10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade Tokyo

Sepuluh pemain dari delapan klub akan mewakili lima negara

Sebanyak 10 bintang dari sembilan klub Liga Premier Inggris 2021/2022 akan beraksi di Olimpiade Tokyo 2020 pada cabang olahraga sepak bola putra yang akan dimulai Kamis (22/7/2022). Manchester United serta Brighton & Hove Albion merupakan penyumbang pemain terbanyak dalam kompetisi tersebut, yaitu dua pemain untuk masing-masing klub.

Lantas, siapa sajakah pemain Liga Premier yang akan membela negaranya di Olimpiade musim panas tahun ini? Berikut daftarnya! 

1. Winston Reid - West Ham

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoKapten West Ham Winston Reid (irishmirror.ie)

Bek tengah milik West Ham United, Winston Reid bakal memperkuat Selandia Baru di Olimpiade Tokyo bulan ini, pelatih Danny Hay mengkonfirmasi pada Jumat (2/7/2021) bahwa akan membawa Reid untuk memenuhi kuota pemain di atas 24 tahun.

2. Chris Wood - Burnley

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoChris Wood (premierleague.com)

Wood adalah salah satu dari tiga pemain di atas usia 24 tahun dalam skuat The OlyWhites. Ia mencetak gol pembuka dari titik putih pada partai uji coba jelang Olimpiade Tokyo 2020. Wood bermain selama 82 menit dalam laga yang berakhir dengan kemenangan Selandia Baru 2-0 atas Australia.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

3. Tudor Baluta - Brighton & Hove Albion

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoTudor Baluta (brightonandhovealbion.com)

Tudor Baluta telah resmi masuk dalam skuat Rumania untuk mengarungi Olimpiade tahun ini. Baluta telah menghabiskan masa pinjamannya di Dynamo Kiev dan ADO Den Haag. Di Brighton, pemain 22 tahun tersebut hanya memiliki waktu bermain yang terbatas. Untuk itu, Olimpiade kali ini akan menjadi panggung pembuktian seorang Tudor Baluta.

4. Alexis Mac Allister - Brighton & Hove Albion

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoAlexis Mac Allister (mundoalbiceleste.com)

Argentina telah mendaftarkan gelandang Brighton & Hove Albion, Alexis MacAllister dalam skuad Olimpiade mereka.  MacAllister diharapkan mampu membawa Tim Tango meraih medali emas ketiga mereka.

Dia mencetak gol fantastis untuk Albiceleste dalam pertandingan persahabatan, saat tim sepak bola Olimpiade Korea Selatan berhasil menahan imbang 2-2 Argentina pada hari Selasa (13/7/2021), dalam laga uji coba di Yongin, Seoul.

5. Caleb Watts - Southampton

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoCaleb Watts (www.sportingnews.com)

Gelandang Southampton kelahiran Inggris, Caleb Watts akan menjadi bagian dari skuat Australia untuk Olimpiade 2020. Masuk sebagai pemain pengganti dalam kekalahan 3-1 dari Arsenal di St Mary's pada Liga Primer Inggris musim 2020-21, saat itu juga Watts resmi memulai debutnya di Liga terbaik dunia. Menjelang akhir musim, sang gelandang juga dimasukkan dalam pertandingan melawan Everton dan Manchester City.

6. Douglas Luiz - Aston Villa

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoDouglas Luiz (goal.com)

Douglas Luiz akan mewakili Brasil di Olimpiade musim panas ini setelah menjadi pemain andalan Aston Villa di Liga Premier Inggris dalam beberapa musim terakhir. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut membuat 33 penampilan pada 2020-2021 dan menyumbang dua assist bagi The Villans.

7. Gabriel Martinelli - Arsenal

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoGabriel Martinelli (skysports.com)

Pada bulan Juni lalu penyerang The Gunners, Martinelli, dipanggil untuk pemusatan latihan tim sepak bola Olimpiade Brasil. Ia bermain melawan Serbia dalam pertandingan persahabatan pada tanggal 8 Juni 2021. Pemain Arsenal itu adalah salah satu pemain yang tidak dicoret dari seleksi tersebut.

8. Richarlison - Everton

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoRicharlison (premierleague.com)

Setelah tampil untuk Brasil di Copa America, penyerang Everton, Richarlison, tampaknya akan akan kembali membela Tim Samba di Olimpiade. Ia akan menjadi pemain kunci untuk negaranya di Tokyo nanti.

Richarlison telah menjadi pemain andalan bagi The Toffees sejak bergabung dari Watford pada musim panas 2018. Pelatih Rafa Benitez yang baru saja menandatangani kontrak dengan Everton, akan sangat berharap pemain sayap itu dapat kembali dari Tokyo tanpa masalah.

9. Eric Bailly - Manchester United

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoEric Bailly (skysports.com)

Eric Bailly dipastikan terlambat bergabung pada pemusatan latihan Manchester United untuk persiapan musim 2021-2022. Hal tersebut terjadi karena Bailly harus mengisi slot pemain senior untuk Timnas Pantai Gading pada Olimpiade Tokyo 2020.

Bailly memulai karier profesionalnya di La Liga bersama Espanyol, sebelum hijrah ke Villarreal dengan mahar 5,7 juta euro. Ia menandatangani kontrak untuk Manchester United pada Juni 2016.

10. Amad Diallo - Manchester United

10 Bintang Premier League yang Akan Beraksi di Olimpiade TokyoAmad Diallo (telegraph.co.uk)

Selain Bailly, Diallo juga terpilih untuk masuk ke dalam skuat Pantai Gading yang akan berlaga di Olimpiade. Ia merupakan salah satu pemain muda The Red Devils yang berbakat. Skill individu dan kelincahannya pemain kelahiran 11 Juli 2002 tersebut sangat mengesankan, sehingga sang pemain patut diwaspadai pada Olimpiade Tokyo 2020.

Layak kita nantikan perjalanan 10 pemain tersebut bersama negaranya di cabang olahraga sepak bola putra pada Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Kira-kira, siapakah nama-nama diatas yang menurut kalian akan sukses pada ajang olahraga terbesar di dunia kali ini? Kita tunggu saja kiprah mereka.

Baca Juga: Tim Bulu Tangkis Indonesia Masuki Kampung Atlet Olimpiade

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya