5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 35 sebelum Oleksandr Zinchenko

Pernah dengar David Bentley?

Oleksandr Zinchenko adalah salah satu pemain yang baru didatangkan Arsenal pada musim panas 2022. Pemain berusia 25 tahun berkebangsaan Ukraina ini dibeli dari Manchester City pada 22 Juli 2022.

Setibanya di Arsenal, Zinchenko langsung mengenakan nomor punggung 35. Menariknya, nomor itu juga pernah dikenakan beberapa pemain Arsenal lain sebelum Zinchenko. Bahkan, dua di antaranya masih membela Arsenal hingga kini. Siapa saja?

1. Gabriel Martinelli

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 35 sebelum Oleksandr ZinchenkoGabriel Martinelli (arsenal.com)

Gabriel Martinelli adalah pemilik nomor punggung 35 tepat sebelum Oleksandr Zinchenko di Arsenal. Saat ini pria berusia 21 tahun asal Brasil ini telah berganti ke nomor 11. Meski demikian, Martinelli hingga kini masih memperkuat Arsenal.

Martinelli menjadi bagian The Gunners sejak 2 Juli 2019 dan kini masih terikat kontrak hingga 30 Juni 2024. Pemilik 3 caps bersama Timnas Brasil ini sudah mengoleksi setidaknya 21 gol dan 13 assist dalam 91 pertandingan.

2. Mohamed Elneny

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 35 sebelum Oleksandr ZinchenkoMohamed Elneny (arsenal.com)

Berikutnya ada pemain asal Mesir bernama Mohamed Elneny. Sama dengan Gabriel Martinelli, ia juga masih memperkuat Arsenal hingga kini. Pria berusia 30 tahun ini menjadi pemilik nomor punggung 35 di Arsenal sebelum Gabriel Martinelli.

Berpostur 179 sentimeter, Mohamed merupakan tipikal pemain bertahan. Ia juga sangat diandalkan di Timnas Mesir, dengan koleksi 91 caps dan 8 gol. Saat ini, ia tengah menggunakan nomor punggung 25 di Arsenal.

Baca Juga: Arsenal Bakal Lepas Mohamed Elneny Secara Gratis

3. Francis Coquelin

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 35 sebelum Oleksandr ZinchenkoFrancis Coquelin (arsenal.com)

Francis Coquelin kini membela klub LaLiga Spanyol, Villarreal. Pemain berkebangsaan Prancis yang kini usianya menapak 31 tahun ini adalah produk binaan akademi Arsenal dan promosi pada 2011.

Pada 11 Januari 2018, Francis akhirnya dilepas Arsenal ke Valencia. Nomor punggung 35 pun pernah menjadi miliknya kala membela Arsenal pada musim 2008/2009 dan 2009/2010. Francis termasuk pemain yang kaya pengalaman seiring pernah membela klub Jerman, Prancis, Inggris, dan Spanyol.

4. David Bentley

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 35 sebelum Oleksandr ZinchenkoDavid Bentley (arsenal.com)

Berikutnya ada pemain jebolan akademi Arsenal bernama David Bentley. Kiprahnya bersama Arsenal pun terjadi selama 3 tahun (2003--2006) sebelum ia dilepas ke Blackburn. Nomor punggung 35 dikenakan David pada musim 2002/2003.

Sayangnya, pemain yang pensiun di usia 29 tahun ini hanya bermain 9 kali bersama Arsenal. Pasalnya, ia lebih banyak dipinjamkan ketimbang dimainkan oleh Arsenal. Bentley sendiri pernah mencuri perhatian kala membela Tottenham Hotspur.

Saat itu, ia berhasil mencetak gol voli spektakuler dalam pertandingan yang mempertemukan Spurs dengan mantan klub Bentley, Arsenal, pada tahun 2008 silam. Hal yang menarik adalah itu menjadi satu-satunya gol yang ia cetak pada musim 2008/2009 di Premier League.

5. Johan Djourou

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 35 sebelum Oleksandr ZinchenkoJohan Djourou (arsenal.com)

Sama dengan David Bentley, Johan Djourou juga sudah gantung sepatu. Pemain yang kini berusia 38 tahun ini pensiun pada 1 Juli 2021. Arsenal pun menjadi klub yang paling lama dibela Djourou sepanjang kariernya di lapangan hijau.

Pemain berkebangsaan Swiss ini mengenakan nomor punggung 35 pada musim 2003/2004 di Arsenal. Selama membela Arsenal, Djourou yang biasa menjadi bek tengah hanya membukukan 1 gol dan 6 assist dalam 144 pertandingan.

 

Biasa bermain sebagai bek kiri, Oleksandr Zinchenko diharapkan dapat memperkuat lini pertahanan Arsenal. Zinchenko yang kini setim dengan dua pemakai nomor punggung 35 sebelumnya di Arsenal juga harus membuktikan diri. Mampukah ia melampaui capaian para pendahulunya?

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 1 Sebelum Aaron Ramsdale

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya