5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 21 sebelum Fabio Vieira

Pernah dengar Mart Poom?

Fabio Vieira adalah salah satu rekrutan mahal Arsenal pada musim panas 2022. Pemain asal Portugal berusia 22 tahun ini didatangkan dari FC Porto dengan mahar mencapai 35 juta euro alias Rp530 miliar.

Setibanya di Arsenal, Fabio langsung memilih nomor punggung 21 untuk ia kenakan. Ternyata, ada beberapa pemain Arsenal yang juga pernah memakai nomor 21 sebelum jatuh ke Fabio. Penasaran siapa saja? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Calum Chambers

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 21 sebelum Fabio VieiraCalum Chambers (arsenal.com)

Calum Chambers adalah pemilik nomor punggung 21 di Arsenal tepat sebelum Fabio Vieira. Pria berusia 27 tahun asal Inggris ini belum lama meninggalkan Arsenal, yakni pada 27 Januari 2022 untuk merapat ke Aston Villa.

Selama di Arsenal, Chambers yang biasa menempati pos bek tengah berhasil mendulang 5 gol dan 10 assist dalam 122 pertandingan di semua ajang. Ia mungkin bisa menorehkan lebih banyak gol maupun assist seandainya tidak dipinjamkan ke klub lain oleh Arsenal.

2. Lukasz Fabianski

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 21 sebelum Fabio VieiraLukasz Fabianski (arsenal.com)

Selanjutnya, ada pemain berposisi penjaga gawang yang kini usianya telah menapak 37 tahun bernama Lukasz Fabianski. Pria asal Polandia ini kini bermain untuk West Ham. Jauh sebelum itu, Lukasz sempat berkostum Arsenal selama 7 tahun (2007--2014).

Dalam kurun waktu itu, pemilik 57 caps bersama Timnas Polandia ini selalu mengenakan nomor punggung 21. Selama di Arsenal, Lukasz menyumbang 26 clean sheets dan 86 kali kebobolan dalam 78 pertandingan di semua ajang.

Baca Juga: Jadwal Premier League Akhir Pekan Ini: Ada Duel Arsenal vs Liverpool

3. Mart Poom

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 21 sebelum Fabio VieiraMart Poom (arsenal.com)

Mart Poom sudah gantung sepatu sejak 2009 silam. Pria asal Estonia ini kini berusia 50 tahun. Jauh sebelum itu, Mart yang berposisi sebagai penjaga gawang sempat memperkuat Arsenal selama 2 tahun (2005--2007).

Nomor punggung 21 pun dipilih Mart untuk ia kenakan di Arsenal. Sayangnya, ia hanya mencatatkan 2 pertandingan bersama Arsenal lantaran bukan berstatus kiper nomor satu. Kendati demikian, Mart rutin membela Timnas Estonia dengan torehan 120 caps.

4. Jermaine Pennant

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 21 sebelum Fabio VieiraJermaine Pennant (arsenal.com)

Selanjutnya ada pemain berdarah Inggris-Jamaika bernama Jermaine Pennant. Pria berusia 39 tahun ini sudah pensiun sejak 2018. Jermaine sendiri adalah produk binaan akademi Arsenal yang naik ke tim utama pada 1 Juli 2001.

Empat tahun berselang, tepatnya pada 1 Juli 2005, Jermaine berpisah jalan dengan Arsenal seiring dilepas ke Birmingham. Pemain sayap kanan ini mengenakan nomor punggung 21 di Arsenal pada musim 2001/2002 hingga 2003/2004. 

5. Tomas Danilevicius

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 21 sebelum Fabio VieiraTomas Danilevicius (arsenal.com)

Nama terakhir ditempati oleh pemain asal Lithuania bernama Tomas Danilevicius. Pria berusia 44 tahun ini sudah gantung sepatu sejak 2014 silam. Kiprahnya bersama Arsenal pun terbilang cukup singkat, yakni selama 2 tahun (2000--2002).

Tomas sendiri merupakan pemilik nomor punggung 21 di Arsenal tepat sebelum Jermaine Pennant. Sayangnya, penyerang berpostur 191 sentimeter ini lebih banyak dipinjamkan oleh Arsenal dan hanya memainkan 3 pertandingan bersama Arsenal.

 

Fabio Vieira memiliki potensi untuk melebihi capaian para pemilik nomor 21 di Arsenal sebelumnya. Pasalnya, tidak ada dari mereka yang memiliki karier mentereng. Jika giat berlatih dan meningkatkan kemampuannya, Fabio yang masih berusia 22 tahun bisa menjadi pemain bintang ke depannya.

Baca Juga: 5 Bintang EPL dengan nomor punggung 29, Nomor 1 Pemain Chelsa

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya