5 Pemain Bergabung ke Borussia Dortmund pada Musim Panas 2022

Salih Ozcan salah satunya!

Membeli banyak pemain baru tentu bukan masalah berarti bagi klub papan atas Bundesliga seperti Borussia Dortmund. Hal itu mereka buktikan dengan mendatangkan beberapa pemain baru pada bursa transfer musim panas 2022.

Ditambah lagi mereka memiliki dana segar hasil penjualan Erling Haaland ke Manchester City yang bisa dibelanjakan. Untuk lebih mengetahui siapa saja pemain baru Dortmund di musim panas 2022, kali ini penulis bakal membahas lima di antaranya. Let's go!

1. Sebastien Haller

5 Pemain Bergabung ke Borussia Dortmund pada Musim Panas 2022Sebastien Haller (bvb.de)

Sebastien Haller resmi berseragam Borussia Dortmund pada 6 Juli 2022 setelah ditebus dari klub asalnya, Ajax. Pria berusia 28 tahun ini membuat Dortmund mengeluarkan biaya transfer hingga 31 juta euro alias Rp463 miliar untuk membelinya.

Berpostur 191 sentimeter dan menempati pos penyerang, Haller sangat tepat untuk menggantikan posisi Erling Haaland yang hengkang ke Manchester City. Sebelumnya, Haller sukses mengumpulkan 47 gol dan 16 assists dalam 66 pertandingan bersama Ajax.

2. Karim Adeyemi

5 Pemain Bergabung ke Borussia Dortmund pada Musim Panas 2022Karim Adeyemi (bvb.de)

Karim Adeyemi seharusnya tidak akan kesulitan beradaptasi dengan lingkungan barunya di Dortmund. Pasalnya, pemain berusia 20 tahun ini dibeli Dortmund dari sesama klub Bundesliga, RB Salzburg, pada 1 Juli 2022.

Karim sendiri memiliki nilai plus yang menjadi salah satu alasan Dortmund membelinya, yakni mampu bermain di berbagai posisi. Pemain dengan 4 caps dan 1 gol bersama Timnas Jerman ini sanggup menjadi penyerang, sayap kiri, dan sayap kanan.

Baca Juga: Sempat Hengkang, 5 Pemain Top Ini Kembali Membela Borussia Dortmund

3. Nico Schlotterbeck

5 Pemain Bergabung ke Borussia Dortmund pada Musim Panas 2022Nico Schlotterbeck (bvb.de)

Berikutnya, Dortmund mendatangkan pemain berposisi bek tengah bernama Nico Schlotterbeck. Sama dengan Karim Adeyemi, Nico juga dibeli Dortmund dari sesama klub Bundesliga, yakni SC Freiburg.

Pria asal Jerman berusia 22 tahun ini resmi berkostum Dortmund pada 1 Juli 2022. Dortmund pun nampaknya ingin menjadikan Nico bagian dari proyek jangka panjang mereka, seiring mengontrak sang pemain hingga 30 Juni 2027.

4. Niklas Sule

5 Pemain Bergabung ke Borussia Dortmund pada Musim Panas 2022Niklas Sule (bundesliga.com)

Niklas Sule adalah pemain yang sangat berpengalaman di level timnas. Membela Timnas Jerman, pemain berusia 27 tahun ini sudah mengantongi 40 caps dan 1 gol. Hal itu menjadi salah satu alasan Dortmund membeli Sule dari klub raksasa Bundesliga, Bayern Munich.

Dortmund pun berhasil mendapatkan tanda tangan Sule pada 1 Juli 2022. Sule sendiri kebetulan memiliki posisi yang sama dengan Nico Schlotterbeck, yakni bek tengah. Ia memiliki postur 195 sentimeter yang sangat mendukungnya bermain di posisi tersebut.

5. Salih Ozcan

5 Pemain Bergabung ke Borussia Dortmund pada Musim Panas 2022Salih Ozcan (bvb.de)

Nama terakhir diisi oleh pemain berkebangsaan Jerman-Turki bernama Salih Ozcan. Pria berusia 24 tahun ini diboyong Dortmund dari 1. FC Koln pada 1 Juli 2022. Ozcan dibeli Dortmund untuk memperkuat lini pertahanan mereka, seiring sang pemain berposisi gelandang bertahan.

Meski punya posisi utama sebagai gelandang bertahan, Ozcan juga bisa menempati posisi lain, seperti gelandang serang dan tengah. Performanya kala membela 1. FC Koln juga lumayan, di mana Ozcan membukukan 4 gol dan 7 assists dalam 128 pertandingan.

 

Kepergian ujung tombak sekaligus bintang utama Erling Haaland tentu cukup berdampak bagi Borussia Dortmund. Atas dasar itu, mereka berusaha memperdalam skuad dengan mendatangkan para pemain di atas.

Harapannya, mereka dapat membawa Dortmund tampil kompetitif pada musim 2022/2023 ini meski tanpa sosok Erling Haaland yang selama ini jadi tumpuan Dortmund.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Memutuskan Pensiun bersama Borussia Dortmund

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya