Comscore Tracker

Kimi Raikkonen Putuskan Pensiun dari Formula 1 Akhir Musim 2021

Satu kursi balap kini lowong di Alfa Romeo

Pembalap Alfa Romeo, Kimi Raikkonen memutuskan pensiun dari ajang Formula 1 pada akhir musim 2021. Kontrak pembalap asal Finlandia tersebut juga sudah habis pada akhir musim nanti.

Alhasil, satu kursi lowong kini ada di Alfa Romeo. Kabarnya, pembalap Mercedes Valtteri Bottas akan mengisi posisi yang ditinggalkan Raikkonen musim depan.

1. Sampaikan ‘perpisahan’ melalui Instagram, sudah pikirkan pensiun dari Formula 1 sejak musim dingin tahun 2020

Melalui postingan Instagram, Raikkonen menyampaikan keputusannya akhiri karier di ajang balap yang membesarkan namanya itu. Ia mengaku bahwa putusan itu sudah dirinya pikirkan sejak musim dingin tahun lalu.

“Ini bukan keputusan mudah, tapi selepas musim ini ada hal baru lainnya. Meski musim ini masih berjalan, aku ingin ucapkan terima kasih kepada keluargaku, semua timku, semua orang yang terlibat dalam karier balapku dan khususnya untuk semua penggemarku yang mendukungku”.

2. CEO Formula 1 sebut Raikkonen sosok luar biasa dalam kejuaraan

Kimi Raikkonen Putuskan Pensiun dari Formula 1 Akhir Musim 2021Stefano Domenicali dan Kimi Raikkonen saat bersama di Ferrari (scuderiafans.com)

Munculnya kabar Raikkonen yang tak lagi berkiprah di Formula 1 memantik reaksi dari orang-orang yang pernah bekerja dengannya. CEO Formula 1, Stefano Domenicali adalah salah satunya.

Pria asal Italia itu pernah bekerja di Ferrari saat Raikkonen juara dunia bersama tim berjuluk kuda jingkrak itu pada 2007. Menurutnya, sosok The Iceman akan dirindukan dalam kejuaraan.

“Raikkonen adalah bagian luar biasa dalam olahraga kami, seorang teman dan juara dunia sejati. Aku dapat kehormatan bekerja dengannya di Ferrari dan mengetahui betapa luar biasanya dia. Kami akan selalu merindukannya dan gaya uniknya. Kami mendoakan yang terbaik untuknya dan keluarganya”, kata Domenicali dikutip Formula1.com.

Baca Juga: Formula 1: Usia Boleh Senja, Namun Kimi Raikkonen Tetap Sama

3. Satu kursi kosong tersedia di Alfa Romeo, berpeluang diisi Valtteri Bottas

Kimi Raikkonen Putuskan Pensiun dari Formula 1 Akhir Musim 2021Mobil Alfa Romeo C41 keluar dari garasi tim pada GP Hungaria (twitter.com/alfaromeoracing)

Satu kursi kosong kini tersedia di Alfa Romeo untuk musim 2022 selepas Raikkonen pensiun. Dilansir PlanetF1, akan ada efek domino yang akan terjadi pada susunan pembalap musim mendatang.

Valtteri Bottas disinyalir akan merapat ke tim yang berbasis di Hinwil, Swiss itu. Jika Bottas jadi pindah ke Alfa Romeo, maka satu kursi di Mercedes akan diisi George Russell. Lantas, siapa yang akan gantikan Russell di Williams?

Masih dari sumber yang sama, tim yang dipimpin Jost Capito itu diisukan bakal boyong Alexander Albon kembali ke Formula 1. Albon sendiri saat ini statusnya sebagai pembalap cadangan Red Bull.

4. Capaian Kimi Raikkonen selama 19 musim di Formula 1

Kimi Raikkonen Putuskan Pensiun dari Formula 1 Akhir Musim 2021Capaian Kimi Raikkonen sepanjang berkarier di Formula 1 (twitter.com/F1)

Kimi Raikkonen sudah 19 musim berada di Formula 1. Dari waktu yang selama itu ia mencatatkan beberapa pencapaian. Pembalap kelahiran 17 Oktober 1979 tersebut sudah melakoni 344 seri balap hingga GP Belgia pekan lalu.

Dari jumlah tersebut, The Iceman sukses bukukan 21 kali kemenangan, 18 kali peroleh pole position dan 103 kali naik podium. Perjalanan kariernya semakin lengkap dengan satu gelar juara dunia pada 2007 bersama Ferrari usai ungguli Lewis Hamilton dan Fernando Alonso di klasemen akhir.

5. Jadwal lengkap Formula 1 2021 GP Belanda

Kimi Raikkonen Putuskan Pensiun dari Formula 1 Akhir Musim 2021Suasanan salah satu balapan Formula 1 (formula1.com)

Selain kabar Raikkonen gantung helm, Formula 1 kini juga disibukkan dengan seri ke-13 musim 2021 yang berlangsung di sirkuit Zandvoort, Belanda akhir pekan ini. Nah, biar kalian gak kelewatan bisa langsung cek jadwal lengkapnya berikut ini.

  • Jumat. 3 September 2021

Sesi latihan 1: 16.30 - 17.30 WIB

Sesi latihan 2: 20.00 - 21.00 WIB

  • Sabtu, 4 September 2021

Sesi latihan 3: 17.00 - 18.00 WIB

Kualifikasi: 20.00 - 21.00 WIB

  • Minggu, 5 September 2021

Main Race: 20.00 - 22.00 WIB

Baca Juga: 10 Kemenangan Terbaik Kimi Raikkonen, Juara Dunia Terakhir Ferrari

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya