Comscore Tracker

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum Marquinhos

Konstantinos Mavropanos salah satunya

Marquinhos adalah pemain yang baru didatangkan Arsenal dari klub Brasil, Sao Paolo, pada 1 Juli 2022 lalu. Ia sekaligus menjadi salah satu pemain termuda dalam skuad Arsenal pada 2022/2023 dengan usia yang baru 19 tahun.

Untuk urusan nomor punggung, Marquinhos memilih nomor 27. Dalam sejarah The Gunners, ada juga beberapa pemain sebelum Marquinhos yang mengenakan nomor punggung 27. 

Inilah pemain Arsenal dengan nomor punggung 27 sebelum Marquinhos.

1. Stathis Tavlaridis

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum MarquinhosStathis Tavlaridis (arsenal.com)

Stathis Tavlaridis adalah pemain asal Yunani yang sudah gantung sepatu sejak 2017 silam. Kariernya di Arsenal juga bisa dibilang tidak menonjol. Stathis hanya bermain beberapa musim di Arsenal, yakni pada 2001—2004. Ia bahkan sempat dipinjamkan beberapa kali.

Selama itu, pemain berposisi bek tengah ini setia mengenakan nomor punggung 27. Sayangnya, Stathis total hanya memainkan delapan pertandingan di semua ajang bersama Arsenal. Pemilik tiga caps bersama Timnas Yunani ini pun tidak berkontribusi gol maupun  assist. 

2. Gervinho

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum MarquinhosGervinho (arsenal.com)

Meski kini sudah berusia 35 tahun, Gervinho masih aktif bermain sepak bola profesional. Pria asal Pantai Gading ini kini bermain untuk klub Yunani, Aris Saloniki. Kiprahnya di Arsenal sendiri dimulai pada 2011 dan berakhir pada 2013 setelah dilepas ke AS Roma.

Dalam kurun waktu itu, nomor punggung 27 di Arsenal menjadi milik Gervinho. Pemain yang biasa jadi sayap kiri ini memiliki beberapa nilai plus, di antaranya mampu beroperasi di berbagai posisi berbeda. Ia juga mengoleksi 88 caps dan 23 gol bersama Timnas Pantai Gading.

Baca Juga: Debut Indah Marquinhos Bersama Arsenal di Liga Europa

3. Emmanuel Eboue

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum MarquinhosEmmanuel Eboue (arsenal.com)

Selanjutnya, ada kompatriot Gervinho dari Pantai Gading bernama Emmanuel Eboue. Pemain yang usianya kini menapak 39 tahun ini cukup lama berseragam Arsenal, yakni 6 tahun (2005—2011). Selama itu, Eboue menjadi pemilik nomor punggung 27 di Arsenal.

Pemain yang biasa menjadi bek kanan ini sudah pensiun dari lapangan hijau sejak 2016. Selama membela Arsenal, Eboue sejatinya tampil cukup impresif. Ia berhasil membukukan 10 gol dan 20 assist dalam 214 pertandingan bersama Arsenal.

4. Serge Gnabry

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum MarquinhosSerge Gnabry (bundesliga.com)

Serge Gnabry adalah pemain yang kini membela Bayern Munich. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Gnabry pernah berkostum Arsenal. Pasalnya, pemain asal Jerman ini baru naik daun setelah membela Bayern Munich.

Perjalanan Gnabry di Arsenal pun terbilang singkat. Merupakan jebolan akademi Arsenal, pemain sayap kanan ini hanya bertahan 3 tahun (2013—2016) di tim utama Arsenal sebelum dilepas ke Werder Bremen. Selama di Arsenal, Gnabry selalu memakai nomor punggung 27.

5. Konstantinos Mavropanos

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum MarquinhosKonstantinos Mavropanos (arsenal.com)

Konstantinos Mavropanos menjadi pemain termuda dalam daftar ini, dengan usia yang baru menjejak 24 tahun. Pria asal Yunani ini kini bermain untuk klub Jerman, VfB Stuttgart. Mavropanos sempat membela Arsenal selama 4 tahun (2018--2022) dan memakai nomor punggung 27.

Ia menjadi pemilik nomor punggung itu tepat sebelum Marquinhos. Bermain sebagai bek tengah, Mavropanos hanya memainkan delapan pertandingan di Arsenal lantaran lebih sering dipinjamkan. Minimnya jatah main mungkin menjadi salah satu alasannya mantap meninggalkan Arsenal.

Serge Gnabry dapat dikatakan sebagai pemain yang paling bersinar dalam daftar ini. Pemain asal Jerman ini sukses berkarier bersama Bayern Munich. Namun, dengan usia yang masih muda, Marquinhos mempunyai potensi untuk melampaui Gnabry. Tentu dengan catatan ia harus terus giat berlatih meningkatkan kemampuannya.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 34 sebelum Granit Xhaka

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya