Bela Timnas Belgia Lebih Dari 100 Kali, Ini Profil Jan Vertonghen

#WorldCup2018 Bek andalan skuat Setan Merah nih!

Belgia menjadi sorotan di akhir Piala Dunia 2018. Prestasi gemilang generasi emas skuat Setan Merah menorehkan sejarah baru. Untuk kedua kalinya bisa lolos dari perempat final setelah prestasi pada Piala Dunia 1986.

Ada fakta menarik dari skuat inti Belgia di Piala Dunia 2018. Jan Vertonghen, bek andalan Roberto Martinez ini ternyata sudah 11 tahun lebih membela timnas Belgia. Lewat 102 pertandingan Vertonghen menyumbang 8 gol, termasuk pada laga sengit kontra Jepang di babak 16 besar.

Bek berusia 31 tahun ini menyimpan beberapa fakta menarik lain. Yuk, simak profil lengkapnya!

1. Bermain bola sejak usia 20 tahun

Bela Timnas Belgia Lebih Dari 100 Kali, Ini Profil Jan Vertongheninstagram.com/jvertonghen

Jan Vertonghen menyukai sepak bola sejak kecil. Ia mengawali karirnya pada usia 20 tahun bergabung dengan klub VK Tielrode dari 1997 hingga 2000. Klub selanjutnya yang ia singgahi adalah Germinal Beerschot dan Ajax, masing-masing selama 3 tahun. Bahkan karirnya di Ajax Amsterdam dilanjutkan hingga menjadi pemain senior.

2. Dibesarkan di keluarga pecinta sepak bola

Bela Timnas Belgia Lebih Dari 100 Kali, Ini Profil Jan Vertongheninstagram.com/jvertonghen

Lahir di Sint-Niklaas, Vertonghen berkewarganegaraan Belgia sejak kecil. Ia adalah anak dari pasangan Paul Vertongen dan Ria Mattheeuws. Kedua saudara lelakinya, Ward dan Lode, juga berstatus pemain sepak bola. Wajar jika Vertonghen begitu mencintai karirnya, ia dibesarkan dalam keluarga yang menggemari sepak bola.

3. Masuk ke timnas Belgia mulai tahun 2006

Bela Timnas Belgia Lebih Dari 100 Kali, Ini Profil Jan Vertongheninstagram.com/jvertonghen

Di tahun yang sama saat kontraknya dengan Ajax Amsterdam diperpanjang, Vertonghen bergabung bersama timnas Belgia under-21. Baru setahun kemudian di tahun 2007, ia ikut meramaikan UEFA Championship U21 sebagai anggota skuat inti The Red Devils.

Jika dihitung sampai sekarang, Vertonghen sudah 11 tahun lebih membela timnas Belgia. Dari 102 caps, ia turut menyumbang 8 gol termasuk pada laga kontra Jepang yang berlangsung sengit di 16 besar Piala Dunia 2018.

Berkat prestasinya ini, Vertonghen tercatat sebagai pemain timnas Belgia dengan caps terbanyak sepanjang sejarah. Wah, keren banget ya!

4. 220 kali membela Ajax Amsterdam, 187 kali merumput untuk Tottenham Hotspur

Bela Timnas Belgia Lebih Dari 100 Kali, Ini Profil Jan Vertongheninstagram.com/jvertonghen

Jan Vertonghen cukup lama bermain untuk Ajax Amsterdam. Dari tahun 2006-2012, Vertonghen menjaga lini pertahanan Ajax sebanyak 220 kali. Meski berposisi sebagai bek, 28 gol berhasil ia sumbangkan lho!

Lepas dari Ajax, Vertonghen merumput untuk Tottenham Hotspur hingga saat ini. Ia bermain di klub besar Inggris itu bersama Harry Kane, pahlawan timnas The Three Lions yang sempat cetak hatrick saat laga kontra Panama.

5. Ayah dari 2 orang anak

Bela Timnas Belgia Lebih Dari 100 Kali, Ini Profil Jan Vertongheninstagram.com/jvertonghen

Mengulik kehidupan pribadinya, Vertonghen adalah ayah dari 2 orang anak. Ia menikahi Sophie de Vries pada tahun 2014 dan telah dikarunia sepasang anak laki-laki dan perempuan.

Paket komplit deh, bersinar di lapangan hijau dan sosok daddy material banget di rumah. Gimana, jadi ngefans gak sama bek andalan Belgia ini?

Dian Arthasalina Photo Verified Writer Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya