5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Australia

Matthew Leckie salah satunya

Australia menjadi salah satu wakil Asia yang bakal turut meramaikan gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Australia sendiri memiliki banyak pemain yang sangat berpengalaman di ajang internasional. 

Para pemain tersebut memiliki jumlah caps yang banyak. Selain itu, mereka juga kaya pengalaman di level klub seiring pernah membela berbagai klub mancanegara.

Siapa sajakah pemain aktif dengan caps terbanyak di Timnas Australia?

1. Robbie Kruse

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas AustraliaRobbie Kruse (bundesliga.com)

Robbie Kruse menempati peringkat teratas sebagai pemain aktif dengan jumlah penampilan terbanyak bersama Timnas Australia. Pria yang kini berusia 34 tahun ini telah mencatatkan 75 caps plus 5 gol bersama The Socceroos.

Kruse tengah berstatus tanpa klub setelah habis kontrak dengan Melbourne Victory pada 1 Juli 2022 lalu. Sayangnya, performa yang sudah menurun dan usia yang sudah tidak prima menyebabkan ia tidak terpilih di skuad Australia untuk piala dunia 2022 nanti.

2. Matthew Ryan

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas AustraliaMatthew Ryan (premierleague.com)

Matthew Ryan kini bermain untuk klub Liga Denmark, FC Copenhagen. Pemain berposisi kiper ini memiliki jumlah penampilan yang sama dengan Robbie Kruse, yakni 75 caps  bersama Timnas Australia.

Ryan pun bakal segera menyalip Kruse seiring Ryan terpilih dalam skuad Australia di Piala Dunia 2022. Pria berusia 30 tahun ini sendiri memiliki banyak pengalaman di level klub. Ryan pernah membela klub Spanyol, Belgia, Inggris, dan tentu Australia.

Baca Juga: 7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022

3. Matthew Leckie

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas AustraliaMatthew Leckie (bundesliga.com)

Selanjutnya, ada pemain yang kerap mengisi pos sayap kiri bernama Matthew Leckie. Ia termasuk pemain serbabisa lantaran juga bisa menjadi sayap kanan maupun penyerang. Pada usia yang kini menginjak 31 tahun, Leckie aktif bermain untuk klub Australia, Melbourne City.

Pemilik 73 caps bersama Timnas Australia ini sempat mencicipi atmosfer Bundesliga Jerman. Ia memperkuat sejumlah klub Jerman, seperti Hertha BSC, FSV Frankfurt, dan lainnya. Leckie juga masuk dalam daftar pemain Australia yang akan bermain di Piala Dunia 2022.

4. Trent Sainsbury

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas AustraliaTrent Sainsbury (www.socceroos.com.au)

Trent Sainsbury telah mengoleksi 61 caps dan 4 gol bersama The Socceroos sejauh ini. Sayangnya, ia harus menunggu lebih lama untuk menambah caps-nya lantaran dirinya tidak terpilih dalam skuad Australia yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar.

Sainsbury sendiri kini berseragam klub Qatar, Al-Wakrah SC, dan terikat kontrak hingga 30 Juni 2023. Bek tengah berusia 30 tahun ini memiliki pengalaman bermain untuk berbagai klub di liga berbeda. Salah satunya adalah klub papan atas Italia, Inter Milan.

5. Tom Rogic

5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas AustraliaTom Rogic (wba.co.uk)

Tom Rogic menjadi pemain termuda dalam daftar ini dengan usia yang baru menginjak 29 tahun. Klub yang tengah ia perkuat saat ini adalah West Bromwich, klub kasta kedua Liga Inggris. Rogic sendiri sudah mengumpulkan 53 caps dan 10 gol bersama The Socceroos.

Sejak didatangkan pada 12 September 2022, Rogic yang menempati pos gelandang serang telah melakoni enam pertandingan dan belum berkontribusi gol maupun assist. Performa yang kurang bagus itu mungkin menjadi penyebab ia tidak terpilih di skuad Australia untuk Piala Dunia 2022.

Meski termasuk pemain veteran yang kaya pengalaman di level timnas maupun level klub, tidak semua pemain di atas bakal memperkuat Timnas Australia di Piala Dunia 2022. Performa yang di bawah standar serta usia yang sudah tidak prima menjadi salah satu alasannya.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan Balkan

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya