Comscore Tracker

5 Fakta Menarik FIFI Wild Cup, Piala Dunia Tandingan FIFA World Cup  

Diadakan oleh negara-negara yang belum diakui FIFA, lho

Penggemar sepak bola atau bukan pasti tahu yang namanya FIFA World Cup (Federation Internationale de Football Association), sebuah pesta sepak bola empat tahunan yang diikuti oleh seluruh negara anggota yang diakui oleh FIFA. Namun, tahukah kamu bahwa FIFA World Cup juga punya saingan yaitu FIFI Wild Cup.

Nama FIFI Wild Cup ini mungkin tidak terlalu banyak diketahui oleh orang-orang karena memang jarang juga dipublikasikan. Kalau begitu kenapa bisa disebut sebagai saingan FIFA World Cup yang dikenal oleh hampir seluruh orang di dunia ini? Kalau penasaran, yuk kita simak artikel ini bersama-sama!

1. Diikuti oleh negara yang tidak diakui FIFA  

5 Fakta Menarik FIFI Wild Cup, Piala Dunia Tandingan FIFA World Cup  planetfootball.com

FIFI Wild Cup atau Federation of International Football Independents Wild Cup adalah pesta olahraga sepak bola yang diadakan oleh negara-negara yang tidak diakui keberadaannya oleh FIFA. Kebanyakan negara-negara ini adalah pecahan dari negara besar yang saat ini memang belum diakui oleh negara lain secara de jure.

Contohnya adalah Tibet yang merupakan daerah otonomi di negeri RRC (Republik Rakyat Cina). Tibet sendiri dulunya adalah sebuah kerajaan merdeka sebelum diserbu oleh tentara Cina pada tahun 1950. Namun, karena perbedaan kekuatan militer yang terlalu besar akhirnya Tibet menyerah dan bergabung dengan Beijing pada awal tahun 2000-an.

2. Hanya diadakan 1 kali  

5 Fakta Menarik FIFI Wild Cup, Piala Dunia Tandingan FIFA World Cup  phayul.com

Tidak seperti FIFA World Cup yang mengadakan pertandingan secara rutin selama 4 tahun sekali, FIFI Wild Cup hanya sempat diadakan satu kali saja pada tahun 2006, tepatnya pada tanggal 29 Mei- 3 Juni atau tepatnya hanya 6 hari saja. Acara ini sendiri diadakan oleh Republik St. Pauli sebagai tuan rumah, tetapi pertandingan berlangsung di Millerntor-Stadion, Jerman.

Baca Juga: PSSI Rapat Bareng FIFA, Piala Dunia U-20 Digelar Sesuai Jadwal

3. Diikuti oleh 6 negara saja  

5 Fakta Menarik FIFI Wild Cup, Piala Dunia Tandingan FIFA World Cup  alleastafrica.com

Peserta dari FIFI Wild Cup ini cukup sedikit, hanya 6 negara saja yaitu Greenland, Siprus Utara, Zanzibar, Gibraltar, Tibet, dan Republik St. Pauli (sebagai tuan rumah). Sepanjang pertandingan ada 33 gol yang tercipta selama 11 pertandingan, selain itu pertandingan ini juga ditonton oleh sekitar 400 penonton saja.

4. Siprus Utara menjadi pemenang  

5 Fakta Menarik FIFI Wild Cup, Piala Dunia Tandingan FIFA World Cup  planetfootball.com

Pada pertandingan yang berlangsung selama 6 hari ini, Siprus Utara berhasil keluar sebagai pemenangnya. Juara kedua diraih oleh Zanzibar dan juara ketiga diraih oleh Gibraltar.

5. Mendapat banyak halangan  

5 Fakta Menarik FIFI Wild Cup, Piala Dunia Tandingan FIFA World Cup  planetfootball.com

Untuk menyelenggarakan pertandingan ini tidak mudah, karena FIFI Wild Cup mendapatkan banyak tekanan dari FIFA dan beberapa negara yang tidak setuju dengan diadakannya acara ini. Meski begitu, akhirnya acara ini pun bisa berjalan dengan lancar dengan sponsor utama oleh gabungan pembiayaan dari beberapa situs judi online.

Jadi, itulah 5 fakta mengenai FIFI Wild Cup, pesta sepak bola bagi negara-negara yang pada waktu itu belum diakui oleh FIFA. Banyaknya halangan dan sepinya penonton mungkin adalah alasan pertandingan ini tidak lagi diadakan, tetapi hal ini adalah usaha yang baik untuk mendukung para atlet sepak bola di negeri para peserta FIFI Wild Cup.

Meskipun negara mereka memiliki beberapa masalah politik, bukan berarti para rakyatnya tidak memiliki hak untuk berkompetisi, bukan? Bagaimana pendapatmu dengan diadakannya acara seperti ini?

Baca Juga: FIFA Dukung Solidaritas Pemain Bundesliga untuk George Floyd  

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya