6 Gelandang Tengah Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Aurelien Tchouameni dibeli sangat mahal oleh Real Madrid!

Para pemain berposisi gelandang tengah juga banyak diincar pada bursa transfer musim panas 2022. Sederet nama muda potensial di posisi ini jadi salah satu komoditasi paling panas yang diperebutkan oleh klub-klub papan atas Eropa. 

Banyak klub pun rela membayar biaya cukup mahal demi mendapatkan sederet gelandang tengah incaran. Lantas, siapa sajakah gelandang tengah dengan biaya transfer termahal pada bursa transfer musim panas 2022 ini? 

1. Aurelien Tchouameni

6 Gelandang Tengah Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Aurelien Tchouameni (realmadrid.com)

Nama Aurelien Tchouameni cukup menyita perhatian belakangan ini. Pasalnya, pemain asal Prancis berusia 22 tahun ini ditebus dengan harga fantastis oleh Real Madrid dari AS Monaco. Tak main-main, Real rela membayar 80 juta euro alias Rp1,2 triliun untuk mendaratkan sang pemain di Santiago Bernabeu.

Gelandang tengah bukan satu-satunya posisi yang bisa dimainkan Aurelien. Pemilik 12  caps dan 1 gol bersama Timnas Prancis ini juga andal menjadi gelandang bertahan. Aurelien dikenal memiliki agresivitas dan kemampuan bertahan yang bagus.

2. Vitinha

6 Gelandang Tengah Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Vitinha (id.psg.fr)

Vitinha baru merapat ke Paris Saint-Germain pada 1 Juli 2022 dari Porto, dengan biaya transfer mencapai 41,5 juta euro alias Rp624 miliar. Biaya tersebut bisa dibilang tidak terlalu berarti untuk klub sekelas PSG yang dikenal kaya raya.

Pemain dengan nama asli Vitor Machado Ferreira ini langsung diikat kontrak 5 tahun hingga Juni 2027. Pemain asal Portugal ini dikenal akan kemampuan dribbling  serta kecepatan yang luar biasa.

3. Yves Bissouma 

6 Gelandang Tengah Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Yves Bissouma (premierleague.com)

Selanjutnya, ada pemain asal Mali berusia 25 tahun bernama Yves Bissouma. Ia baru didatangkan Tottenham Hotspur dari sesama klub Premier League, Brighton. Untuk memuluskan transfer ini, Spurs rela membayar Brighton 29,2 juta euro atau sekitar Rp439 miliar.

Spurs pun langsung mengamankan Yves dengan mengontrak sang pemain hingga Juni 2026. Pemain dengan 27 caps dan 3 gol bersama Timnas Mali ini termasuk pemain serbabisa. Pasalnya, Yves mampu menjadi gelandang tengah dan gelandang bertahan sama baiknya.

Baca Juga: 5 Gelandang Termahal yang Pernah Direkrut oleh AC Milan, Layak?

4. Ederson

6 Gelandang Tengah Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Ederson (twitter.com/Atalanta_BC)

Ederson adalah pemain asal Brasil berusia 23 tahun yang baru merapat ke Atalanta. Ia diboyong dari Salernitana dengan biaya transfer mencapai 21 juta euro atau sekitar Rp315 miliar.

Ederson sendiri kini terikat kontrak dengan Atalanta hingga Juni 2026. Keputusan Atalanta memboyong Ederson cukup menarik mengingat sang pemain hanya sanggup mencatatkan 2 gol dan 1 assist dalam 15 pertandingan bersama Salernitana. 

5. Ryan Gravenberch 

6 Gelandang Tengah Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Ryan Gravenberch (ajax.nl)

Selanjutnya, ada rekrutan baru Bayern Munich, Ryan Gravenberch. Pemain berusia 20 tahun ini diboyong Bayern dari Ajax pada Juli 2022. Untuk memuluskan transfer, Bayern rela merogoh kocek hingga 18,5 juta euro alias Rp278 miliar.

Bayern pun sangat yakin akan potensi pemain asal Belanda ini dengan mengontraknya hingga Juni 2027. Meski baru berusia 20 tahun, Ryan sudah membuktikan kebolehannya dengan mengoleksi 10 caps dan 1 gol bersama Timnas Belanda.

6. Carney Chukwuemeka

6 Gelandang Tengah Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Carney Chukwuemeka (chelseafc.com)

Carney Chukwuemeka adalah yang termuda dalam daftar ini. Pemain berusia 18 tahun tersebut diboyong Chelsea dari Aston Villa dengan biaya transfer mencapai 18 juta euro atau sekitar Rp270 miliar.

Carney sendiri memiliki dua kewarganegaraan, Inggris dan Nigeria. Carney terakhir kali bermain untuk Timnas Inggris U-19. Meski begitu, ia masih bisa berganti haluan ke Timnas Nigeria lantaran belum pernah membela timnas senior Inggris.

Keseluruh gelandang dalam daftar ini masih berada di usia emas, apalagi Carney Chukwuemeka yang baru menginjak usia 18 tahun. Artinya, sederet pemain tersebut masih bisa berkembang menjadi lebih hebat ke depannya jika ditempa dengan tepat.

Baca Juga: 10 Potret Piotr Zielinski, Gelandang Box to Box Andalan Napoli

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya