Inilah 5 Kemenangan Liverpool Setara dengan The Miracle of Istanbul

You'll never walk alone!

Momen The Miracle of Istanbul pada Final Liga Champions 2005 mungkin saja tak akan pernah terulang. Kisah 1001 malam paling dramatis dalam sejarah sepak bola dunia. Piala yang hampir menjadi milik Paolo Maldini, dkk harus direbut oleh kegigihan dan semangat juang Steven Gerrard dan kolega.

Namun, kemenangan epik Liverpool atas lawannya sebenarnya tak hanya terjadi pada malam itu. Berikut lima pertandingan The Reds yang akan mengingatkan kalian betapa semangat juang para pemain Liverpool di Istanbul telah turun-temurun ke generasi selanjutnya.

1. Semi final Liga Champions 2019

Inilah 5 Kemenangan Liverpool Setara dengan The Miracle of Istanbulbleacherreport.com

Siapa yang akan menyangka tim sekelas Liverpool dibuat tak berkutik dengan tiga gol tanpa balas oleh Messi, Suarez, dkk di Camp Nou pada Leg 1 Semifinal Liga Champions 2019. Namun, siapa yang lebih tak terkejut melihat tim asuhan Jurgen Klopp mampu mengembalikan keadaaan melalui permainan magisnya, walau tanpa bintang andalan mereka Firmino dan Mohamad Salah.

The Reds akhirnya melaju ke final setelah menang agregat 4-3 atas Barcelona melalui brace yang masing-masing dicetak oleh Wijnaldum dan Divock Origi di Anfield Stadium. Epic comeback!

2. Final Piala Super Eropa 2019

Inilah 5 Kemenangan Liverpool Setara dengan The Miracle of Istanbuluefa.com

Final Piala Super Eropa 2019 berhasil mempertemukan sesama tim asal Inggris, yakni Liverpool dengan Chelsea.

Momentum 2005 tampaknya masih sangat membekas bagi The Reds. Para pemain asuhan Jurgen Klopp tersebut berhasil melakukannya ‘lagi’ di tempat yang sama, Istanbul. Kali ini korbannya ialah sesama tim London, Chelsea. Sempat tertinggal 0-2 di babak pertama, Sadio Mane Cs bangkit di babak kedua dengan menyamakan kedudukan menjadi imbang 2-2.

Pertandingan pun di lanjutkan ke babak tambahan waktu, namun hingga usai tak ada gol tambahan. Di babak adu penalti Liverpool akhirnya berhasil unggul 5-4 sekaligus memastikan gelar Piala Super Eropa 2019, seperti yang mereka lakukan 14 tahun silam ketika moment The Miracle of Istanbul terjadi.

Baca Juga: Performa Moncer, Bukayo Saka Masuk Radar Liverpool dan Dortmund 

3. Babak 16 besar Carabao Cup 2019

Inilah 5 Kemenangan Liverpool Setara dengan The Miracle of Istanbulliverpoolfc.com

Pertandingan Liverpool yang tak kalah berkelas adalah ketika The Reds menjamu pasukan Meriam London pada babak 16 besar Piala Liga Inggris 2019. Drama 10 gol tersaji di Anfield Stadium.

Divock Origi menyelamatkan muka Liverpol dengan golnya di penghujung laga pada menit 90+4 sekaligus menyeimbangkan keadaan menjadi 5-5. Hasil tersebut memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti. Pada babak ini, Caoimhin Kelleher, kipper The Reds berhasil menggagalkan eksekusi Dani Ceballos sekaligus memastikan kemenangan bagi pasukan Jurgen Klopp.

4. Perempat final Liga Eropa 2016

Inilah 5 Kemenangan Liverpool Setara dengan The Miracle of Istanbulliverpoolfc.com

Pada Quarter Final Liga Eropa 2016, Liverpool berjumpa dengan Borussia Dortmund. Pada leg I, Dejan Lovren dan kolega berhasil menahan imbang Dortmund.

Pertandingan leg 2 digelar di Anfield Stadium. Walau di babak I Liverpool harus tertinggal 0-2 dari Borrusia Dortmund, namun mereka berhasil melakukan comeback dengan skor akhir 4-3.

Kemenangan Liverpool tak terlepas dari tandukan Dejan Lovren di penghujung laga setelah menerima crossing dari James Milner. Hasil tersebut sekaligus membuat pasukan The Reds melaju ke babak semifinal dengan agregat 5-4 atas The Borussians.

5. Pertandingan melawan Norwich City pada Liga Inggris 2016 

Inilah 5 Kemenangan Liverpool Setara dengan The Miracle of Istanbulskysports.com

Pada 23 Januari 2016 dalam lanjutan Liga Inggris, Liverpool melakoni pertandingan away ke markas Norwich City. Sempat tertinggal 3-1 dari tuan rumah, The Reds bangkit dan berbalik unggul 4-3 pada menit ke-75. Meski sempat disamakan menjadi 4-4 pada menit ke 90+2, namun gol Lallana menjadi penentu di akhir laga pada menit ke 90+5 sekaligus menjadi gol kemenangan bagi Liverpool. Class!  

Itulah beberapa kemenangan The Reds yang setara dengan The Miracle of Istanbul. Bagaimana, menarik untuk melihat kembali pertandingan tersebut?

Baca Juga: Timo Werner Semakin Mendekat ke Liverpool

Dimas Aji Sulistyo Photo Writer Dimas Aji Sulistyo

Kalau kamu menjadi saya, kamu tau apa yang saya rasakan. Tapi kamu bukanlah saya :')

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya