5 gol yang dicetaknya untuk Olympiakos.

5. Statistik El-Arabi bersama Olympiakos di musim ini

Golnya Berhasil Singkirkan Arsenal, Inilah 5 Fakta Youssef El Arabitwitter.com/olympiacosfc

Bergabung pada awal musim 2019/2020, setidaknya El-Arabi telah mencatatakan penampilan sebanyak 36 kali dengan 23 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi. Tak hanya itu saja, di kompetisi Greece Super League, El-Arabi sukses menduduki top skor sementara dengan perolehan 17 gol di ajang tersebut, di mana unggul jauh dari para pesaingnya yang hanya mengemas 10 gol. Hal ini membuat El-Arabi menjadi kandidat kuat top skor Greece Super League pada musim ini.

Sebelum mencapai puncaknya di musim ini, El-Arabi pernah membela 4 klub yakni Caen (Perancis), Al-Hilal (Arab Saudi), Granada (Spanyol), dan Al-Duhail (Qatar). Beberapa gelar yang pernah diraih diantaranya 1 gelar Ligue 2, 1 gelar Saudi Crown Prince Cup, 2 gelar Qatar Stars League, 1 gelar Qatar Emir Cup, 1 gelar Qatar Cup, dan 1 gelar Qatar Sheikh Jassem Cup.

Inilah 5 fakta menarik mengenai Youssef El-Arabi, yang telah dijelaskan saat memulai kariernya hingga performa terbaiknya bersama Olympiakos seperti saat ini.

Baca Juga: Takluk dari Olympiakos, AC Milan Dipastikan Gagal ke Babak 32 Besar

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya