5 Pemain Pantai Gading Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Maxwel Cornet merapat ke West Ham!

Meski secara popularitas kalah oleh negara-negara Eropa, Pantai Gading bisa dibilang memiliki kualitas sepak bola yang mumpuni. Buktinya, ada beberapa pemain asal Pantai Gading yang dibeli mahal pada bursa transfer musim panas 2022 ini.

Para pemain tersebut bermain untuk klub di berbagai liga sepak bola yang berbeda. Ada yang bermain di Liga Jerman, Liga Inggris, dan Liga Italia. Kali ini, penulis akan menyajikan lima pemain asal Pantai Gading dengan biaya transfer termahal pada bursa transfer musim panas 2022.

1. Sebastien Haller

5 Pemain Pantai Gading Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Sebastien Haller (bvb.de)

Sebastien Haller didatangkan Borussia Dortmund dari Ajax pada 6 Juli 2022. Biaya transfer yang harus dibayar Dortmund mencapai 31 juta euro alias Rp458 miliar. Ajax pun mengeruk keuntungan yang lumayan besar dari penjualan Haller.

Pasalnya, Ajax membeli Haller pada 8 Januari 2021 dari West Ham dengan biaya 22,5 juta euro atau sekitar Rp333 miliar. Pemain berusia 28 tahun ini biasa menjadi penyerang. Di level timnas, ia sudah memiliki 15 caps dan 4 gol bersama Timnas Pantai Gading.

2. Jeremie Boga

5 Pemain Pantai Gading Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Jeremie Boga (skysports.com)

Jeremie Boga sejatinya memegang dua kewarganegaraan, Pantai Gading dan Prancis. Akan tetapi, ia lebih memilih Timnas Pantai Gading untuk ia bela di level internasional ketimbang Timnas Prancis dengan koleksi 10 caps dan 1 gol.

Boga sendiri baru dibeli Atalanta dari US Sassuolo pada 1 Juli 2022 dengan biaya transfer 22 juta euro alias Rp325 miliar. Pada musim 2021/2022, Boga sebenarnya sudah berkostum Atalanta, namun hanya sebagai pinjaman dari Sassuolo.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Pantai Gading yang Merumput di Serie A Musim 2021/2022

3. Maxwel Cornet

5 Pemain Pantai Gading Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Maxwel Cornet (whufc.com)

Selanjutnya ada pemain serbabisa yang bernama Maxwel Cornet. Ia dibilang serbabisa lantaran bisa menjadi sayap kiri, bek kiri, ataupun penyerang. Cornet berusia sama dengan Jeremie Boga, yakni 25 tahun.

Pada 5 Agustus 2022, Cornet diboyong West Ham dari Burnley dengan biaya transfer mencapai 20,7 juta euro alias Rp306 miliar. Burnley pun meraup keuntungan besar dari penjualan itu karena membeli Cornet pada 29 Agustus 2021 hanya seharga 15 juta euro alias Rp222 miliar.

4. Hassane Kamara

5 Pemain Pantai Gading Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Hassane Kamara (watfordfc.com)

Hassane Kamara bernasib sedikit berbeda dengan nama-nama sebelumnya. Meski ia diboyong dengan mahar 19 juta euro alias Rp281 miliar oleh Udinese dari Watford pada 22 Agustus 2022, Kamara langsung dipinjamkan Udinese ke Watford sehari setelahnya.

Dengan masa peminjaman yang berlaku hingga 30 Juni 2023, Kamara harus menanti lebih lama sebelum debut bersama Udinese. Secara kemampuan, pemain berusia 28 tahun ini bisa dibilang tidak kalah saing. Kamara termasuk serbabisa seiring bisa menjadi bek kiri dan gelandang kanan-kiri.

5.  Vakoun Issouf Bayo 

5 Pemain Pantai Gading Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2022Vakoun Issouf Bayo (watfordfc.com)

Vakoun Issouf Bayo ditebus Watford dari RSC Charleroi pada 2 Juli 2022 dengan mahar 5,8 juta euro atau sekitar Rp85 miliar. Watford yang kini bermain di Championship, kasta kedua liga Inggris, mendapatkan tanda tangan Bayo untuk kontrak hingga 30 Juni 2027.

Dengan kontrak jangka panjang tersebut, Bayo tampaknya dijadikan proyek jangka panjang Watford. Kesuksesan Bayo mengemas 11 gol dan 2 assist dalam 16 pertandingan bersama RSC Charleroi musim lalu mungkin menjadi alasan Watford yakin terhadap penyerang 25 tahun ini.

 

Sebagai pembelian termahal dalam daftar ini, Sebastien Haller tentu memikul ekspektasi terbesar. Ia diharapkan dapat segera nyetel dengan lingkungan barunya di Borussia Dortmund dan bisa membantu Dortmund tampil superior pada musim 2022/2023 ini.

Baca Juga: 5 Pemain Pantai Gading yang Pernah Membela Klub LaLiga Spanyol

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya