5 Tim yang Jago Adu Penalti di Piala Dunia

Ada dua negara memperpanjang koleksi kemenangan pada 2022

Sejak diresmikan sebagai cara terakhir menentukan pemenang pada babak gugur di turnamen sepak bola, adu penalti menghadirkan banyak drama di Piala Dunia. Banyak yang bilang, adu penalti seperti lotre yang hasilnya sangat bergantung pada keberuntungan. Namun, ada juga yang berargumen kalau adu penalti itu tentang mentalitas.

Apapun itu, secara statistik ada sejumlah tim yang langganan menang kala harus adu penalti di fase gugur Piala Dunia. Beberapa mungkin sudah bisa kamu tebak. Cocokkan dengan daftar berikut, yuk!

1. Argentina 

5 Tim yang Jago Adu Penalti di Piala DuniaMessi rayakan keberhasilan sepakan penaltinya ke gawang Belanda pada perempat final Piala Dunia 2022 (instagram.com/fifaworldcup)

Usai menyingkirkan Belanda pada perempat final Piala Dunia 2022, Argentina memecahkan rekor sebagai tim dengan kemenangan terbanyak dalam adu penalti. Argentina memenangkan lima dari enam adu penalti yang mereka lakoni di Piala Dunia. 

Kemenangan lainnya tercatat pada laga lawan Yugoslavia (perempat final Piala Dunia 1990), Itali (semifinal Piala Dunia 1990), Inggris (babak 16 besar Piala Dunia 1998), dan Belanda (semifinal Piala Dunia 2014). 

Baca Juga: Road to Semifinal Piala Dunia 2022: Argentina

2. Kroasia 

5 Tim yang Jago Adu Penalti di Piala Duniapemain Kroasia merayakan kelolosan mereka ke semifinal Piala Dunia 2022 (instagram.com/fifaworldcup)

Kroasia mencetak kemenangan dari total empat adu penalti yang dilakoni sepanjang berpartisipasi dalam Piala Dunia. Semuanya terjadi pada Piala Dunia 2018 dan 2022. Kemenangan pertama terjadi pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 lawan Denmark, disusul perempat final kontra Rusia. 

Pola serupa terjadi pada Piala Dunia 2022. Mereka menang adu penalti atas Jepang pada babak 16 besar, kemudian Brasil pada perempat final. Mengingat Piala Dunia 2022 masih bergulir, Kroasia masih punya peluang menambah koleksi kemenangannya dalam adu penalti. Cocokkah mereka dijuluki tim spesialis adu penalti?

3. Jerman 

5 Tim yang Jago Adu Penalti di Piala Duniapemain Jerman merayakan kemenangan mereka atas Argentina dalam adu penalti di Piala Dunia 2006 (fifa.com)

Empat kemenangan adu penalti di Piala Dunia juga dikantongi Jerman. Itu terjadi pada semifinal Piala Dunia 1982 saat bersua Prancis, perempat final Piala Dunia 1986 lawan Meksiko, semifinal Piala Dunia 1990 atas Inggris, terakhir perempat final Piala Dunia 2006 kontra Argentina. 

Sama dengan Kroasia, seluruh adu penalti yang dilakoni Jerman di Piala Dunia selalu berakhir dengan kemenangan. Satu-satunya kekalahan yang harus mereka telan terjadi pada final Piala Eropa 1976. Sementara, dua adu penalti lain yang Jerman lakoni di Piala Eropa juga berakhir manis. 

4. Brasil 

5 Tim yang Jago Adu Penalti di Piala DuniaBrasil melawan Chile di babak 16 besar Piala Dunia 2014 (fifa.com)

Usai kalah dari Kroasia di perempat final, Brasil gagal menambah koleksi kemenangannya dalam adu penalti di Piala Dunia. Sejauh ini Brasil baru mengantongi tiga kemenangan, tepatnya pada final Piala Dunia 1994 (Italia), semifinal Piala Dunia 1998 (Belanda), dan babak 16 besar Piala Dunia 2014 atas Chile. 

Namun, kemenangan penalti terakhir Brasil tercoreng dengan dua kekalahan telak, dari Jerman, 1-7 dan Belanda 0-3.

5. Prancis 

5 Tim yang Jago Adu Penalti di Piala Duniapertandingan Prancis lawan Italia di Piala Dunia 1998 (fifa.com)

Prancis baru mengoleksi dua kemenangan dalam adu penalti di Piala Dunia. Momen historis itu terjadi pada perempat final Piala Dunia 1986 atas Brasil dan perempat final Piala Dunia 1998 lawan Italia. 

Persentase kemenangan mereka sejauh ini masih di angka 50 persen. Selain memenangkan dua adu penalti, mereka juga pernah kalah dua kali. Salah satunya pada pertandingan final Piala Dunia 2006 Jerman. 

Melihat fakta di atas, masihkah kamu percaya kalau adu penalti itu hanya tentang keberuntungan belaka? Atau justru kamu menemukan tim yang menjadikan adu penalti sebagai strategi mereka untuk melanggeng ke babak berikutnya?

Baca Juga: Waduh, Messi Terancam Absen Bela Argentina Lawan Kroasia

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya