7 Pemain Termuda yang Membela Kroasia di Piala Dunia 2022

Ada Josko Gvardiol hingga Borna Sosa

Kroasia melangkah cukup jauh di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka sampai ke semifinal sebelum tumbang oleh Argentina.

Di balik ketangguhan mereka, ternyata ada beberapa pemain muda yang tergabung dalam skuad Kroasia. Meski beberapa mendapat jatah main yang minim, bermain di Piala Dunia 2022 ini dapat mematangkan kemampuan dan menambah pengalaman.

Berikut pemain termuda yang membela Kroasia di Piala Dunia 2022.

1. Josko Gvardiol (20 tahun)

7 Pemain Termuda yang Membela Kroasia di Piala Dunia 2022Josko Gvardiol (kanan) (instagram.com/josko_gvardiol)

Josko Gvardiol kini aktif bermain untuk RB Leipzig. Ia terikat kontrak hingga 2027. Meski usianya tergolong muda, 20 tahun, dirinya telah membuktikan kualitasnya sebagai seorang bek tengah.

Gvardiol selalu menjadi pilihan starter Kroasia di Piala Dunia 2022. Atas performa bagus yang ia tampilkan, ia kabarnya diminati sejumlah klub, seperti Chelsea dan Barcelona.

2. Luka Sucic (20 tahun)

7 Pemain Termuda yang Membela Kroasia di Piala Dunia 2022Luka Sucic (instagram.com/luka_sucic)

Luka Sucic berusia sama dengan Josko Gvardiol, 20 tahun. Dirinya minim pengalaman di level timnas. Pasalnya, Sucic baru menjalani debut bersama Vatreni, julukan Timnas Kroasia, pada 11 Oktober 2021.

Meski terpilih dalam skuad Kroasia di Piala Dunia 2022, Sucic belum mendapat jatah bermain sejauh ini. Pemain yang kini membela klub Austria, RB Salzburg, ini biasa mengisi pos gelandang serang.

3. Josip Sutalo (22 tahun)

7 Pemain Termuda yang Membela Kroasia di Piala Dunia 2022Josip Sutalo (instagram.com/josip.sutalo)

Josip Sutalo adalah pemain yang kini eksis bersama klub lokal Kroasia, Dinamo Zagreb. Dirinya biasa beroperasi sebagai bek tengah. Postur yang mencapai 188 sentimeter sangat mendukung Sutalo bermain di posisi tersebut.

Sayangnya, ia tidak menjadi opsi bek tengah utama Kroasia di Piala Dunia 2022. Faktor pengalaman yang masih minim mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Pasalnya, Sutalo baru debut bersama Vatreni pada 10 Juni 2022.

Baca Juga: Penalti Kontroversial Messi di Duel Argentina vs Kroasia

4. Josip Stanisic (22 tahun)

7 Pemain Termuda yang Membela Kroasia di Piala Dunia 2022Josip Stanisic (instagram.com/josip_stanisic)

Josip Stanisic sejatinya memiliki dua kewarganegaraan, yakni Kroasia dan Jerman. Sempat masuk dalam skuad U-19 Jerman, pemain yang kini berusia 22 tahun ini memutuskan untuk membela Kroasia di level senior.

Debut Stanisic di Vatreni pun terjadi pada 8 Oktober 2021. Biasa mengisi pos bek kanan, Stanisic yang kini membela klub Jerman, Bayern Munich, tidak menjadi pilihan utama di Piala Dunia 2022.

5. Martin Erlic (24 tahun)

7 Pemain Termuda yang Membela Kroasia di Piala Dunia 2022Martin Erlic (instagram.com/martin.erlic)

Martin Erlic termasuk wajah baru di skuad Vatreni yang berangkat ke Piala Dunia 2022 ini. Bukan tanpa sebab, dirinya baru menjalani debut bersama Timnas Kroasia pada Juni 2022 lalu.

Pemain 24 tahun ini kini membela klub Serie A Italia, US Sassuolo. Postur yang mencapai 193 sentimeter sangat mendukung Erlic untuk bermain di posisinya, yakni bek tengah. Kendati demikian, ia belum berkesempatan untuk turun di Piala Dunia 2022 ini.

6. Lovro Majer (24 tahun)

7 Pemain Termuda yang Membela Kroasia di Piala Dunia 2022Lovro Majer (hns-cff.hr)

Lovro Majer kini berkarier di Ligue 1 Prancis bersama Stade Rennais. Pemain yang biasa mengisi pos gelandang serang ini sudah mencatatkan 8 gol dan 12 assist dalam 55 pertandingan bersama Stade Rennais.

Secara pengalaman di timnas, Majer bisa dibilang bukan anak kemarin sore lantaran sudah menjalani debut bersama tim senior Kroasia pada 2017. Sayang, ia cukup jarang dimainkan di Piala Dunia 2022.

7. Borna Sosa (24 tahun)

7 Pemain Termuda yang Membela Kroasia di Piala Dunia 2022Borna Sosa (instagram.com/superrman007)

Borna Sosa kini bermain untuk VfB Stuttgart. Piala Dunia 2022 menjadi Piala Dunia pertama Sosa bersama Kroasia. Pasalnya, dirinya baru debut pada 1 September 2021, setelah Piala Dunia terakhir.

Posisi yang biasa ditempati pemain berpostur 187 sentimeter ini adalah bek kiri dan gelandang kiri. Bermain di Piala Dunia 2022 bakal menjadi batu loncatan bagi kariernya.

Meski membawa beberapa pemain muda, Kroasia tampaknya masih bertumpu pada para pemain veteran. Sebut saja kapten Kroasia Luka Modric, Ivan Perisic, dan Dejan Lovren. Mereka kerap turun sebagai starter di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 9 Gaya Stylish Luka Modric, Kapten Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya