Comscore Tracker

Tak Hanya Gignac, 5 Pemain Prancis ini Pernah Main di Liga Meksiko

Nama terbaru merupakan bintang Marseille

Pada Juni 2015, André-Pierre Gignac resmi menandatangani kontrak dengan klub Meksiko Tigres UANL, ia mengakhiri rumor dugaan minat dari beberapa klub-klub besar Eropa.

Keputusan Gignac saat itu yang hijrah ke liga Meksiko cukup menyita perhatian dan menjadi tanda tanya besar. Sebab pada saat itu, usianya masih 29 tahun dan merupakan pemain yang dirasa masih cukup produktif, tapi ia malah memilih untuk meninggalkan Eropa dan pindah ke liga Meksiko yang tak sepopuler liga-liga top Benua Biru.

Ternyata tak hanya Gignac sendiri, banyak pemain-pemain Prancis yang merantau ke Meksiko dan pernah merasakan atmosfer liga Meksiko yang dikenal keras akan permainannya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Amara Simba - Club Leon

Tak Hanya Gignac, 5 Pemain Prancis ini Pernah Main di Liga MeksikoAmara Simba saat masih di PSG (twitter.com/PSG_inside)

Mantan penyerang Paris Saint-Germain era 80-an, Amara Samba, merupakan pemain pertama asal Prancis yang bergabung dengan klub liga Meksiko, Club Leon. Pemain yang lahir di Dakar, Senegal tersebut sebelumnya sudah malang melintang di klub-klub Prancis. Selain PSG, Simba juga pernah bermain untuk Cannes, Caen, AS Monaco, serta Lille sebelum didatangkan Club Leon pada tahun 1996.

2. Andy Delort - Tigres UANL

Tak Hanya Gignac, 5 Pemain Prancis ini Pernah Main di Liga MeksikoAndy Delort saat membela Tigres (futboltotal.com.mx)

Andy Delort merupakan pesepak bola kelahiran Sete, Prancis dan merupakan mantan punggawa timnas Prancis U-20 yang sudah memperkuat banyak klub di medioker di Eropa. Delort pernah memperkuat Ajaccio, Nimes, Metz, serta sempat bergabung dengan Wigan Athletic pada 2014 lalu.

Pada 2016, Delort resmi menjadi pemain Prancis kedua yang membela Tigres setelah Gignac. Dia menandatangani kontrak empat tahun dengan nilai transfer 8 juta euro atau sekitar Rp137 milliar dari klub lamanya, Caen. Pemain yang sejak 2019 telah berpindah kewarganegaraan menjadi Aljazair ini mampu membawa Tigres meraih gelar Apertura Liga Meksiko 2016.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Debut di Timnas Senior, Kenapa?

3. Timothée Kolodziejczak - Tigres UANL

Tak Hanya Gignac, 5 Pemain Prancis ini Pernah Main di Liga MeksikoTimothée Kolodziejczak saat di Tigres (beinsports.com)

Bek keturunan Polandia yang sekarang bermain untuk klub lokal Prancis, Saint-Étienne ini merupakan salah satu pemain asal Prancis yang pernah merumput di Liga Meksiko bersama Tigres. Pemain 29 tahun tersebut bergabung bersama Tigres pada 2017, dan langsung membawa klub tersebut menjadi juara Apertura Liga Meksiko di tahun yang sama.

Kolodziejczak lebih banyak dipinjamkan ke Saint-Étienne daripada bermain untuk Tigres. Sampai akhirnya, kontraknya dipermanenkan pada 2020 dan hingga sekarang masih berseragam Les Verts.

4. Jeremy Ménez - Club America

Tak Hanya Gignac, 5 Pemain Prancis ini Pernah Main di Liga MeksikoJeremy Menez saat berseragam Club America (goal.com)

Mungkin nama Jeremy Ménez sudah tidak asing lagi bagi para pecinta sepak bola. Pemain yang berposisi sebagi winger ini pernah memperkuat beberapa klub top Eropa, seperti AS Roma, PSG, dan AC Milan. 

Ménez yang sudah mencatatkan 24 caps bagi timnas Prancis tersebut bergabung dengan Club America pada bursa transfer musim dingin 2018, setelah hanya tampil di 7 pertandingan bersama klub Turki, Antalyaspor.

Selama satu setengah musim berseragam Club America, Ménez mencatatkan 18 penampilan dan mencetak 5 gol, serta berhasil membawa klubnya menjadi juara Liga MX Apertura 2018 serta Copa MX Clausura 2019.

5. Florian Thauvin - Tigres UANL

Tak Hanya Gignac, 5 Pemain Prancis ini Pernah Main di Liga MeksikoFlorian Thauvin saat diperkenalkan Tigres (jornada.com.mx)

Thauvin membuat kejutan di bursa transfer musim panas kali ini dengan menandatangani kontrak bersama klub Meksiko, Tigres. Penyerang yang masih berusia 28 tahun tersebut sempat dirumorkan akan berlabuh ke Atletico Madrid dan AC Milan.

Saat ini, Thauvin dan rekan setimnya di Tigres, André-Pierre Gignac, sedang bahu-membahu untuk merebut medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 bersama timnas Prancis. Thauvin yang sudah mencetak 59 gol saat berseragam Marseille, dinilai akan mampu berbuat lebih saat bermain di Liga Meksiko yang sudah dimulai sejak 22 Juli lalu.

 

Meskipun bukan salah satu liga terpopuler di dunia, namun Liga Meksiko selalu menyajikan pertandingan yang kompetitif. Itulah sebabnya, para pemain di atas rela pergi 10.000 kilometer jauhnya dari negara asal mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Meninggalkan Ligue 1 Prancis di Musim Depan

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 5 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya