Comscore Tracker

14 Tahun Merumput di Tanah Air, Fabiano Beltrame Akhirnya Jadi WNI

Ia pernah membela Persija Jakarta dan Arema Cronus

Jakarta, IDN Times - Pemain bertahan Persib Bandung, Fabiano da Rosa Beltrame, akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia.

Fabiano mendapatkan paspor Indonesia setelah Rapat Kerja Komisi II DPR dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyetujui permohonan naturalisasinya.

"Fabiano telah berkontribusi selama 14 tahun di dunia sepak bola Indonesia," Kata Menpora Zainudin di Gedung DPR, Rabu (6/11).

Setelah dinyatakan resmi menjadi WNI, Fabiano pun menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan anggota Komisi III DPR dan Menpora.

Berikut 5 hal yang perlu kamu tahu tentang Fabiano.

1. Berasal dari Brasil

14 Tahun Merumput di Tanah Air, Fabiano Beltrame Akhirnya Jadi WNIInstagram/fabianobeltrame15

Fabiano lahir di Foz do Iguacu, Brasil, pada 29 Agustus 1982. Ia sempat bermain di klub Sao Jose di Brasil sebelum terbang ke Indonesia pada 2005.

Klub pertamanya di tanah air adalah Persela Lamongan. Ia tampil 30 kali bersama Persela dan menyumbang 3 gol sebelum akhirnya pindah ke Pasmin Minahasa pada 2008.

2. Malang melintang selama 14 tahun di sepak bola tanah air

14 Tahun Merumput di Tanah Air, Fabiano Beltrame Akhirnya Jadi WNIInstagram/fabianobeltrame15

Sampai saat ini, Fabiano telah bermain selama 14 tahun di berbagai klub tanah air. Selain Persela, ia juga pernah membela Persija Jakarta, Arema Cronus, Madura United, hingga Persib Bandung.

Pemain bernomor punggung 15 ini direkrut Persib Bandung pada Maret 2019. Namun ia belum bisa membela Persib karena saat itu status naturalisasinya belum jelas.

Fabiano juga tak bisa bermain untuk Persib Bandung musim ini karena batas akhir pendaftaran pemain untuk putaran kedua Liga 1 berakhir pada Senin 17 September 2019. Sementara Fabiano baru mendapatkan paspor Indonesia pada November ini.

3. Perfoma konsisten Fabiano membuat Persib kepincut

14 Tahun Merumput di Tanah Air, Fabiano Beltrame Akhirnya Jadi WNIInstagram/fabianobeltrame15

Meski usianya tak lagi muda untuk ukuran pemain sepak bola, namun performa Fabiano masih moncer.

Selama membela Madura United pada 2016-2018, Fabiano telah 70 kali bermain di Liga 1 Shopee. Dari 70 laga tersebut, 68 di antaranya dimulai Fabiano sebagai starting eleven.

Selain itu Fabiano juga jarang sekali cedera. Mungkin karena alasan ini Persib pun tak ragu untuk meminangnya dari Madura United.

Selamat ya, Fabiano!

Baca Juga: Jinakkan PSIS, Persib Rengkuh Tiga Kemenangan Beruntun

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You