5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 19 sebelum Harvey Elliott

Ada nama Stewart Downing

Harvey Elliott merupakan pemain muda potensial Liverpool. Pemain berusia 19 tahun ini sempat ditempa Liverpool U-23 sebelum promosi ke skuad utama pada 1 Juli 2021.

Elliott baru mengenakan nomor punggung 19 pada 2022/2023. Ia sebelumnya memakai nomor 67.

Ternyata nomor punggung tersebut pernah dipakai sejumlah pemain Liverpool lain. Inilah pemain Liverpool dengan nomor punggung 19 sebelum Harvey Elliott.

1. Ozan Kabak

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 19 sebelum Harvey ElliottOzan Kabak (liverpoolfc.com)

Ozan Kabak merupakan pemain terakhir yang mengenakan nomor punggung 19 di Liverpool sebelum Harvey Elliott. Pemain berusia 22 tahun asal Turki itu tidak lama bermain di Liverpool, yakni hanya setengah musim sebagai pemain pinjaman.

Kabak pun hanya memainkan 13 pertandingan di semua ajang bersama The Reds tanpa sumbangan gol maupun assist. Saat ini , pemain yang kerap menjadi bek tengah itu merumput di Bundesliga Jerman bersama TSG Hoffenheim.

2. Sadio Mane

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 19 sebelum Harvey ElliottSadio Mane (liverpoolfc.com)

Sadio Mane mungkin menjadi nama paling dikenal dalam daftar ini. Bukan tanpa sebab, pemain asal Senegal yang usianya kini menginjak 30 tahun itu pernah menjadi sosok penting di Liverpool.

Dirinya pernah membentuk trisula maut di lini depan Liverpool bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Mane yang kini memperkuat Bayern Munich pun sempat mengenakan nomor punggung 19 di Liverpool pada 2016—2018.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 28 Liverpool sebelum Fabio Carvalho

3. Steven Caulker

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 19 sebelum Harvey ElliottSteven Caulker (liverpoolfc.com)

Selanjutnya, ada pemain asal Sierra Leone yang kini merumput di Championship bersama Wigan Athletic. Namanya Steven Caulker. Pemain berposisi bek tengah itu pernah membela Liverpool selama setengah musim.

Dalam kurun waktu yang sangat singkat itu, Caulker memilih nomor punggung 19 untuk dikenakan. Hanya bermain dalam empat pertandingan bersama The Reds, tidak heran Caulker belum bisa menyumbang gol maupun assist.

4. Javi Manquillo

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 19 sebelum Harvey ElliottJavi Manquillo (liverpoolfc.com)

Meski sudah tidak berseragam Liverpool, Javi Manquillo masih eksis di English Premier League bersama Newcastle United. Pemain berusia 28 tahun kelahiran Madrid, Spanyol, itu juga pernah memperkuat klub sekelas Atletico Madrid dan Olympique Marseille.

Manquillo sempat merumput bersama Liverpool selama 1 tahun (2014—2015) dan mengenakan nomor punggung 19. Pemain yang berposisi utama sebagai bek kanan itu menorehkan 2 assist dalam 19 pertandingan bersama Liverpool.

5. Stewart Downing

5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 19 sebelum Harvey ElliottStewart Downing (liverpoolfc.com)

Stewart Downing menjadi satu-satunya pemain yang sudah gantung sepatu dalam daftar ini. Pemain asal Inggris berusia 38 tahun itu resmi pensiun pada 2 Agustus 2021 lalu. Downing sendiri sempat 2 tahun berseragam The Reds (2011—2013) dan memakai nomor punggung 19.

Pemain dengan 35 caps bersama Timnas Inggris itu juga termasuk serbabisa lantaran mampu menjadi gelandang kiri, gelandang kanan, dan gelandang serang. Downing mencatatkan sedikitnya 7 gol dan 19 assist selama berkarier di Liverpool.

Sadio Mane bisa dibilang sebagai pemain dengan karier tersukses bersama Liverpool dalam daftar ini. Kendati demikian, Harvey Elliott memiliki potensi untuk melebihi capaian Mane lantaran usianya masih 19 tahun. Ia punya waktu untuk berkembang.

Baca Juga: Liverpool Kalah Lagi dari Brighton, Ini 3 Fakta Menariknya

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya