5 Pemain Liverpool Pemilik Nomor Punggung 3 sebelum Fabinho

Pernah dengar nama Abel Xavier?

Fabinho adalah gelandang bertahan termahal di skuad Liverpool musim 2021/2022. Ia memiliki banderol 60 juta euro atau sekitar Rp913 miliar. Di Liverpool, Fabinho memilih untuk mengenakan nomor punggung 3. 

Sebelum jatuh menjadi milik Fabinho, nomor punggung 3 tentunya pernah dikenakan oleh beberapa pemain lain di Liverpool. Buat yang penasaran siapa saja, langsung aja simak ulasan berikut, ya!

1. Steve Finnan

5 Pemain Liverpool Pemilik Nomor Punggung 3 sebelum FabinhoSteve Finnan (liverpoolfc.com)

Steve Finnan adalah pemain asal Irlandia yang menempati pos bek kanan. Pria berusia 46 tahun ini sudah pensiun sejak 1 Juli 2010. Steve sempat bermain di Liverpool selama 5 tahun (2003--2008). Dalam kurun waktu tersebut, nomor punggung 3 menjadi miliknya.

Pemain dengan 54 caps dan 2 gol bersama Timnas Irlandia ini total memainkan 217 pertandingan dengan koleksi 1 gol dan 19 assist di semua ajang bersama Liverpool. Steve juga pernah bermain untuk klub LaLiga, yakni Espanyol.

2. Paul Konchesky

5 Pemain Liverpool Pemilik Nomor Punggung 3 sebelum FabinhoPaul Konchesky (skysports.com)

Pria yang kini berusia 41 tahun ini sudah gantung sepatu sejak 19 Agustus 2018. Menempati pos bek kiri, pemain asal Inggris ini sempat bermain di Liverpool selama semusim (2010--2011). Kala itu Konchesky mengenakan nomor punggung 3.

Paul sendiri lebih sering dipinjamkan ke klub lain oleh Liverpool. Ia hanya memainkan 18 pertandingan dengan torehan 1 assist di semua ajang bersama Liverpool. Paul pernah bermain untuk klub EPL lain, mulai dari Tottenham Hotspur hingga Leicester City. 

Baca Juga: 7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier League

3. Jose Enrique

5 Pemain Liverpool Pemilik Nomor Punggung 3 sebelum FabinhoJose Enrique (liverpoolfc.com)

Jose Enrique adalah bek tengah yang sudah pensiun sejak 1 Juli 2017. Pria asal Spanyol yang kini berusia 36 tahun tersebut sempat menghabiskan lima musim di Liverpool (2011-2016). 

Selama di Liverpool, setidaknya 2 gol dan 10 assist sudah Jose bukukan dalam 99 pertandingan di semua ajang. Ia juga pernah bermain untuk klub Premier League lain, yakni Newcastle United.

4. Mamadou Sakho

5 Pemain Liverpool Pemilik Nomor Punggung 3 sebelum FabinhoMamadou Sakho (liverpoolfc.com)

Pria asal Prancis dengan postur 187 sentimeter ini bermain di posisi bek tengah. Sakho sendiri sempat berseragam Liverpool selama empat musim (2013--2017). Sama seperti yang lain, pria berusia 32 tahun ini sempat memakai nomor punggung 3 saat bermain di Anfield.

Sakho sendiri total memainkan 80 pertandingan bersama Liverpool, dengan raihan 3 gol di semua ajang. Selain Liverpool, pemain dengan 29 caps dan 2 gol bersama Timnas Prancis ini juga pernah memperkuat klub Premier League lain, yaitu Crystal Palace. 

5. Abel Xavier

5 Pemain Liverpool Pemilik Nomor Punggung 3 sebelum FabinhoAbel Xavier (liverpoolfc.com)

Abel Xavier adalah pemain berkebangsaan Portugal yang sudah gantung sepatu sejak 1 Juli 2008. Bertugas sebagai bek kanan, Abel mulai bermain di Liverpool sejak 29 Januari 2002. Di Liverpool, Xavier sempat mengenakan nomor punggung 3.

Sayangnya, Xavier lebih sering dipinjamkan oleh Liverpool. Pemilik 20 caps dan 2 gol bersama Timnas Portugal ini hanya memainkan 21 pertandingan dan membukukan 2 gol dan 2 assist di semua ajang bersama Liverpool.

Dalam daftar ini, tidak ada pemain berstatus bintang semasa membela Liverpool. Atas dasar itu, Fabinho bisa dibilang tidak terlalu terbebani ekspektasi berlebih untuk bisa melampaui capaian para pengguna nomor punggung 3 pendahulunya di Liverpool.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 26 Sebelum Andrew Robertson

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya