Comscore Tracker

5 Pemain yang Meninggalkan RB Leipzig pada Musim Panas 2022

Nordi Mukiele merapat ke PSG

RB Leipzig mendapat pemasukan besar pada bursa transfer musim panas 2022. Itu terjadi lantaran mereka menjual beberapa pemainnya.

Pemasukan tersebut berhasil menutup pengeluaran klub. Mereka menggunakannya sebagian untuk mendatangkan beberapa pemain baru.

Untuk mengetahui siapa saja yang keluar, simak deretan pemain yang meninggalkan RB Leipzig pada musim panas 2022.

1. Tyler Adams

5 Pemain yang Meninggalkan RB Leipzig pada Musim Panas 2022Tyler Adams (leedsunited.com)

Tyler Adams sejatinya belum terlalu lama berseragam RB Leipzig. Ia dibeli pada 1 Januari 2019 dari New York RB. Hanya bertahan 3 musim, Adams diboyong Leeds United pada 6 Juli 2022 dengan biaya transfer mencapai 17 juta euro alias Rp254 miliar.

Penjualan itu memberi keuntungan besar bagi Leipzig yang hanya mengeluarkan 2,63 juta euro atau sekitar Rp39 miliar. Adams yang masih berusia 23 tahun pun langsung diamankan Leeds dengan kontrak hingga 30 Juni 2027.

2. Hwang Hee Chan

5 Pemain yang Meninggalkan RB Leipzig pada Musim Panas 2022Hwang Hee-Chan (wolves.co.uk)

Berikutnya, ada pemain asal Korea Selatan bernama Hwang Hee Chan. Pria berusia 26 tahun yang biasa menjadi penyerang ini hijrah ke Wolverhampton Wanderers pada 1 Juli 2022. Hwang sendiri dibeli RB Leipzig pada 2020.

Leipzig sempat meminjamkan Hwang ke Wolves. Mereka akhirnya memutuskan untuk mempermanenkan sang pemain. Demi mendapatkan tanda tangan pemilik 47 caps dan 8 gol bersama Timnas Korea Selatan ini, Wolves membayar 16,7 juta euro alias Rp249 miliar.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari RB Salzburg, Ada Benjamin Sesko!

3. Brian Brobbey

5 Pemain yang Meninggalkan RB Leipzig pada Musim Panas 2022Brian Brobbey (english.ajax.nl)

Brian Brobbey adalah pemain asal Belanda yang usianya baru menapak 20 tahun. Pada 22 Juli 2022, RB Leipzig melepasnya ke Ajax dengan biaya transfer mencapai 16,35 juta euro alias Rp244 miliar.

Brobbey sejatinya sudah tidak asing dengan Ajax lantaran merupakan produk binaan akademi Ajax. Pemain berposisi penyerang ini juga sempat dipinjamkan Leipzig ke Ajax selama setengah musim.

4. Nordi Mukiele

5 Pemain yang Meninggalkan RB Leipzig pada Musim Panas 2022Nordi Mukiele (psg.fr)

Selanjutnya, ada pemain berkewarganegaraan Prancis dan Republik Kongo bernama Nordi Mukiele. Kiprahnya bersama RB Leipzig dimulai pada 2018. Itu harus berakhir pada 26 Juli 2022 setelah sang pemain hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG). 

Selama di Leipzig, Nordi sudah berkontribusi 10 gol dan 11 assist dalam 146 pertandingan di semua ajang. Pemilik satu cap bersama Timnas Prancis ini juga memiliki nilai plus, yakni mampu bermain sebagai bek kanan, bek tengah, dan gelandang kanan.

5. Ademola Lookman

5 Pemain yang Meninggalkan RB Leipzig pada Musim Panas 2022Ademola Lookman (bundesliga.com)

Ademola Lookman sejatinya baru kembali ke skuad RB Leipzig pada 30 Juni 2022 setelah dipinjamkan ke Leicester City pada 2021/2022. Kendati demikian, pemain berusia 24 tahun ini justru dilepas Leipzig ke Atalanta pada 4 Agustus 2022.

Bermain di Atalanta bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Lookman. Pasalnya, ia bakal bermain di atmosfer Serie A Italia yang belum pernah ia rasakan. Sejauh ini, pemain berposisi sayap kiri ini sudah menyumbang 1 gol dan 2 assist dalam 6 pertandingan bersama Atalanta. 

Semua pemain di atas memiliki satu kesamaan yang cukup menarik, yakni semua dilepas ke klub non-Jerman. Ada yang ke klub Inggris, Prancis, Italia, dan Belanda. Hal itu bakal menjadi tantangan bagi masing-masing pemain untuk segera beradaptasi dengan lingkungan baru.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Musim Panas 2022, Ada Timo Werner

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya