Comscore Tracker

5 Bek Tengah dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Arsenal

Thomas Vermaelen salah satunya

Bek tengah memang cukup jarang mencetak gol. Pasalnya, mereka lebih fokus bertahan ketimbang menyerang. Kendati demikian, ada juga beberapa bek tengah yang cukup andal dalam urusan gol.

Sebagai salah satu klub papan atas di Inggris, Arsenal tentu sempat diperkuat beberapa bek tangguh yang, selain andal dalam bertahan, juga piawai dalam menyerang. Untuk mengenal lebih jauh siapa saja mereka, ada baiknya kita simak ulasan bek tengah dengan gol terbanyak dalam sejarah Arsenal ini.

1. Tony Adams (38 gol)

5 Bek Tengah dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalTony Adams (kiri) bersama Patrick Vieira (kanan) di Arsenal. (arsenal.com)

Tony Adams adalah pemain yang usianya kini telah menapak 55 tahun. Ia sudah gantung sepatu sejak 2002 silam. Meski sudah lama pensiun, namanya sebagai bek tengah dengan gol terbanyak bersama Arsenal masih belum tergantikan.

Adams sukses mendulang 38 gol dan 8 assist dalam 584 pertandingan bersama Arsenal. Pria asal Inggris ini juga bisa dibilang sangat setia lantaran hanya membela satu klub sepanjang kariernya di lapangan hijau, yakni Arsenal.

2. Laurent Koscielny (27 gol)

5 Bek Tengah dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalLaurent Koscielny (arsenal.com)

Selanjutnya, ada pemain asal Prancis bernama Laurent Koscielny. Pria berusia 37 tahun ini belum lama gantung sepatu, tepatnya pada 31 Januari 2022. Meski berkebangsaan Prancis, Koscielny lebih lama memperkuat klub Inggris ketimbang klub Prancis.

Hal yang menarik adalah Arsenal jadi satu-satunya klub Inggris yang pernah diperkuat Koscielny. Bek tengah dengan 51 caps dan 1 gol bersama Timnas Prancis ini menghabiskan total 9 tahun (2010--2019) bersama The Gunners.

Baca Juga: 5 Fakta Pertandingan Arsenal vs Bodo/Glimt di Europa League 2022/2023

3. William Gallas (17 gol)

5 Bek Tengah dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalWilliam Gallas (arsenal.com)

William Gallas mungkin lebih dikenal saat berseragam Chelsea ketimbang Arsenal. Kendati demikian, pemain yang sudah pensiun sejak 2014 ini patut diapresiasi lantaran mencatatkan namanya sebagai salah satu bek tengah dengan gol terbanyak dalam sejarah Arsenal.

Selama berkarier di Arsenal, Gallas sukses menorehkan 17 gol dan 1 assist dalam 142 pertandingan di semua ajang. Pria yang kini berusia 45 tahun ini tidak hanya bisa menjadi bek tengah, tetapi juga bek kanan dan bek kiri.

4. Thomas Vermaelen (15 gol)

5 Bek Tengah dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalThomas Vermaelen (arsenal.com)

Sama dengan Laurent Koscielny, Thomas Vermaelen juga baru pensiun pada Januari 2022. Pemain yang kini usianya menjejak 36 tahun ini berasal dari Belgia. Vermaelen menghabiskan 5 tahun bersama Arsenal (2009--2014).

Bek tengah berpostur 183 sentimeter ini berhasil menyumbang 15 gol dan 6 assist selama berkostum The GunnersSelain itu, Vermaelen bisa dibilang pemain kaya pengalaman seiring pernah membela klub Inggris, Spanyol, Italia, Belanda, hingga Jepang.

5. Kolo Toure (14 gol)

5 Bek Tengah dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah ArsenalKolo Toure (arsenal.com)

Terakhir, ada pemain berusia 41 tahun asal Pantai Gading bernama Kolo Toure. Kariernya di lapangan hijau sudah berakhir sejak 2017 lalu setelah sang pemain memutuskan pensiun. Jauh sebelum itu, Toure sempat bermain di Arsenal selama 7 tahun (2002--2009).

Dalam kurun waktu tersebut, Kolo Toure sukses menyumbang 14 gol dan 14 assist dalam 327 pertandingan bersama Arsenal, hanya terpaut 1 gol dari Thomas Vermaelen. Ia juga menjadi sosok sentral di Timnas Pantai Gading dengan koleksi 118 caps dan 6 gol.

Semua pemain dalam daftar ini rata-rata memiliki karier yang cukup sukses di lapangan hijau. Selain mencatatkan namanya dalam sejarah Arsenal, mereka juga berkontribusi besar bagi timnas masing-masing.

Baca Juga: 5 Gelandang Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Arsenal

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya