3 Faktor Sebab Mesir Jadi yang Pertama Tersingkir di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Padahal sempat dijagokan melenggang jauh

Cerita indah Piala Dunia 2018 yang menghadirkan Mesir untuk lolos pertama kali sejak 1974 akhirnya pupus. 2 Kekalahan pertama langsung membuat Negeri Piramida itu jadi yang pertama tersingkir dari 32 tim peserta.

Nilai 0 dari 2 pertandingan tidak mungkin lagi berharap untuk masuk 16 besar. Rusia yang sudah pasti lolos dengan 6 poin serta Arab Saudi dan Uruguay yang masih berpeluang untuk merebut 1 tiket tersisa di grup A tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada 3 faktor utama yang jadi penyebab mengapa Mesir yang diperkuat rising star Mohammed Salah harus angkat koper dahulu dari gelaran Piala Dunia 2018.

1. Demam Piala Dunia bisa saja terjadi pada tim sekelas Mesir

3 Faktor Sebab Mesir Jadi yang Pertama Tersingkir di Piala Dunia 2018fifa.com

Hal tragis yang terjadi dengan Mesir mungkin bisa jadi contoh untuk tim baru yang tampil di Piala Dunia. Berstatus tim kuat di Afrika tidak serta merta mereka langsung perkasa di Rusia tahun ini.

Serbia dan Montenegro pernah jadi saksinya. Masuk dalam grup neraka di Piala Dunia 2006 ketika itu bersama Belanda, Argentina dan Pantai Gading, justru mereka langsung tersingkir dengan poin 0 dengan kebobolan 10 kali dan jadi tim terburuk ketika itu.

Padahal pemain tenar macam Mateja Kezman, Dejan Stankovic, hingga Nemanja Vidic termasuk dalam skuad utama.

2. Gagal memanfaatkan momentum di 2 pertandingan penting

3 Faktor Sebab Mesir Jadi yang Pertama Tersingkir di Piala Dunia 2018twitter.com/Pharaohs

Sebenarnya jika ingin melaju jauh, bermain minimal imbang melawan Uruguay di pertandingan pertama adalah harga mati. Hal tersebut guna bisa tampil habis-habisan melawan Arab Saudi dengan harapan bisa lolos dengan 4 poin. Sayang, gol Jose Gimenez di menit 89 menghilangkan semua harapan.

Melawan Rusia yang sedang on fire yang baru saja menang 5-0 atas Arab Saudi membuat Mesir tidak memiliki banyak peluang. Wajar saja jika kebobolan 3 kali dan 1 gol hiburan dari penalti Mohamed Salah sisakan 1 pertandingan hiburan untuk Mesir di pertandingan ketiga.

3. Faktor Mohamed Salah yang di eskspektasi tinggi oleh fans sepak bola

3 Faktor Sebab Mesir Jadi yang Pertama Tersingkir di Piala Dunia 2018twitter.com/MoSalah

Faktor Mohamed Salah yang merupakan pemain fenomenal musim ini memang benar-benar mengangkat pamor timnas Mesir di Piala Dunia 2018. Sehingga, meski berada 1 grup bersama tuan rumah Rusia dan tim kuat Uruguay, masih ada 1 tempat untuk Mesir.

Sayang, ekspektasi tinggi untuk kemampuan Mohamed Salah yang tidak sesuai dengan penampilan di 2 pertandingan jadi bukti sepak bola adalah permainan 11 pemain. Meskipun faktor cedera usai final Liga Champions bisa jadi alasan, namun tetap tidak bisa disamakan Liverpool dengan timnas Mesir bagi Mohamed Salah.

Dimas Ridody Photo Verified Writer Dimas Ridody

Mencoba dulu, hasil belakangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya