5 Pemain Belanda Terbaik yang Pernah Bela Barcelona, Termasuk Koeman!

Ada pemain keturunan Indonesia juga! #IDNTimesSport

Setelah kedatangan Ronald Koeman sebagai arsitek baru di Barcelona, para pemain dari Negeri Kincir Angin mulai berdatangan lagi di Camp Nou. Hal tersebut membuat fans bertanya-tanya, apakah mereka mempunyai kualitas yang mumpuni untuk bermain bersama Barcelona, atau hanya sekedar karena berasal dari negara yang sama dengan sang pelatih?

Namun, dibalik itu semua, Barcelona memang punya catatan apik soal pemain asal Belanda yang merumput di Camp Nou. Beberapa pemain tersebut bahkan mampu menjadi legenda dan sangat dihormati para fans karena pencapaiannya yang luar biasa bersama klub.

Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Johan Cruyff (1973-1978)

5 Pemain Belanda Terbaik yang Pernah Bela Barcelona, Termasuk Koeman!potret Johan Cruyff (fcbarcelonanoticias.com)

Johan Cruyff adalah pesepak bola terbaik sekaligus pemain Belanda terhebat sepanjang masa yang pernah membela Barcelona selama lima musim setelah tiba dari Ajax pada pertengahan tahun 1973.

Bersama El Barca, Cruyff berhasil mengantarkan klub yang bermarkas di Camp Nou itu meraih gelar LaLiga pertama mereka sejak 1960. Kelincahan, inteligensi tinggi, dan keunggulan, semuanya ada pada diri Johan Cruyff. Filosofi permainannya pun diharapkan bisa diwarisi oleh para pemain Barcelona sekarang.

2. Ronald Koeman (1989-1995)

5 Pemain Belanda Terbaik yang Pernah Bela Barcelona, Termasuk Koeman!potret Ronald Koeman (goal.com)

Menjabat sebagai pelatih kepala FC Barcelona musim ini, perlu kamu ketahui bahwa, Ronald Koeman adalah mantan bek dan gelandang bertahan penting milik El Barca di era 90-an. Bermain selama enam musim di Barcelona, Koeman mampu mencetak 67 gol dari 192 penampilannya.

Koeman memiliki kemampuan yang lengkap. Sebagai pemain bertahan, ia mempunyai kemampuan untuk menyerang dan mencetak gol-gol hebat untuk tim asuhan Johan Cruyff kala itu. Koeman memang terkenal dengan keahliannya dalam mengeksekusi bola mati. Total ia sudah mencetak 67 gol dari 192 pertandingan. Koeman tercatat sebagai salah satu pemain bertahan paling produktif bersama Blaugrana.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Berpotensi Jadi Suksesor Gerard Pique di Barcelona

3. Patrick Kluivert (1998-2004)

5 Pemain Belanda Terbaik yang Pernah Bela Barcelona, Termasuk Koeman!potret Patrick Kluivert (barcaacademy.fcbarcelona.com)

Setelah berkembang sebagai generasi emas yang dimiliki Ajax Amsterdam, Kluivert akhirnya menandatangani kontrak dengan Louis van Gaal yang kala itu menjabat sebagai pelatih Barcelona di tahun 1998.

Meski hanya berhasil menyumbangkan satu trofi, yaitu Copa Del Rey di musim 98/99, ia berhasil membuat duet yang menakutkan di lini depan Blaugrana bersama Rivaldo. Bersama Barcelona, Kluivert mampu tampil di 257 kali dengan berhasil mencetak 122 gol serta 59 assist yang membuatnya kini menjadi salah satu legenda Barcelona.

4. Frank de Boer (1999-2003)

5 Pemain Belanda Terbaik yang Pernah Bela Barcelona, Termasuk Koeman!potret Frank de Boer (marca.com)

Pada tahun 2000, Frank de Boer sempat dinyatakan positif menggunakan zat-zat terlarang. Hal tersebut menodai karier sepak bola Frank de Boer ketika sedang berada di masa-masa jayanya bersama Barcelona.

Kemampuan dalam bertahan dengan intelegensi dan fisik yang kuat membuat mantan pemain belakang itu sering ikut membantu lini penyerangan. Frank de Boer sangat berperan penting selama lima tahun kiprahnya di Camp Nou. Meskipun hanya memenangkan satu gelar LaLiga, tetapi dia sangat dihormati oleh klub dan para penggemarnya.

5. Giovanni van Bronckhorst (2003-2007)

5 Pemain Belanda Terbaik yang Pernah Bela Barcelona, Termasuk Koeman!potret Giovanni van Bronckhorst (football-espana.net)

Salah satu mantan pemain top yang masih mempunyai darah Indonesia adalah Giovanni van Bronckhorst. Pemain yang membuat 106 caps bersama timnas Belanda itu sebelumnya bermain untuk Arsenal pada medio 2001 hingga 2003.

Bermain dengan status pinjaman di musim pertamanya bersama Barcelona, Van Bronckhorst dipermanenkan semusim kemudian setelah penampilannya yang cemrlang di posisi barunya, yaitu bek kiri. Van Bronckhorst adalah tokoh utama dari kebangkitan Blaugrana pada pertengahan 2000-an yang sekaligus membuat Barcelona memenangkan gelar Liga Champions dan LaLiga secara berturut-turut.

Apakah karier para pemain Belanda yang kini bermain untuk Barcelona bisa secemerlang nama-nama di atas? Menarik untuk kita tunggu kiprah mereka bersama Blaugrana musim ini.

Baca Juga: Dosa Barcelona pada Bursa Transfer 21/22 kepada 5 Pemain Ini

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya