Tiga Alasan Kenapa Barcelona Sampai Dikalahkan AS Roma

Kekalahan ini membuat Barcelona tersingkir dari Liga Champions

Jakarta, IDN Times - AS Roma membuat kejutan saat menekuk Barcelona dengan skor 3-0 dalam laga leg kedua babak perempat final Liga Champions Eropa di Stadion Olimpico, Rabu (11/4) dinihari.

Ketiga gol AS Roma tersebut dicetak oleh Edin Dzeko (6'), Daniele De Rossi (penalti, 58'), dan Konstantinos Manolas (82). Kemenangan ini membuat mereka lolos ke babak semifinal dengan skor agregat 4-4.

Meski sama-sama mengoleksi empat gol, namun AS Roma lebih berhak merebut tiket semifinal karena mereka unggul dalam gol tandang --pada leg pertama di Camp Nou, AS Roma kalah 1-4.

Tak banyak yang menyangka AS Roma bisa lolos ke babak semifinal meski sempat dikalahkan dengan skor 1-4 pada leg pertama, apalagi lawan mereka adalah Barcelona.

Lantas apa penyebab kekalahan Barcelona?

1. Roma bermain dengan sangat bagus

Tiga Alasan Kenapa Barcelona Sampai Dikalahkan AS RomaTwitter/FCBarcelona

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan salah satu alasan mengapa timnya kalah begitu telak adalah karena performa AS Roma yang luar biasa.

"Kami tidak pernah merasa nyaman sepanjang pertandingan karena tekanan para pemain AS Roma yang begitu ketat," kata Ernesto seperti dikutip dari laman resmi Barcelona.

Statistik memang menunjukkan dominasi AS Roma. Meski hanya menguasai 45 persen penguasaan bola, namun AS Roma mampu menciptakan 9 kali peluang, 7 di antaranya tepat sasaran.

Bandingkan dengan Barcelona yang hanya menciptakan 4 kali peluang.

Baca juga: Quattrick Simic Buka Peluang Persija Lolos ke Fase Gugur Piala AFC

2. AS Roma bermain agresif dan terus menekan 

Tiga Alasan Kenapa Barcelona Sampai Dikalahkan AS RomaTwitter/FCBarcelona

Ernesto mengatakan permainan AS Roma yang sangat agresif membuat timnya tidak memiliki ruang gerak yang cukup untuk mengembangkan permainan.

Sementara, pada saat yang sama, para pemain AS Roma terus menekan jantung pertahanan Barcelona. "Kami tidak bisa mengatasi tekanan mereka yang sangat ketat," katanya.

3. AS Roma bermain lebih baik

Tiga Alasan Kenapa Barcelona Sampai Dikalahkan AS RomaTwitter/FCBarcelona

Sementara pemain jangkar Barcelona, Sergio Busquets, mengatakan kekalahan timnya memang mengejutkan. Namun ia punya alasan sederhana yang bisa menjelaskan kenapa Barcelona sampai kalah. "Mereka bermain lebih baik dari kami," katanya. Hal serupa disampaikan Andres Iniesta. "Kekalahan ini adalah hukuman bagi kami," katanya.

Baca juga: Hasil Liga Champions: Momen Magis AS Roma dan Liverpool

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya