Jika Tak Dapat Kursi di Mercedes, Bottas Pertimbangkan Tim Lain di F1

Bottas bersaing dengan Russell untuk posisi di Mercedes

Lewis Hamilton telah resmi memperpanjang kontrak dengan Mercedes pada Jumat (2/7/2021) di sela GP Austria. Pembalap asal Inggris itu akan bersama dengan tim berjuluk Silver Arrows itu hingga 2023 mendatang.

Di sisi lain, tanda tanya besar masih menyelimuti Valtteri Bottas. Posisi rekan setim Hamilton itu masih belum pasti di Mercedes. Dengan situasi tersebut, Bottas berencana mencari opsi alternatif jika kehilangan kursi di timnya saat ini.

1. Kontrak Bottas berakhir di akhir musim 2021 dan bersaing dengan Russell untuk mengamankan kursi di Mercedes

Jika Tak Dapat Kursi di Mercedes, Bottas Pertimbangkan Tim Lain di F1Bottas saat berada di paddock Mercedes (formula1.com)

Kursi balap di Mercedes masih tersisa satu. Hal ini disebabkan kontrak Bottas akan berakhir musim ini. Bottas pun juga harus "berhadapan" dengan pembalap Williams, George Russell, untuk mengamankan posisi di tim juara musim lalu tersebut.

Perlu diketahui, Bottas telah bergabung bersama Mercedes sejak 2017 silam. Pembalap asal Finlandia itu direkrut dari Williams. Selama lima musim di tim yang berbasis di Brackley, Inggris, tersebut ia sudah menyumbangkan sembilan kemenangan dan dua runner-up di klasemen pembalap.

2. Mercedes disinyalir beri keputusan pada jeda musim panas

Jika Tak Dapat Kursi di Mercedes, Bottas Pertimbangkan Tim Lain di F1Bottas bersama dengan Team Principal Mercedes Toto Wolff (formula1.com)

F1 masih menyisakan dua balapan sebelum menyambut jeda musim panas pada Agustus mendatang. Disinyalir bahwa Mercedes akan mengambil keputusan apakah tetap mempertahankan Bottas atau menggaet Russell.

“Aku menyadari bahwa ini sudah Juli dan jeda di bulan Agustus akan berlangsung setelah dua balapan usai GP Austria. Jadi, aku yakin kami akan mendiskusikannya, tetapi bukan hari ini atau besok,” kata Bottas dilansir Motorsport.com.

Baca Juga: Bottas Ingin Pastikan Masa Depannya di F1 Saat Jeda Musim Panas

3. Ada tiga opsi tim jika Bottas kehilangan tempat di Mercedes, Williams pilihan realistis

Jika Tak Dapat Kursi di Mercedes, Bottas Pertimbangkan Tim Lain di F1Bottas dalam sebuah sesi wawancara (formula1.com)

Jika pada akhirnya Bottas kehilangan kursi di Mercedes, setidaknya ada tiga tim yang bisa menjadi pelabuhan selanjutnya. Tiga tim itu adalah Red Bull, AlphaTauri, dan Williams. Di antara ketiga opsi itu, Williams merupakan pilihan realistis bagi Bottas jika ingin tetap bertahan di F1. Walau begitu, Bottas tetap berharap bisa bertahan di Mercedes dan akan memakai opsi alternatif jika dibutuhkan.

“Pastinya aku ingin penjelasan dari tim. Apa rencana mereka dan pembalap seperti apa yang mereka inginkan. Hamilton sudah konfirmasi kontrak, sisanya masih kosong. Jadi, tim butuh untuk memutuskan dan aku butuh berdiskusi tentang itu."

4. Russell tak ambil pusing dengan isu yang merebak

Jika Tak Dapat Kursi di Mercedes, Bottas Pertimbangkan Tim Lain di F1Pembalap Williams George Russell_1 (formula1.com)

Sementara itu, Russell yang terus dikaitkan dengan Mercedes mengaku tak terlalu fokus pada situasi yang terjadi saat ini. Baginya, saat ini fokus utamanya adalah performanya di atas lintasan.

“Aku benar-benar tidak menekan semua orang sebab aku ingin berfokus pada pekerjaanku di lintasan. Itu karena pekerjaanku ada di sana dan semuanya akan beres dengan sendirinya,” ucap Russell dilansir Motorsportweek.

“Mercedes mengenalku dengan sangat baik dan aku berhubungan dengan mereka setiap hari selama tiga tahun terakhir. Mereka akan menyelesaikannya ketika mereka percaya bahwa itu waktu yang tepat,” lanjutnya.

5. Hamilton perpanjang kontrak dua tahun dan tetap di Mercedes hingga 2023

Jika Tak Dapat Kursi di Mercedes, Bottas Pertimbangkan Tim Lain di F1Pembalap Mercedes Lewis Hamilton (formula1.com)

Mercedes secara resmi mengumumkan bahwa Lewis Hamilton memperpanjang kontrak selama dua tahun dengan mereka. Pemegang tujuh gelar juara dunia itu bakal tetap berada di tim hingga 2023 mendatang.

“Sulit dipercaya hampir sembilan tahun bekerja dengan tim yang luar biasa dan aku merasa senang kami melanjutkan kerja sama untuk dua tahun mendatang,” kata Hamilton dilansir Formula 1.

Baca Juga: Kilas Balik Kemenangan Perdana Lewis Hamilton di Formula 1 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya