Tak Hanya Lozano, 5 Pemain Meksiko ini juga Pernah Bermain di Serie A

Paling baru ada bek muda Timnas Meksiko

Hirving Lozano bisa dikatakan sebagai satu-satunya pemain asal Meksiko yang mampu bersaing di Serie A. Setelah tiba dari PSV Eindhoven pada Agustus 2019, ia menjadi pemain kunci di sisi kanan serangan Napoli dan membawa klub tersebut meraih trofi piala Italia.

Bicara soal pemain Meksiko di Serie A, selain Lozano, ternyata ada beberapa pemain yang pernah merasakan atmosfer kasta tertinggi liga sepak bola Italia tersebut. Siapa dan seperti apa kiprah para pemain itu? Penasaran?

1. Rafael Marquez

Tak Hanya Lozano, 5 Pemain Meksiko ini juga Pernah Bermain di Serie Apotret Rafa Marquez bersama Hellas Verona (charitystars.com)

Didatangkan dari klub Meksiko, Leon FC, Rafael Marquez memulai debutnya di Serie A bersama Hellas Verona. Ia resmi bergabung bersama klub asal kota Verona itu dengan banderol sebesar 1 juta euro atau setara Rp16 miliar pada bursa transfer musim panas 2014.

Mantan pemain andalan Barcelona periode 2003—2010 tersebut diharapkan mampu membuat lini belakang klub berjuluk Gialloblu tersebut semakin solid. Marquez total bermain sebanyak 35 kali selama dua musim membela Hellas Verona.

2. Carlos Salcedo

Tak Hanya Lozano, 5 Pemain Meksiko ini juga Pernah Bermain di Serie Apotret Carlos Salcedo bersama Fiorentina (calciomercato.com)

Musim 2016/2017 sangat berkesan bagi seorang Carlos Salcedo. Berkat penampilan apiknya bersama Deportivo Guadalajara, ia berhasil menarik minat Fiorentina yang kemudian meminjamnya selama satu musim.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut mampu tampil dalam 18 laga Serie A serta 2 laga di Liga Europa. Salcedo sebenarnya tak terlalu tampil buruk, ia juga sering menjadi starter dalam setiap laga yang dijalani La Viola. Namun, ia akhirnya dipinjamkan Guadalajara ke Eintracht Frankfurt setelah Fiorentina tak memperpanjang masa peminjamannya.

Baca Juga: Catatan Mentereng Lozano, Pemain Meksiko yang Berhasil Tundukkan Jerman

3. Hector Moreno

Tak Hanya Lozano, 5 Pemain Meksiko ini juga Pernah Bermain di Serie Apotret Hector Moreno bersama AS Roma (asroma.com)

Pemain internasional Meksiko, Hector Moreno pernah mencicipi kasta tertinggi liga sepak bola Italia atau Serie A selama setengah musim. Ia didatangkan AS Roma dari klub Belanda, PSV Eindhoven, dengan banderol 5,7 juta euro atau setara Rp94 miliar.

Kedatangannya ke Stadion Olimpico pada bursa transfer musim panas 2017 hanya menjadi pelapis bagi Kostas Manolas dan Federico Fazio. Tak heran jika ia bermain sebanyak enam pertandingan saja sebelum dijual ke Real Sociedad.

4. Miguel Layun

Tak Hanya Lozano, 5 Pemain Meksiko ini juga Pernah Bermain di Serie Apotret Miguel Layun bersama Atalanta (bergamonews.it)

Miguel Layun, yang merupakan seorang bek kanan andalan Timnas Meksiko, ternyata juga pernah merasakan atmosfer Serie A Italia pada awal kariernya. Ia bergabung bersama Atalanta setelah bermain untuk klub lokal, Tiburones Rojos.

Pemain yang kini bermain untuk Club America di Liga Meksiko itu memang hanya bermain pada dua laga Serie A. Itu pun sebagai pengganti. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya bersama tim junior dari klub yang bermarkas di Bergamo tersebut.

5. Johan Vasquez

Tak Hanya Lozano, 5 Pemain Meksiko ini juga Pernah Bermain di Serie Apotret Johan Vasquez bersama Genoa (twitter.com/GenoaCFC)

Pemain muda yang baru saja bergabung bersama Genoa setelah dipinjam dari Pumas UNAM, Johan Vasquez, diharapkan mampu menjadi suksesor Hirving Lozano. Bek tengah yang baru berusia 22 tahun tersebut dinilai mempunyai kemampuan memotong operan yang sangat mumpuni.

Sebelumnya, pemain dengan tinggi 185 cm itu juga berhasil mengantarkan Timnas Meksiko meraih perunggu setelah mengalahkan Jepang di perebutan tempat ketiga cabor sepak bola putra pada Olimpiade Tokyo 2020. Catatan tersebut menjadi modal bagi Vasquez untuk mendapatkan tempat utama di skuad asuhan Davide Ballardini.

Memang, jarang sekali ada pemain Meksiko yang merumput di Serie A. Sepanjang catatan sejarah sepak bola Italia, hanya mereka yang pernah merumput di salah satu kompetisi terbaik Eropa tersebut. Siapakah pemain selanjutnya yang akan menyusul mereka? Patut dinantikan.

Baca Juga: 10 Potret Hirving Lozano, Winger Andalan Napoli yang Kian Mentereng!

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya