Comscore Tracker

Daftar Pemain Bintang yang Berganti Klub Musim Dingin 2018

Phillipe Coutinho sementara memegang rekor sebagai pemain termahal

Jakarta, IDN Times - Meski baru dibuka dua pekan, bursa transfer pemain musim dingin 2018 telah menyita banyak perhatian penggila sepak bola.

Sebab sejumlah pemain beken memutuskan berpindah klub pada bursa transfer musim dingin ini. Perputaran duit pun mencapai jutaan euro.

Siapa saja pemain-pemain bintang yang berpindah klub pada bursa transfer musim dingin ini? Berikut daftarnya:

1. Philippe Coutinho pindah dari Liverpool ke Barcelona

Daftar Pemain Bintang yang Berganti Klub Musim Dingin 2018Twitter/@FCBarcelona

Philippe Coutinho hijrah ke Barcelona pada 6 Januari 2018 dengan nilai transfer mencapai 120 juta euro atau setara dengan Rp 1,9 triliun.

Angka ini membuat Coutinho untuk sementara menjadi pemain termahal dalam bursa transfer musim dingin 2018. Selain pernah membela Liverpool, Coutinho juga pernah bermain untuk Inter Milan.

Mahalnya harga Coutinho ini sebanding dengan performanya yang luar biasa. Musim lalu, misalnya, ia menyumbang 13 gol dalam 31 penampilannya di Liga Primer Inggris bersama Liverpool.

Baca juga: 5 Alasan Barcelona Memperpanjang Kontrak Gerard Pique

2. Virgil van Dijk dibeli Liverpool dari Southampton

Daftar Pemain Bintang yang Berganti Klub Musim Dingin 2018Twitter/@LFC

Pemain kedua termahal sementara dalam bursa transfer musim dingin ini adalah Virgil van Dijk. Virgil dibeli Liverpool dari Southampton dengan bandrol 78 juta euro atau setara dengan Rp 1,2 triliun.

Harga ini tergolong mahal untuk ukuran pemain bek. Namun, tentu saja, Liverpool tidak membeli kucing dalam karung. Dengan kehadiran Virgil, lini belakang Liverpool kini lebih solid dan kokoh.

3. Alexis Sanchez bergabung dengan Manchester United

Daftar Pemain Bintang yang Berganti Klub Musim Dingin 2018Twitter/@ManUtd

Pemain sayap Alexis Sanchez akhirnya resmi bergabung dengan Manchester United pada Senin sore (22/1) waktu setempat. Manchester United dan Arsenal belum menyebutkan nilai transfer pemain ini, namun bandrol Alexis diperkirakan tidak akan kurang dari 70 juta pound sterling atau Rp1,3 triliun.

Di Manchester United, Alexis juga akan mendapatkan gaji sebesar 450 ribu pound sterling per pekan. Angka ini membuat Alexis menjadi pemain dengan gaji termahal di Manchester United, bahkan di Liga Primer Inggris sekalipun!

4. Diego Costa kembali berkostum Atletico Madrid

Daftar Pemain Bintang yang Berganti Klub Musim Dingin 2018

Twitter/@diegocosta

Chelsea akhirnya melepas Diego Costa ke klub asalnya, Atletico Madrid, dengan bandrol 66 juta euro atau setara dengan Rp 1 triliun. Penjualan ini membuat The Blues --julukan Chelsea-- untung besar.

Sebab saat membeli Diego Costa dari Atletico Madrid pada musim panas 2014 lalu, mereka hanya menggelontorkan dana sebesar 38 juta euro atau sekitar Rp 621 miliar.

5. Theo Walcott bergabung ke Everton

Daftar Pemain Bintang yang Berganti Klub Musim Dingin 2018Twitter/@theowalcott

Salah satu kabar yang cukup menghebohkan adalah kepindahan Theo Walcott dari Arsenal ke Everton. Nilai transfer Walcott disebut-sebut mencapai 22 juta euro atau sekitar Rp 359 miliar.

Banyak yang menyayangkan kepindahan Walcott. Sebab ia telah 12 tahun membela Arsenal. Namun diduga karena bosan tak pernah meraih trofi Liga Primer Inggris, Walcott pun akhirnya memilih pindah.

6. Barcelona meminjamkan Arda Turan ke klub Turki

Daftar Pemain Bintang yang Berganti Klub Musim Dingin 2018Twitter/@ArdaTuran

Pemain bintang lain yang berganti kostum pada bursa transfer musim dingin ini adalah pemain sayap Barcelona, Arda Turan.

Pemain berusia 30 tahun ini dipinjamkan ke klub Turki, Basaksehir, hingga musim panas 2020. Keputusan Barcelona meminjamkan Arda Turan sangat mungkin karena mereka kini telah memiliki Philippe Coutinho.

7. Javier Mascherno tinggalkan Barcelona

Daftar Pemain Bintang yang Berganti Klub Musim Dingin 2018Twitter/@Mascherano

Pemain bintang lain yang berganti klub musim dingin ini adalah Javier Mascherano. Pemain asal Argentina ini meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan klub asal Tiongkok, Hebei China Fortune, dengan bandrol 5,5 juta euro atau setara dengan Rp 90 miliar.

Baca juga: Tiga Alasan Kenapa Theo Walcott Hijrah ke Everton

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya