Dilema Alisson dan Ederson, Siapa Lebih Layak Jadi Kiper Utama Brasil?

Persaingan super ketat dengan penuh pembuktian

Kiper atau penjaga gawang adalah posisi unik dalam sepak bola. Berada di garis terbelakang pertahanan tim, kiper dituntut melakukan berbagai langkah dan gerakan antisipatif. Menurut tulisan Becerra Patiño yang berjudul "Football: The Goalkeeper Within a Systemic Reality: A Review", seorang kiper harus bermain dengan membaca dan memprediksi aksi, variasi, serta gerakan bola maupun pemain lain. 

Tekanan terhadap kiper diperparah dengan penonton yang kerap lebih fokus pada kesalahan kiper tanpa melihat faktor-faktor eksternal lain. Beberapa mantan penjaga gawang yang diwawancara Rosie Schaap dalam artikelnya yang berjudul "Playing On The Edge: The Psychology Of A Goalkeeper" untuk NPR bahkan mengungkap bahwa kiper adalah posisi yang berisiko karena ia harus menghadang bola dan pemain dalam berbagai situasi yang tidak terduga. 

Mereka juga menambahkan bahwa kiper sering kali harus menghadapi situasi yang amat fluktuatif. Beberapa menit lalu mereka bisa bersantai di bawah mistar, tetapi hanya selang beberapa detik mereka bisa berada di bawah tekanan kuat ketika lawan melakukan serangan. 

Hal yang tak mudah ini masih ditambah dengan kompetisi yang tinggi di dalam tim. Beda dengan penyerang atau gelandang yang berpotensi diganti pada paruh kedua, penjaga gawang umumnya bermain penuh selama 90 menit. Kecenderungan ini membuat kiper pelapis bisa saja tak dimainkan sama sekali sepanjang turnamen. 

Hal serupa bisa kita lihat pada Timnas Brasil yang pos penjaga gawangnya diisi Ederson dan Alisson Becker. Sama-sama bermain di English Premier League (EPL) dan Timnas Brasil, keduanya selalu berkompetisi merebutkan posisi utama penjaga gawang, tak terkecuali pada fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Siapa yang sanggup meyakinkan Tite mengawal gawang Timnas Brasil kali ini? 

1. Alisson Becker lebih berpengalaman di level klub maupun timnas 

Dilema Alisson dan Ederson, Siapa Lebih Layak Jadi Kiper Utama Brasil?Alisson Becker (instagram.com/alissonbecker)

Alisson Becker pertama kali menarik perhatian dunia pada gelaran Piala Dunia 2018. Ia turut membawa timnya lolos ke babak perempat final dan gugur setelah kalah dari Belgia dengan skor tipis 1-2. Sebelumnya, Alisson sudah jadi langganan Timnas Brasil sejak fase kualifikasi circa 2015-2017. 

Usai Piala Dunia 2018 selesai, Alisson langsung direkrut Liverpool dari AS Roma dengan harga fantastis. Ia disambut gembira para penggemar yang menaruh ekspektasi tinggi padanya. Sepanjang kariernya di EPL bersama Liverpool, Alisson mencatatkan 68 clean sheets dari 150 pertandingan. Alisson juga dikenal sebagai salah satu penjaga gawang yang tak ragu ikut membantu upaya membangun serangan dari belakang. 

Penampilannya tidak buruk, ia juga selalu menjadi pilihan utama pelatih Liverpool. Namun, banyak yang menganggapnya sebagai kiper overrated alias nilainya terlalu tinggi untuk kualitas sebenarnya. 

2. Ederson tampil baik bersama klubnya, Manchester City 

Dilema Alisson dan Ederson, Siapa Lebih Layak Jadi Kiper Utama Brasil?Ederson (instagram.com/ederson93)

Kiper lain yang berpotensi dimainkan Tite pada laga perdana Brasil di Piala Dunia 2022 adalah Ederson. Usianya sedikit lebih muda dari Alisson, tetapi ia lebih dulu bergabung dengan klub EPL, Manchester City, pada musim panas 2017. Dari segi rekor clean sheet di EPL Ederson lebih baik dari Alisson dengan selisih 31 angka. Ederson juga dikenal memiliki akurasi operan yang lebih baik. 

Tak bisa dimungkiri, Ederson tidak memiliki jam terbang setinggi Alisson di Selecao. Ia baru mengantongi 18 caps yang mayoritas merupakan pertandingan persahabatan. Pengalaman turnamen internasionalnya sejauh ini adalah Copa America 2021; beda dengan Alisson yang sudah mengicipi asam garam Piala Dunia dan Copa America pada periode sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Brasil ke Piala Dunia 2022

3. Bukan cuma clean sheet, pertimbangan kesiapan mental mungkin akan diambil Tite 

Dilema Alisson dan Ederson, Siapa Lebih Layak Jadi Kiper Utama Brasil?Tite. pelatih Timnas Brasil (instagram.com/titecoach)

Ederson dan Alisson adalah kiper terbaik yang dimiliki Brasil saat ini. Keduanya adalah andalan di klub masing-masing. Di atas kertas, Ederson memiliki prospek lebih besar untuk melakoni debut di Piala Dunia. Namun, pertimbangan kesiapan mental mungkin juga akan diambil pelatih Tite untuk menentukan siapa yang berada di bawah mistar gawang. 

Bukan tidak mungkin rasa gugup bisa mengganggu performa seorang kiper. Namun, tugas pemain memang bersiap untuk dimainkan kapan saja. Tite sendiri bukan seorang pelatih yang ambisius bila merujuk wawancaranya dengan The Guardian pada 20 November 2022 lalu. 

Ia sadar bahwa tekanannya sebagai pelatih tim dengan tradisi menang yang kuat akan amat besar. Namun, ia tidak pula mengumbar janji selain hanya menampilkan yang terbaik dan yang terpenting bermain dengan tenang. 

Skema yang mungkin dipilih Tite adalah memainkan Ederson di laga yang tidak krusial untuk mengetes kesiapannya. Dari situ, orang pun bisa menilai apakah ia layak dimainkan kembali atau harus bertukar posisi dengan Alisson yang lebih berpengalaman. 

4. Potensi Brasil di Piala Dunia 2022 

Dilema Alisson dan Ederson, Siapa Lebih Layak Jadi Kiper Utama Brasil?pemain Timnas Brasil pada sesi latihan (instagram.com/cbf_futebol)

Beberapa tahun belakangan Brasil dilanda perpecahan karena kejatuhan rezim sayap kiri karena skandal korupsi dan kemunculan kubu politik sayap kanan yang kontroversial. Meski tidak terkait secara langsung, sepak bola kerap jadi ikon untuk mempersatukan bangsa.

Banyak harapan menggantung pada Selecao di Piala Dunia 2022 ini mengingat mereka adalah tim dengan tradisi juara yang kental. Namun, siapa yang bisa menebak apa yang akan terjadi tahun ini?

Akankah pilihan Tite pada sosok penjaga gawang memengaruhi hasil Timnas Brasil di Piala Dunia 2022? Bisa saja. Namun, sepak bola adalah olahraga kolektif sehingga kiper bukan satu-satunya penentu keberhasilan sebuah tim. 

Baca Juga: 6 Winger yang Dipanggil Timnas Brasil ke Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya