Momiji Nishiya Raih Emas Olimpiade Tokyo di Usia 13 Tahun!

Ia menang di cabang olahraga skateboard #Tokyo2020

Sejarah baru tercipta di gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Seorang skateboarder muda asal Jepang berhasil menyabet medali emas di usia yang masih sangat belia, 13 tahun!

Dialah Momiji Nishiya. Atlet skateboard asal Jepang itu sukses mempersembahkan medali tertinggi di hadapan publik sendiri. Ia unggul atas skateboarder asal Brasil Rayssa Leal dan rekan senegaranya, Funa Nakayama.

1. Momiji Nishiya meraih emas di cabang olahraga skateboard kategori women’s street

Momiji Nishiya Raih Emas Olimpiade Tokyo di Usia 13 Tahun!Momiji Nishiya saat meraih medali emas (twitter.com/inquirerdotnet)

Dilansir BBC, Momiji Nishiya sukses meraih emas di kategori women’s street setelah memperoleh total poin 15,26 pada sesi final. Wanita kelahiran Osaka itu unggul 0,62 poin dari Rayssa Leal. 

Sementara itu, Funa Nakayama berhasil meraih medali perunggu usai menuntaskan babak final dengan perolehan 14.49 poin.

2. Momiji Nishiya tambah medali emas Jepang di cabang olahraga skateboard

Momiji Nishiya Raih Emas Olimpiade Tokyo di Usia 13 Tahun!Skateboarder Jepang Yuto Horigome dan Momiji Nishiya (twitter.com/Olympics)

Kesuksesan Momiji Nishiya pada cabang olahraga skateboard ini semakin menambah perolehan emas Jepang pada cabor tersebut.

Sebelumnya, Yuto Horigome lebih dulu persembahkan emas pada kategori men’s street dengan meraih total poin 37,18 di babak final.

Baca Juga: Koalisi Pejalan Kaki: Dasar Hukum Bermain Skateboard di Trotoar Apa?

3. Tercatat sebagai peraih medali emas termuda dalam sejarah cabang olahraga skateboard di Olimpiade

Momiji Nishiya Raih Emas Olimpiade Tokyo di Usia 13 Tahun!Para peraih medali Olimpiade Tokyo di cabor skateboard kategori women's street (twitter.com/Telegraph)

Tak hanya meraih emas, Momiji Nishiya juga mencatat sejarah sebagai peraih emas olimpiade termuda di cabang olahraga skateboard. Perlu diketahui, skateboard merupakan salah satu cabang olahraga yang baru dipertandingkan di Olimpiade pada gelaran tahun ini.

Sementara itu, rekor peraih medali emas Olimpiade termuda masih dipegang oleh Marjorie Gestring, atlet loncat indah asal Amerika Serikat. Ia meraih emas pada Olimpiade Berlin 1936 saat berusia 13 tahun 267 hari, lebih muda 63 hari dari Momiji Nishiya.

4. Podium skateboard kategori women’s street juga catatkan rekor unik, apa itu?

Di sisi lain, komposisi atlet yang naik podium di cabang skateboard kategori women’s street terbilang unik. Ini terjadi karena selain Momoji Nishiya, Leal Rayssa, dan Funa Nakayama masih berusia di bawah 17 tahun.

Leal Rayssa peroleh perak pada usia 13 tahun dan Funa Nakayama memperoleh perunggu di usia 16 tahun. Rata-rata umur ketiga atlet pun 14 tahun 191 hari. Ini menjadi rata-rata podium individual termuda dalam sejarah gelaran Olimpiade.

5. Semangat anak muda, alasan skateboard dipertandingkan pertama kali di Olimpiade Tokyo

Momiji Nishiya Raih Emas Olimpiade Tokyo di Usia 13 Tahun!Momiji Nishiya saat tampil di cabor skateboard Olimpiade Tokyo (twitter.com/Tokyo2020)

Sebelum Olimpiade Tokyo, skateboard belum pernah dipertandingkan di gelaran akbar empat tahunan itu.

Dikutip dari situs resmi Olimpiade, salah satu alasan mengapa skateboard dipertandingkan di Olimpiade Tokyo karena cabang olahraga ini memiliki kegembiraan dan semangat anak muda yang layak ditunjukkan kepada dunia.

 

Kesuksesan Momiji Nishiya, Leal Leal Rayssa, dan Funa Nakayama meraih medali di usia muda telah membuktikan bahwa anak muda bisa bersinar dengan cara yang mungkin tidak pernah diprediksi sebelumnya pada panggung besar seperti Olimpiade.

Baca Juga: Sejarah, Kakak-Adik Sabet Medali Emas di Olimpiade Tokyo

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya