Comscore Tracker

Penuh Fantasi, 6 Rekrutan Aneh Manchester City di Era Premier League

Ada yang ingat Teerasil Dangda? #IDNTimesSport

Sebagai salah satu tim besar di Liga Primer Inggris, Manchester City yang merupakan juara bertahan Premier League musim lalu kini diperkuat oleh pemain-pemain bintang dengan harga selangit. Dalam beberapa tahun ke belakang Manchester City juga dikenal sebagai klub yang jor-joran dalam membeli pemain seakan rekening mereka tidak terbatas.

Namun, ternyata klub sebesar Manchester City dengan dana unlimited ini pernah memiliki kebijakan transfer yang bikin penggemar sepak bola mengernyitkan dahi.

Mereka pernah merekrut pemain-pemain yang tergolong bukan kelasnya Manchester City. Berikut ini merupakan 6 rekrutan terkonyol Manchester City yang tergolong aneh selama era Premier League.

1. Teerasil Dangda, Kiatprawut Saiwaeo, dan Suree Sukha

Penuh Fantasi, 6 Rekrutan Aneh Manchester City di Era Premier Leaguepotret Trio Thailand ketika diresmikan Man. City (givemesport.com)

Manchester City pernah dimiliki oleh mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra ketika ditukangi oleh mantan pelatih timnas Inggris, Sven-Göran Eriksson. 

Pada sesi pengenalan Eriksson sebagai pelatih baru, turut serta diperkenalkan tiga pemain Thailand yang tentunya para penggemar di Inggris tidak memiliki cukup informasi terkait asal usul ketiga pemain tersebut. Ketiga pemain itu adalah Teerasil Dangda, Kiatprawut Saiwaeo, dan Suree Sukha. 

Seperti yang kita duga, ketiga pemain ini sama sekali tidak pernah mendapatkan menit bermain saat membela Manchester City. 

2. John Burridge

Penuh Fantasi, 6 Rekrutan Aneh Manchester City di Era Premier Leaguepotret John Burridge, pemain tertua di Premier League (the18.com)

Burridge menjadi pemain tertua yang pernah direkrut oleh Manchester City. Bahkan, sebelum bergabung bersama The Citizens, ia merupakan penjaga gawang tertua di premier league ketika membela Newcastle United.

Di usianya yang meginjak 43 tahun, nyatanya kiper yang sudah malang melintang di beberapa klub medioker Liga Inggris tersebut masih bisa tampil di 4 pertandingan bersama City.

Baca Juga: Kisah Fabrizio Romano, Sang Pakar Bursa Transfer di Dunia Sepak Bola

3. Owen Hargreaves

Penuh Fantasi, 6 Rekrutan Aneh Manchester City di Era Premier Leaguepotret Owen Hargreaves saat di Manchester City (mirror.co.uk)

Hargreaves merupakan mantan pemain hebat ketika bermain untuk Bayern Munchen selama tahun 1999 hingga 2007. Kehebatannya membuat Manchester United kepincut dan memboyongnya pada Juli 2007. Namun, Hargreaves mengalami penurunan performa kala bermain bersama Manchester United. Ia hanya mampu mencatatkan 27 penampilan selama lima musim membela The Red Devils.

Gagal bersama MU, ternyata Manchester City menaruh minat kepada Hargreaves. Pindah ke klub rival ternyata tak membantu karir Hargreaves. Tercatat, ia hanya bermain empat kali di semua kompetisi bersama The Citizens.

4. Andrea Mancini

Penuh Fantasi, 6 Rekrutan Aneh Manchester City di Era Premier Leaguepotret Roberto Mancini bersama anaknya, Andrea Mancini (thesun.ie)

Praktik nepotisme ternyata juga terjadi di dunia sepak bola Eropa. Pada tahun 2010 silam,  ketika Roberto Mancini menakhodai tim asal kota Manchester tersebut, ia merekrut putranya sendiri yaitu Andrea Mancini.

Setelah sebelumnya hanya pernah bermain untuk tim junior Bologna, Andrea Mancini tidak pernah sekali pun bermain di laga resmi yang dilakoni Manchester City. Akhirnya ia hanya dipinjamkan ke beberapa klub papan bawah Eropa. Seja saat itu, karirnya seakan menguap begitu saja.

5. Geronimo Rulli

Penuh Fantasi, 6 Rekrutan Aneh Manchester City di Era Premier LeagueGeronimo Rulli pernah direkrut Manchester City (thesun.co.uk)

Setelah menjadi penjaga gawang utama Argentina di ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Rulli dibeli oleh Manchester City seharga 4 juta pound atau sekitar Rp81 milliar dari klub Paraguay, Deportivo Maldonado.

Penampilan apiknya bersama timnas Argentina ternyata tidak terbukti di kancah Premier League. Ia kemudian dipinjamkan ke Real Sociedad ketika City lebih mempercayakan gawang mereka dijaga oleh Claudio Bravo dan Willy Cabalero.

6. Mix Diskerud

Penuh Fantasi, 6 Rekrutan Aneh Manchester City di Era Premier LeagueMix Diskerud saat berseragam NY City (starsandstripesfc.com)

Di tahun 2016, Manchester City pernah meneken kontrak dengan salah satu pemain yang berasal dari sister klub mereka, New York City FC. Pemain tersebut bernama Mix Diskerud.

Perekrutan ini sempat membuat publik dan fans bertanya-tanya alasan dibalik keputusan yang dilakukan oleh Manchester City ini. Pasalnya, saat itu gelandang City sudah berisikan materi-materi kelas dunia. Kemampuan Mix Diskerud dianggap tak akan memperkuat apa yang telah mereka miliki di dalam skuad.

Nyatanya Mix Diskerud juga tidak dipinjamkan ke beberapa sister klub Manchester City lainnya. Sesuai perkiraan, pemain berkewarganegaraan Amerika Serikat ini tidak pernah mencatatkan sekalipun penampilan bersama The Citizens.  

Itulah 6 rekrutan teraneh yang pernah dilakukan Manchester City. Meskipun saat ini Manchester City dikenal sebagai salah satu raksasa sepakbola Inggris bermaterikan skuad yang diisi oleh pemain-pemain mahal berlabel bintang, nyatanya mereka juga pernah melakukan kebijakan transfer yang konyol dan tidak masuk akal.

Baca Juga: Selangkah Lagi, ManCity Cetak Rekor Transfer Jack Grealish

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 4 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya