Comscore Tracker

Digelar di Italia, RNF Racing Resmi Luncurkan Motor untuk MotoGP 2022

RNF Racing akan diperkuat Andrea Dovizioso dan Darryn Binder

Setelah Gresini Racing meluncurkan motor untuk MotoGP musim 2022, kini giliran RNF Racing yang secara resmi menampilkan motor mereka ke hadapan publik. Dalam acara yang berlangsung di Philharmonic Theater, Verona, Italia itu hadir pula dua pembalap RNF Racing Darryn Binder dan Andrea Dovizioso.

Lantas, seperti apa tanggapan Darryn Binder dan Dovizioso pada motor tim dengan nama resmi WithU Yamaha RNF MotoGP Racing? Dan, seperti apa harapan kedua pembalap menyongsong musim 2022 ini?

1. Tak hanya luncurkan motor untuk MotoGP, RNF Racing juga tampilkan motor untuk kelas MotoE

Digelar di Italia, RNF Racing Resmi Luncurkan Motor untuk MotoGP 2022acara peluncuran motor MotoGP dan MotoE RNF Racing (motogp.com)

Dalam acara peluncuran yang disiarkan melalui kanal YouTube tim pada Senin (24/1/2022) malam WIB, RNF Racing tak hanya meluncurkan motor untuk kelas MotoGP saja. Mereka juga merilis motor untuk MotoE yang dihadiri oleh Niccolo Canepa.

Memang, RNF Racing tak hanya turun di kelas utama MotoGP saja. Tim yang sebelumnya bernama Sepang Racing Team (SRT) itu sudah merambah ke kelas MotoE sejak musim 2020. 

Komposisi pembalap untuk WithU GRT RNF MotoE Team tak hanya diisi oleh Niccolo Canepa saja. Ada juga pembalap asal Inggris Bradley Smith yang tergabung dalam tim. Sayangnya, ia tak bisa hadir langsung ke Italia dalam acara peluncuran.

2. Bos tim RNF Racing sampaikan target yang ingin diraih pada musim 2022

Digelar di Italia, RNF Racing Resmi Luncurkan Motor untuk MotoGP 2022Darryn Binder dan Andrea Dovizioso (motogp.com)

RNF Racing nantinya akan menggunakan motor Yamaha YZR-M1 melanjutkan kerja sama yang telah terjalin sejak masih bernama SRT. Razlan Razali selaku bos tim menyampaikan target yang ingin dicapai pada musim 2022.

“Untuk musim 2022 ini, kami ingin menjadi yang terbaik untuk tim Independen. Kami ingin bertarung untuk gelar Rookie of the Year, walaupun kami tahu ini tantangan besar dengan ada lima rookie di musim ini. Darryn adalah satu-satunya yang melompat dari Moto3 ke MotoGP.

Untuk Dovizioso, dia harus membuktikan banyak hal setelah cuti lebih dari enam bulan. Dia tentunya ingin membuktikan tak hanya untuk dirinya saja, tetapi juga untuk semua orang. Dia ingin membuktikan bahwa dia masih ada motivasi, pengalaman, dan dorongan untuk memperebutkan gelar juara dunia,” kata Razali dilansir Motorsport.com.

Baca Juga: SRT Ganti Nama Jadi RNF Racing, Bertahan di MotoGP hingga 2026

3. Andrea Dovizioso bersiap mengarungi musim 2022 bersama RNF Racing

Digelar di Italia, RNF Racing Resmi Luncurkan Motor untuk MotoGP 2022Andrea Dovizioso berfoto bersama motor YZR-M1 milik RNF Racing (motogp.com)

Andrea Dovizioso yang bergabung ke tim sejak GP San Marino musim lalu mengaku siap menghadapi musim 2022. Sejumlah persiapan dilakukannya seperti berlatih di gym dan mengendarai motocross. Pembalap asal Italia itu juga telah melepas plat pada tulang selangka agar lebih nyaman untuk membalap.

“Aku sangat senang memulai musim ini setelah lima balapan tahun baru sebab itu sangat penting untuk membalap dengan motor Yamaha. Aku yakin ini akan membantuku saat tes pramusim dan balapan musim ini.

Aku kini lebih banyak tahun tentang motor, teknisi, dan juga tim secara keseluruhan. Warna baru menambah gambaran yang menakjubkan dan saya menantikan tes di Sepang. Dua tahun terakhir kami tak bisa ke sana, jadi sangat senang bisa kembali ke Sepang,” kata Dovizioso dikutip MotoGP.com.

4. Berstatus rookie, Darryn Binder tak sabar menghadapi ketatnya persaingan di kelas utama

Digelar di Italia, RNF Racing Resmi Luncurkan Motor untuk MotoGP 2022Darryn Binder berfoto bersama motor YZR-M1 milik RNF Racing (motogp.com)

Sebagai rookie, Darryn Binder sudah tak sabar berkompetisi di kelas utama MotoGP. Adik Brad Binder tersebut juga memuji penampilan livery motor yang akan ditungganginya selama musim 2022. Lebih lanjut, dirinya akan berupaya meningkatkan performanya secara bertahap bersama dengan tim.

“Aku sangat bersemangat untuk musim pertamaku di MotoGP. Tujuan kami melakukan selangkah demi selangkah. Pastinya, ini adalah lompatan besar dari Moto3 ke MotoGP dan aku hanya ingin melakukannya secara bertahap dan membangun setinggi yang saya bisa.

Aku tak ingin melakukan apa pun yang sangat gila. Lebih baik untuk melakukan secara bertahap dan bertumbuh dengan pelan tap pasti. Aku benar-benar bersemangat, sekarang aku tidak sabar mengikuti tes Sepang untuk menyelesaikan semuanya,” ungkap Darryn.

5. Beberapa tim akan melakukan acara peluncuran, catat jadwalnya!

Digelar di Italia, RNF Racing Resmi Luncurkan Motor untuk MotoGP 2022siluet motor MotoGP (motogp.com)

Setelah Gresini Racing dan RNF Racing masih ada beberapa tim yang akan melakukan peluncuran motor dalam beberapa waktu mendatang. Agar kalian tidak ketinggalan, ada baiknya menyimak daftar lengkapnya berikut ini seperti dilansir MotoGP.com.

  • 27 Januari 2022: KTM Factory Racing
  • 4 Feburari 2022: Yamaha Factory Racing
  • 7 Februari 2022: Ducati Lenovo Team
  • 8 Februari 2022: Repsol Honda Team
  • 9 Februari 2022: LCR Honda

Dari daftar tersebut tim mana yang paling kalian nanti untuk acara peluncurannya? Semoga kalian sabar menant,i ya!

Baca Juga: RNF Racing Resmi Bermitra dengan Yamaha untuk MotoGP Musim 2022

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya