5 Jebolan Akademi Newell's Old Boys yang Pernah Bermain di LaLiga

Lionel Messi salah satunya!

Newell's Old Boys adalah klub yang berkompetisi di kasta teratas Liga Argentina. Tak heran, banyak pemain top Argentina yang merupakan jebolan akademi Newell's. Banyak dari mereka yang melanglang buana ke berbagai negara.

Salah satu liga yang diminati banyak jebolan Newell's adalah LaLiga Spanyol. Siapa sajakah jebolan Newell's yang berhasil merumput di LaLiga sejauh ini?

1. Mauricio Pochettino

5 Jebolan Akademi Newell's Old Boys yang Pernah Bermain di LaLigaMauricio Pochettino (skysports.com)

Mauricio Pochettino menimba ilmu di akademi Newell's Old Boys selama 3 tahun (1986--1989) sebelum dipromosikan dan bermain untuk tim senior pada 1989 hingga 1994. Pria berusia 50 tahun ini sekarang menjabat sebagai kepala pelatih Paris Saint Germain.

Langkah Pochettino di LaLiga dimulai bersama RCD Espanyol, klub yang ia perkuat selama 7 tahun (1994--2001). Setelah sempat menjajal beberapa klub lain, Pochettino pun kembali ke Espanyol dan bermain selama 2 tahun lagi sebelum gantung sepatu pada 2006.

2. Lionel Scaloni

https://www.youtube.com/embed/RB18v8_B2lo

Lionel Scaloni sempat bermain untuk tim junior Newell's Old Boys, dan baru dipromosikan pada 1 Juli 1994 ke tim senior. Pria berusia 44 tahun ini sempat memperkuat beberapa klub berbeda di berbagai negara.

Di LaLiga, Scaloni pernah bermain untuk RCD Mallorca. Akan tetapi, ia hanya bermain sekitar 1,5 musim di sana, sebagai pemain pinjaman dari Lazio, klubnya saat itu. Di Mallorca, Scaloni hanya memainkan 34 pertandingan tanpa kontribusi gol maupun assist. 

Baca Juga: Lionel Messi Ragu Mimpinya Kembali ke Newell's Old Boys Bisa Terwujud

3. Lionel Messi

5 Jebolan Akademi Newell's Old Boys yang Pernah Bermain di LaLigaLionel Messi (skysports.com)

Lionel Messi adalah nama paling populer sekaligus yang masih aktif bermain hingga saat ini. Pemain berusia 35 tahun yang sering disebut pemain sepak bola terbaik dunia ini sempat menimba ilmu di akademi Newell's Old Boys selama 5 tahun (1995--2000).

Sebelum sempat promosi ke tim senior, Messi sudah berpindah ke akademi Barcelona dan melanjutkan karier di sana. Barcelona pun menjadi klub yang dibela Messi di LaLiga sekaligus klub terlama yang ia bela dalam kariernya.

Selama 17 tahun memperkuat Barcelona, Messi telah banyak berkontribusi. Pria yang kini memperkuat Paris Saint-Germain ini sedikitnya mengoleksi 670 gol dan 302 assists dalam 775 pertandingan bersama Barca. 

4. Aldo Duscher

5 Jebolan Akademi Newell's Old Boys yang Pernah Bermain di LaLigaAldo Duscher (skysports.com)

Aldo Duscher bermain di akademi Newell's Old Boys selama 2 tahun (1995--1997). Ia pun kemudian dipromosikan dan bermain untuk tim senior pada 1997 hingga 1998. Duscher sendiri sempat membela dua klub berbeda di LaLiga, yakni Sevilla dan Espanyol.

Pemain dengan 3 caps bersama Timnas Argentina ini telah mengumpulkan total 5 gol dan 1 assist di LaLiga dalam kariernya. Duscher sendiri sudah pensiun sejak 6 November 2012 lalu.

5. Santiago Solari

https://www.youtube.com/embed/hqEe3aIc2Iw

Santiago Solari adalah jebolan akademi Newell's Old Boys, yang kini berprofesi sebagai pelatih. Ia sempat menimba ilmu di akaemi Newell's Old Boys selama 1 tahun (1994--1995). 

Di LaLiga, Solari sempat memperkuat dua klub besar, yakni Atletico dan Real Madrid. Pria dengan 11 caps dan 1 gol bersama Timnas Argentina ini sukses mengoleksi 17 gol dan 10 assists selama berkiprah di LaLiga.

 

Lionel Messi jelas yang paling populer sekaligus memiliki karier tersukses dalam daftar ini. Pasalnya, ia tidak hanya berhasil menembus LaLiga, melainkan juga menjadi legenda hidup yang pernah bermain di LaLiga. 

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi Boca Juniors Terbaik yang Pernah Main di Serie A

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya