5 Pemain Sepak Bola Zaman Dulu yang Gak Kalah dengan Ronaldo dan Messi

Ada pemain termuda yang mencetak gol di Piala Dunia

Dalam jagat sepak bola, nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan dua nama tertinggi yang ada dalam daftar prestasi dan keahlian dalam mengolah si kulit bundar. Ada nama-nama lain seperti Neymar, Mbappe, Kane, dan lain-lain. Namun tetap Ronaldo-Messi lah yang akan selalu menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia olahraga, terutama sepak bola.

Tapi tahukah kamu jika di zaman dulu, juga terdapat nama-nama besar yang bahkan rekor dan prestasinya sulit untuk disamai dan dipecahkan oleh pemain-pemain sepak bola modern. Siapa sajakah mereka?

1. Giuseppe Meazza

5 Pemain Sepak Bola Zaman Dulu yang Gak Kalah dengan Ronaldo dan Messibljesak.info

Giuseppe Meazza adalah pemain legendaris Italia dan Inter Milan. Lahir di Milan pada 1910, Meazza telah bermain sebanyak 361 kali untuk Inter dan telah menyumbangkan 243 gol untuk tim Biru Hitam tersebut.

Pada saat usianya masih menginjak 18, ia telah melakoni debut dengan rekor gol terbanyak yakni 31 gol pada musim tersebut, dan rekor itu belum ada yang memecahkan. Perlu diketahui bahwa sistem Liga Italia zaman dulu jauh lebih sulit daripada Serie A saat ini. Melansir Britannica, pada 1980 setelah Meazza meninggal dunia, namanya diabadikan sebagai nama stadion Inter Milan.

2. Diego Maradona

5 Pemain Sepak Bola Zaman Dulu yang Gak Kalah dengan Ronaldo dan Messifilmireland.net

Maradona merupakan legenda hidup sepak bola, terutama bagi negaranya, Argentina. Meskipun saat ini ia kerap kali gagal dalam karier kepelatihannya, namun Maradona dulunya merupakan salah satu pemain terhebat dunia.

Pada Piala Dunia 1986 di Meksiko, ia menciptakan sebuah rekor dengan menciptakan gol terbaik. Kala itu pada saat menghadapi Inggris, Maradona menciptakan sebuah gol dengan berlari seorang diri melewati 5 orang pemain Inggris dan berhasil menaklukkan kiper nomor satu Inggris.

Namun meskipun begitu, seperti diberitakan These Football times, Maradona juga menciptakan gol memalukan karena sengaja menggunakan tangan, dan hal tersebut lalai dari pengamatan wasit.

Baca Juga: 10 Potret Hangat Para Pesepak Bola Dunia Bareng Keluarga, Bikin Kagum!

3. Johan Cruyff

5 Pemain Sepak Bola Zaman Dulu yang Gak Kalah dengan Ronaldo dan Messitheweek.co.uk

Mendiang Johan Cruyff memang hanya mengantarkan Belanda menjadi juara kedua pada Piala Dunia 1974 silam. Namun bukan rekor tersebut yang ia bukukan kala itu, melainkan keahlian penguasaan bola dengan taktik Total Football.

Melansir Goal, pemain kelahiran Amsterdam ini melahirkan sebuah filosofi baru dalam sepak bola, yakni penguasaan dan pressing kuat terhadap jalannya pertandingan. Filosofi inilah yang saat ini banyak digunakan dalam sepak bola modern, misalnya Barcelona dan Manchester City, yang terkenal dengan tim yang memiliki pressing mematikan.

4. Franz Beckenbauer

5 Pemain Sepak Bola Zaman Dulu yang Gak Kalah dengan Ronaldo dan Messichinadailyhk.com

Dikenal juga dengan julukan Der Kaiser atau Sang kaisar, Franz Beckenbauer telah menjadi salah satu legenda sepak bola, terutama Jerman. Pada masanya, ia merupakan libero terbaik di dunia. Memiliki gaya anggun dan penguasaan bola yang mendominasi, membuat Sang kaisar sukses menjaga ketat pesaing abadinya kala itu, Johan Cruyff, dan akhirnya memimpin Jerman Barat sukses menjadi juara dunia 1974.

Sampai saat ini sangat sulit menemukan pemain libero (sweeper) yang memiliki determinasi, penguasaan bola, dan skill di atas rata-rata. Dalam dunia sepak bola dari masa ke masa, hanya ada segelintir libero yang bisa diandalkan, dan Beckenbauer merupakan libero terbaik sepanjang masa yang pernah dilahirkan.

5. Pele

5 Pemain Sepak Bola Zaman Dulu yang Gak Kalah dengan Ronaldo dan Messiaftonbladet.se

Dalam jagat sepak bola, tidak ada yang lebih fenomenal dari Pele. Bagaimana tidak, pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento yang kala itu belum genap berusia 18 mampu menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia, bahkan menciptakan hattrick, dan akhirnya mengantarkan Brasil menjadi juara dunia 1958.

Pria kelahiran 1940 silam ini juga mencatatkan namanya di Guiness World Records sebagai pemain yang paling banyak membawa negaranya menjadi juara dunia. Pele memang telah berhasil mengantarkan Tim Samba menjadi juara dunia sebanyak tiga kali, yakni 1958 di Swedia, 1962 di Chili, dan 1970 di Meksiko.

Itulah lima pemain sepak bola zaman dulu yang memiliki rekor dan prestasi luar biasa. Ternyata gak hanya Ronaldo dan Messi saja, bukan?

Baca Juga: Lionel Messi Moncer, Valverde: Bakal Lebih Banyak Gol Lagi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya