Comscore Tracker

5 Pemain Berkewarganegaraan Ganda di Skuad Valencia 2021/2022

Sosok Yunus Musah paling mencuri perhatian belakangan ini

Pemain dengan kewarganegaraan ganda bukan hal yang asing dalam dunia olahraga, tak terkecuali dalam cabang olahraga sepak bola. Sudah banyak pemain dengan kewarganegaraan ganda yang melanglang buana di liga-liga sepak bola di berbagai penjuru dunia.

Tak sedikit dari mereka yang berhasil menembus deretan liga-liga top Eropa hingga memiliki karier yang cukup sukses. Akan tetapi, mereka kerap dihadapkan dengan pilihan dilematis saat tiba waktunya menentukan bakal mewakili negara mana di level internasional.

Kali ini, penulis membahas sederet pemain berkewarganegaraan ganda yang bermain di salah satu klub LaLiga Spanyol, Valencia, pada musim 2021/2022. Siapa saja? Simak ulasannya sampai habis, ya!

1. Ilaix Moriba

5 Pemain Berkewarganegaraan Ganda di Skuad Valencia 2021/2022Ilaix Moriba (skysports.com)

Pada musim 2021/2022, Ilaix Moriba bermain di Valencia dengan status pinjaman dari klub asalnya, RB Leipzig. Masa peminjamannya pun habis pada, Kamis (30/6/2022), sehingga kini ia telah kembali ke RB Leipzig.

Moriba sendiri memiliki kewarganegaraan Guinea dan Spanyol. Gelandang berusia 19 tahun ini sendiri sudah memiliki 8 caps bersama Timnas Republik Guinea.

2. Yunus Musah

5 Pemain Berkewarganegaraan Ganda di Skuad Valencia 2021/2022Yunus Musah (valenciacf.com)

Berikutnya, ada pemain berkewarganegaraan Amerika Serikat dan Inggris bernama Yunus Musah. Pria berusia 19 tahun ini menjadi pemain dengan nilai pasar termahal dalam daftar ini, yakni 15 juta euro atau sekitar Rp231 miliar.

Bermain sebagai gelandang tengah, Musah telah mengantongi 18 caps bersama Timnas Amerika Serikat. Bersama Valencia, ia sudah membukukan 5 gol dan 1 assist dalam 71 pertandingan di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Valencia dengan Kontribusi Gol Terbanyak Musim 2021/2022

3. Thierry Correia

5 Pemain Berkewarganegaraan Ganda di Skuad Valencia 2021/2022Thierry Correia (valenciacf.com)

Thierry Correia memiliki kewarganegaraan Portugal dan Tanjung Verde. Pria berusia 23 tahun ini sudah menjadi bagian Valencia sejak 2019 dan masih terikat kontrak hingga 30 Juni 2026.

Di level internasional, Thierry terakhir kali bermain untuk Timnas Portugal U-21. Sebelum berkiprah di Valencia, pemain berposisi bek kanan ini sempat menimba ilmu di akademi Sporting CP.

4. Gabriel Paulista

5 Pemain Berkewarganegaraan Ganda di Skuad Valencia 2021/2022Gabriel Paulista (valenciacf.com)

Bek tengah berusia 31 tahun ini berkebangsaan Brasil dan Spanyol. Kiprahnya di Valencia sendiri telah dimulai sejak 18 Agustus 2017 dan masih memiliki sisa kontrak hingga 30 Juni 2024. Sebelum merapat ke Valencia, Gabriel pernah memperkuat klub LaLiga lain, yaitu Villarreal.

Gabriel juga pernah merasakan atmosfer Premier League kala masih membela Arsenal. Di level timnas, Gabriel yang memilih untuk mewakili Brasil belum mendapat kesempatan bermain di Timnas Brasil senior hingga saat ini. 

5. Mouctar Diakhaby

5 Pemain Berkewarganegaraan Ganda di Skuad Valencia 2021/2022Mouctar Diakhaby (skysports.com)

Terakhir, ada pemain berusia 25 tahun bernama Mouctar Diakhaby. Mouctar sendiri berkewarganegaraan Republik Guinea dan Prancis.

Di level internasional, Mouctar memilih mewakili Republik Guinea. Sejauh ini ia sudah mengoleksi 2 caps meski masih nirgol. Sepertinya, salah satu pertimbangan Mouctar memilih mewakili Republik Guinea ketimbang Prancis lantaran potensi ketatnya persaingan memperebutkan posisi di skuad Timnas Prancis.

Thierry Correia masih bisa memutuskan untuk membela timnas yang berbeda lantaran ia tercatat belum pernah memperkuat Timnas Portugal senior. Akankah ia terus berjuang mendapatkan tempat utama di Timnas Portugal senior, atau malah memilih "jalur mudah" dengan memperkuat Timnas Tanjung Verde?

Baca Juga: 5 Pemain Valencia yang Habis Kontrak pada 2021/2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya