5 Pemain Polandia yang Berkarier di Premier League

Mampukah mereka menunjukkan kapasitasnya musim ini?

Sebagai salah satu kiper legenda Premier League dan Timnas Polandia, Lukasz Fabianski sudah malang melintang di klub-klub besar Negeri Ratu Elizabeth. Bahkan hingga kini, mantan kiper Arsenal tersebut masih bertahan di Premier League di musim keempatnya bermain untuk West Ham.

Pada musim ini, ada lima pemian asal Polandia lainnya yang juga menemani Fabianski bermain di Premier League. Siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Mateusz Klich - Leeds United

5 Pemain Polandia yang Berkarier di Premier Leaguepotret Mateusz Klich bersama Leeds (standard.co.uk)

Musim ini adalah musim kelima seorang Mateusz Klich bermain untuk Leeds United setelah didatangkan dari klub asal Belanda, FC Twente pada Juli 2017 silam. Sempat dipinjamkan ke FC Utrecht selama setengah musim pada 2018 lalu, Klich yang berposisi sebagai gelandang tengah itu, kini mampu tampil reguler untuk skuad The Whites.

Pemain yang memiliki 34 caps bersama timnas Polandia tersebut juga berperan penting dalam suksesnya Leeds United meraih kembali tiket promosi ke Premier League setelah menempati urutan pertama Divisi Championship musim 2019/20. Total ia sudah mencatatkan 145 pertandingan serta berhasil mencetak 22 gol dan 19 assists di segala ajang bagi Leeds United.

2. Jan Bednarek - Southampton

5 Pemain Polandia yang Berkarier di Premier Leaguepotret Jan Bednarek bersama Southampton (premierleague.com)

Memulai debutnya di Liga Premier Inggris pada 14 April 2018 setelah berhasil membawa Lech Poznan menjuarai Piala Polandia di musim sebelumnya, Jad Bednarek mampu tampil mengesankan bersama Southampton hingga mampu menjadi andalan di pos lini belakang klub berjuluk The Saints tersebut.

Hingga kini, Pemain yang berusia 25 tahun tersebut sudah mencatatkan 101 pertndingan di Premier League, laga terakhirnya ketika menjadi pemain pengganti pada laga menghadapi Manchester United di pekan kedua kasta tertinggi liga sepakbola Inggris itu.

3. Jakub Moder - Brighton & Hove Albion

5 Pemain Polandia yang Berkarier di Premier Leaguepotret Jakub Moder bersama Brighton (sport.tvp.pl)

Penampilan apiknya bersama Lech Poznan, membuat pemain muda Polandia, Jakub Moder diboyong oleh Brighton & Hove Albion pada bursa transfer musim lalu dengan banderol 11 juta euro atau setara Rp185 miliar.

Namun, ia belum bisa langsung masuk kedalam skuad The Seagulls lantaran harus bermain setengah musim lagi bagi Lech Poznan sebagai pemain pinjaman. Meskipun sulit tampil reguler, namum Moder mampu tampil di tiga pertandingan awal Premier League musim ini dengan 101 menit bermain.

Baca Juga: 5 Tim Premier League dengan Pengeluaran Gaji Terbesar di Musim 2021/22

4. Przemyslaw Placheta - Norwich City

5 Pemain Polandia yang Berkarier di Premier Leaguepotret Przemyslaw Placheta bersama Norwich (gol24.pl)

Przemyslaw Placheta menjadi salah satu aktor penting dalam kembalinya Norwich ke Premier League, ketika musim lalu keluar sebagai juara setelah unggul 6 poin dari Watford di Divisi Championship.

Namun, winger kiri yang sudah mencatatkan 28 pertandingan serta mencetak 1 gol dan 3 assist di berbagai kompetisi bersama The Canaries tersebut, musim ini belum mencatatkan satu menit bermain pun bagi klub yang bermarkas di Carrow Road itu.

5. Jaroslaw Jach - Crystal Palace

5 Pemain Polandia yang Berkarier di Premier Leaguepotret Jaroslaw Jach bersama Crystal Palace (sport.pl)

Bermain bersama klub Polandia, Rakow di musim lalu sebagai pemain pinjaman, kini Jaroslaw Jach kembali ke Crystal Palace dengan pencapaian satu gelar Piala Polandia sebagai bukti bahwa ia layak berada di skuad The Eagles musim ini.

Jach sendiri sebenarnya sudah direkrut Crystal Palace pada Januari 2018 silam, namun ia lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman ke berbagai klub-klub di Moldova, Turki, hingga Belanda.

Itulah sederet pemain asal Polandia yang bermain di Premier League musim ini. Memang, Polandia merupakan salah satu negara yang mampu menghasilkan beberapa pemain top yang bermain di klub-klub besar eropa, salah satu pemain tersuksesnya adalah Robert Lewandowski.

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa Premier League asal Portugal, Tak Hanya CR7!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya